Skip to main content

[Beauty Corner - 45] Lima Trik yang Harus Dilakukan untuk Menghilangkan Wajah Kusam

Hi, Assalamualaikum!




Setelah selesai keliling kota di Bulan Oktober lalu, sekarang saya sedang menyibukkan diri untuk menghilangkan kekusaman di wajah. It's gonna be a serious case, hhhhh ~~

Puncaknya waktu saya di Lampung ; naik turun bukit, keluar masuk hutan. Dan besoknya saat ke Bandung, Bena bilang muka saya hancur sekali. Agak sedih nggak, sih? Saat orang tahu kita sering mengulas soal biyuti, tapi pas ketemu wajahnya lagi enggak enak dilihat :( Nah, untuk kamu yang punya kasus sama seperti saya, ada lima trik (based on my experience) yang bisa kita lakukan agar wajah enggak lagi terlihat kusam. Apa saja sih?


Punya kulit cantik begini, pengin ya?
taken from pexels.com




1/ Scrub and Peeling.
Kamu bisa melakukan hal ini di rumah. Biasanya sebelum peeling, saya meng-uap-kan wajah di rice cooker :D lalu cuci muka dengan air hangat. Setelahnya lap perlahan dan dalam keadaan lembab, saya pakai Naturecia sebagai peeling-nya. Cukup dengan geraan melingkar selama 30 detik, kulitnya akan mengeksfoliasi secara perlahan.

Untuk bibir, saya pakai Vaseline Lip Therapy yang dicampur dengan gula pasir, lalu dengan gerakan memutar, oles perlahan secara merata ke seluruh bibir. Dan ingat, selalu pakai jari manis untuk melakukan hal ini. Setelahnya bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori yang membuka akibat di uap tadi.

Dan satu lagi. Kenapa yah, kok mesti pakai jari manis untuk scrubbing dan peeling ini? Soalnya, sepemahaman dari ilmu yang saya dapat di beberapa workshop, menggunakan jari manis itu tekananannya lebi ringan ketimbang memakai jari lain. Wajah dan bibir kita ini kan, kulitnya lembut, jadi perlakuannya pun harus lembut. :)


2/ Use Micellar Water.
Nah, buat yang kadang-kadang malas membersihkan muka, atau yang sedang kusam dan enggak mau wajahnya kena macam-macam produk dulu, kita bisa memakai Micellar Water. Ini tuh semacam pembersih wajah tapi (katanya) sangat sedikit bahan kimianya, lebih banyak kandungan airnya, dan sangat cocok untuk kulit sensitif.

Ada banyak merek yang bisa ditemui kok. Kalau budget-mu terbatas, bisa dimulai dengan mencari Micellar water yang mudah dicari dan terjangau seperti merek Bioderma, Maybelline, Nivea, Mineral Botanica, Loreal, atau micellar yater yang paling baru banget masuk Indonesia, Garnier.

Saya belum punya dan lagi cari-cari juga di online shop. Tapi waktu windows shopping di Elevenia, malah gagal fokus lihat gadget. Lalu mendadak suka sama alcatel d668 😍 Berdasarkan review yang saya baca, hape ini kameranya canggih dan bisa bikin muka jadi kelihatan halus, bahkan bisa menghilangkan rona kusam di wajah. Apa kita beli hape aja, nih? 😍


Atau yang kayak gini? Pakai makeup natural pun udah kelihatan kece ^^
taken (still) from pexels.com




3/ Mask Sheets at Night.
Sah-sah aja kalau mau beli hape baru demi menunjang kebutuhan selfi yang lebih berkualitas. Namun, kita tetap harus menjaga kulit kita di dunia nyata. Selain dua hal di atas, memakai masker di malam hari juga dapat membantu wajah kita lebih cerah dan segar.

Saya biasanya cukup memakai masker tisu di malam hari, dan paginya sudah merasa kulit agak baikan. Oh ya, perlu dicatat. Kita pun enggak perlu menggunakannya setiap hari sih. Bisa seminggu dua atau tiga kali, ya.


4/ Wudu.
Eh, ini segmented sekali, ya? Tapi serius. Dengan seringnya wajah terkena air (wudu) lima x dalam sehari, membantu mempercepat wajah lebih cerah dan menghilangkan kusam. Mungkin untuk teman-teman non muslim yang enggakk memiliki kewajiban berwudu, kamu bisa menggantinya dengan memakai Kangen Water atau Nano Spray.


5/ Konsumsi Air Mineral.
This is the most important things that we have to do, Young Lady. Selama di Lampung saya akui jarang sekali minum. Dehidrasi. Kalau di rumah biasanya ada Bundo yang selalu cerewetin untuk minum mulu. Kadang kalau malas malah tetap diejejelin air sebotol penuh :(

Tapi air yang kita minum sangat membantu membuat kulit kembaali lembab, lebih cerah, dan enggak kusam lagi. Cukup minum air mineral sebelum tidur, saat bangun tidur, dan 10 L sehari, kalau sanggup. Atau 8 deh, seperti yang biasanya.

Oh. Noted di bagian ini. Kembung nggak sih, minum 10 L per hari? Ya pastilah. Tapi tips tersebut saya dapatkan dari NaNa After School (Girlband K-Pop). Dia punya tubuh sangat ideal, tinggi langsing, bening, dan salah satu rahasianya adalah minum air mineral sebanyak itu. Dan itu menyakitkan. Tapi menyehatkan. Tertarik, nggak? Why you don't try in couple months? Ditinggal dia aja kuat, masa minum air doang enggak kuat, sih? Wqwq


Ini Kak Nana. Bening sekali yah.
image from soompi



Gimana? Yang saya sebutkan di atas, hanya cara untuk membuat kulit kusam kembali cerah. Setelahnya harus kita rawat dengan rutin memakai skincare, tetap menggunakan sunscreen, rajin membersihkan makeup, dan yang paling penting, konsumsi sayur serta buah-buahan yang banyak. Yuk, lebih peduli dengan tubuh kita. Sebab, cantik itu sehat. :)



 (*)

Comments

  1. Aku niiih kalo keasikan ngerjain sesuatu suka lupa minum alhasil kulit jadi kering hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa! Sekarang makanya kalau ngerjain sesuatu selalu nyiapin botol minum di sebelah..

      Delete
  2. Yang suka lupa itu adalah mask sheet saat tidur, padahal ada di rumah, hahaha. Biar gampang beli hape yang kamera depannya kece ajaaa, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, beli hape jadi solusi tercepat nih ya biar foto kita ga kusam :D

      Delete
  3. air putih itu sepele, tapi sangat dibutuhkan dan terkadang terlupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Kelihatannya sepele dan kita malah lebih suka minum yang air berasa. Padahal air mineral ini penting. Demineral kalau bisa.

      Delete
  4. kalo penghilang malas itu gimana ya mbak?? hehe

    ReplyDelete
  5. Mengenai wudhu itu, sungguh benar. Makanya dalam Islam ada istilah dawamul wudhu, betapa menjaga wudhu itu penting sekali. Wudhu bukan hanya ketika akan shalat atau ibadah lainnya yang mensyaratkan harus suci dari hadats, tapi juga segera berwudhu ketika sudah batal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe iya... terima kasih untuk tambahan informasinya, ka ^^

      Delete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?




Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…