Skip to main content

[Beauty Corner - 42] Mana yang Lebih Enak?! BB Cream, Foundation, atau Bedak?

Hi, Assalamualaikum!




Beauty Corner is back! Keganggu nggak, dengan tulisan kuliner dan beberapa curhatan belakangan ini? Semoga enggak, ya. Dan semoga kamu dapat mengambil manfaatnya.

Okeh, saya kembali nulis seputar kecantikan dan kali ini menulis atas permintaan beberapa orang yang bertanya mengenai dempul apa yang harus dipakai. (Catatan : saya tidak bisa merekomendasikan kamu harus pakai apa, saya hanya share produk apa saja yang pernah saya gunakan).





Sebetulnya, sekali lagi lagi saya ingatkan. Yang paling penting dan utama itu perawatan, Dear. Bukan pakai makeup berlapis supaya ini-itu tertutup. Saya pun sekarang sudah jarang pakai dempul dan kalau kamu lihat foto saya di instagram @unidzalika, ya mukanya begitu saja. Apa adanya. Tapi, kadang ada momen tertentu di mana kita harus all out. I admitted that. Nah, dempul apa yang biasanya saya pakai? Dan apa bedanya? Let me explain to you one by one.




1. Bedak
Ini adalah yang paling ringan dan paling cepat hilang juga. Bedak pun dibagi jadi dua ;

A. Bedak Padat.
Maksudnya bedak yang terksturnya padat dan nggak bakal berhamburan kalau kesenggol angin. Biasanya bedak padat disediakan puff dan mudah dibawa ke mana-mana. Enaknya bedak padat itu, mostly tempatnya travel friendly, dan juga disediakan kaca. Beberapa bedak sudah sepaket dengan SPF, dan ringan banget. Kekurangannya, kalau kamu berpori-pori besar, bedak padat akan membuatmu mudah berjerawat karena teksturnya seringkali terjebak dalam pori-pori. Udah gitu, cepat hilang dan nggak bisa menyembunyikan noda, jerawat, apalah itu.

Saya pakai bedak padat kalau mau pergi yang acarnya tidak terlalu formal. Misalnya saat ke kampus, atau ke perpus, cuma pakai bedak padat. Yang saya pakai kadang merek Pigeon, Maybelline, atau Cathy Doll. Untuk review Cathy Doll bisa kamu baca dengan klik tulisan ini, lalu Maybelline bisa baca di bagian ini.. Dan oh, kalau kamu lihat fotonya, puff masih sangat bagus karena saya biasanya pakai brush dari mineral botanica  untuk mengaplikasikannya.




B. Bedak Tabur.
Ini nih yang kalau kesenggol angin, bisa berhamburan. Makanya buka bedak tabur mesti hati-hati. Bedak tabur ini menurut saya bahkan lebih ramah dari bedak padat. Lebih ringan dan nggak terlalu menyumbat pori-pori. Kekurangannya mungkin susah dibawa jalan-jalan karena kalau tumpah, sayang.

Bedak tabur yang saya pakai dari Viva Cosmetics. Biasanya pakai bedak tabur kalau mau ke mall, atau ke tempat-tempat yang nggak terlalu jauh. Tapi kadang, di beberapa acara penting yang makan waktu berjam-jam, misalnya acara event blogger, saya pakai bedak tabur. Supaya mukanya nggak capek.




2. BB Cream.
Dulu, saya suka pakai BBC karena dia merupakan versi lebih ringan dari foundation tapi lebih komplit efeknya dibanding saat pakai bedak. Misalnya, beberapa BBC bisa menyamarkan noda, menutup kemerahan jerawat, juga bisa bikin wajah terlihat segar seharian. BBC apa saja yang pernah saya pakai? Bisa kamu cek di postingan ini, ya!

But unfortunately, since almost 2 years using BBC, I think it's still so heavy on my face... So I choose to stop using BBC as a daily makeup. Selain berat, kadang males bersihkannya itu loh. Jadi cuma pakai kalau benar-benar lagi mau aja.




3. CC Cream.
Ini sama seperti bedak, ringan dan nyaman. Manfaatnya seperti BBC bahkan lebih banyak lagi --katanya mah. Ada banyak CC Cream yang bisa kamu coba dan kalau saya pakai CC Cream Hada Labo. Saya belum pernah cobain CC Cream lain. So far yang saya pakai ini memang lebih ringan, sih. Misalnya pas lagi ke Joglo Beer, saya pakai CC Cream.






4. Foundation.
Ini nih, yang bikin muka licin dan cakep. Memang paling berat, tapi sekarang banyak juga yang formulasinya ringan, lho. Foundation sendiri ada banyak jenis dan mesti disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Saya nggak bisa review semua karena terlalu panjang, mungkin kedepannya akan jadikan ini pembahasan di postingan terpisah.

A. Kulit Normal
Sheer foundation
Stick foundation

B. Kulit Kering
Oil-based foundation
Cream foundation
Mousse foundation




C. Kulit Beminyak
Matte foundation
Loose foundation ---> Ini yang saya sering pakai. Walaupun saya masuk ke jenis kulit kering, tetapi ini hasil akhirnya cakep banget. Saya pakai Mineral Botanica Loose Foundation, yang bisa kamu baca di sini.




D. Cocok untuk Semua Jenis Kulit
Liquid foundation
Two way cake foundation
Tint foundation



➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖



Jadi, mana yang paling sering kamu pakai?

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?




Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…