Skip to main content

Tips Memilih Warna Batik yang Cocok dan Pantas untuk Warna Kulitmu




Assalamualaikum teman-teman :)
Ada berapa sih, baju batik yang kamu miliki?

Model baju batik​ modern yang beragam membuat kita lebih mudah menjatuhkan pilihan pada busana ini untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Sekarang, Batik tidak hanya cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara adat dan acara resmi saja, melainkan banyak juga ​model batik​ yang didesain lebih kasual sehingga terlihat keren ketika dikenakan pada acara-acara santai dan semi-formal.


Banyaknya pilihan membuat kita lebih leluasa dalam menentukan model, gaya, corak, maupun warna dari baju batik tersebut. Namun, saying pilihan yang beragam tersebut sering kali membuat kita hilang arah untuk menentukan kira-kira manakah yang paling cocok untuk kita gunakan?

Tidak hanya itu, kenyataanya yang juga sangat banyak adalah di antara kita tentu kesulitan untuk memilih dan memadukan warna baju batik agar pas dan cocok sesuai warna kulit.

Pasalnya, tidak hanya model baju yang akan membuat kita terlihat lebih baik atau sebaliknya, pilihan warna juga akan memberikan efek yang sama. Misal, jika kulitnya berwarna sawo matang. Maka memilih baju batik berwarna gelap akan membuatmu terlihat lebih pantas.

Sebaliknya, memilih warna-warna terang yang terlalu ‘show off’ justru membuatmu jadi tampak norak. Atau kesannya kurang cocok untuk kulitmu. (noted: Itu sih, kata orang-orang, ya. Saya pribadi tidak setuju dan orang tua saya yang berkulit sawo justru menghindari pakaian gelap).

Agar kamu tetap bisa tampil keren saat mengenakan batik, kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih warna batik yang cocok berdasarkan warna kulit berikut ini;


Batik yang cocok untuk warna kulit sawo matang

Sebagian besar warna kulit masyarakat Indonesia adalah sawo matang. Warna kulit yang agak gelap dan terlihat eksotis ini sangat cocok jika mengenakan ​model baju batik​ yang didominasi oleh warna:


● Merah maroon
● Coklat gelap
● Kombinasi hitam dan warna emas
● Warna tosca
● Warna ungu gelap

Berbagai pilihan warna di atas sangat cocok apabila digunakan pada orang yang memiliki jenis kulit berwarna sawo matang. Di samping warna-warna yang pantas untuk dikenakan tersebut, ada juga beberapa pilihan warna yang sebaiknya dihindari karena cenderung kurang pantas apabila dipadukan dengan kulit berwarna sawo matang, seperti baju batik berwarna terang dan cerah seperti warna pink, warna krem, atau warna coklat terang, serta merah sebaiknya dihindari.

Warna baju batik yang cocok untuk kulit kuning langsat

Selain warna sawo matang, masyarakat Indonesia juga banyak yang memiliki warna kulit kuning langsat. Warna kulit ini sangat cocok apabila dipadukan dengan warna-warna tropis seperti merah, jade/hijau, biru, putih, dan cocok juga menggunakan warna kuning.

Kulit kuning langsat juga cocok menggunakan warna hijau giok kuning kecoklatan, dan merah muda. Sedangkan untuk warna-warna netral, mereka bisa menggunakan warna hitam selain warna putih.


Pilihan warna baju batik yang cocok untuk kulit putih cerah

Walaupun terlihat pantas menggunakan berbagai warna pakaian, namun tetap saja pemilik kulit berwarna putih cerah perlu menghindari beberapa warna karena warna tersebut akan terlihat terlalu mencolok atau sebaliknya akan membuat kulit jadi tampak pucat. Misalnya warna hitam dan warna putih.

Beberapa pilihan warna ​model baju batik​ yang cocok warna kulit yang putih antara lain: warna biru yang cerah, warna zamrud, warna ungu juga akan terlihat sangat cantik, warna dengan nuansa lavender yang dingin, warna pink, serta biru es.

Kalau kamu ingin terlihat lebih hangat, kamu bisa memilih warna-warna seperti merah cerah, kuning pucat atau warna ruby. Sedangkan untuk warna Netral, kamu bisa mengenakan batik putih terang tahu biru laut.

Di bagian atas, meskipun telah disebutkan beberapa warna yang sebaiknya dihindari seperti warna putih dan hitam, tetapi bagi kamu yang memiliki kulit putih cerah sebaiknya tidak menggunakan warna orange dan merah tomat.

Nah, di atas hanyalah tips yang boleh dipakai boleh juga diabaikan.
Toh dalam fashion tidak ada kata benar atau salah, tidak ada istilah lebh baik atau buruk. Selama kamu percaya diri menggunakannya dan melakukannya dengan niat baik, tidak masalah berkespresi menggunakan batik warna apa pun. Sekian tips kali ini, untuk tips lain tentang fashion dapat kamu telusuri melalui tagar #SetYourStyle .

Comments

  1. sungguh tuhan telah menciptakan makhluk tuhan yang sangat indah.

    ReplyDelete
  2. Akuuuu, penggemar batik dan punya batik dari yg formal bgt sampe yg ga berlengan, cinta bgt sm batik. Kulitku sawo matang beb, tp g pernah cocok pakai tosca, apa karna aku benci warna itu ya hahahaha

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…