[Liputan] Yang Berbeda di Gathering @PosCinta Tahun Ini


Saya punya kegiatan baru yang selalu dilakukan di awal tahun sejak mengenal dunia kepenulisan. Kegiatan tersebut ialah program Menulis Surat Cinta selama tiga puluh hari secara online, dan di hari ke tiga puluh satu akan ada pertemuan offline. Tahun 2015 ini saya berkesempatan untuk datang ke pertemuan tersebut, meski jauh dan sebetulnya saya masih dipingit ((DIPINGIT)) di rumah karena harus menyelesaikan skripsi. Tapi saya memaksakan datang, sebagai cara saya menghargai para penyelenggara acara. Saya tahu betul bagaimana riweuh-nya mengadakan acara dan karena itulah, saya datang. Untuk meramaikan. Dan untuk menghargai mereka. *kabur dari skripsi* *menatap nanar timbunan revisi*

banner gathering (diambil dari akun @Pos Cinta)


Acara gathering kali ini di Restoran Rumah Enak-Enak di Bandung mulai pukul sebelas pagi sampai dua siang. Saya datang bareng Ulya dan kami janjian di Dipati Ukur, sesampainya di sana langsung ke meja register. Agak sedih karena pembayarannya sebesar 75k padahal kan, ongkos untuk ke sananya sudah mahal T.T ish. Tetapi ketika acara telah berlangsung dan saya mengikuti sampai selesai, saya puas dan acaranya worth it sekali. Nggak apalah bayar segitu. :)

Pada awalnya tiap peserta dibagi per kelompok berdasarkan tempat duduk yang ditentukan dari stiker saat pendaftaran. Ada empat warna yaitu Putih, Hitam, Merah Muda, dan, aduh lupa satu lagi apa. Sempat kecewa sih, melihat peserta yang datang terhitung puluhan dan tukang pos nya pun hanya ada beberapa saja. Nggak ketemu Iit tukang pos-nya Uni :( . Tapi dengan sedikitnya peserta, pembagian kelompok pun jadi imbang di mana setiap tim diisi oleh tujuh atau delapan peserta dan satu tukang pos.

Dokumen milik @PosCinta

Tujuan dibagi per kelompok gitu, katanya mah untuk mengakrabkan diri. Tapi pas makan siang berlangsung, tetap aja pada makan dengan kubu masing-masing :D ai kitu mah sarua keneh atuh, ha ha ha. Jadi tuh pas pengambilan makan secara prasmanan di mana ada nasi timbal, tahu, tempe, ayam bakar, sambal, dan lalapan, serta buah untuk penutpnya, terus udah aja pada ngeloyor ke bangku lain hahahihi sama yang dikenal aja. Termasuk saya, juga begitu. Hvt.

Nah, acara yang saya bilang worth it ini baru saja dimulai selepas makan siang. Awalnya ada pembacaan puisi dari ka Edo (peserta) dan ka Adimas (panitia). Setelah itu kita mulai bermain. Permainan ini dibutuhkan kekompakan dan tim saya sendiri ada di Tim Hitam. Lalu kami bermain games yang dipandu oleh Om Em dan Ka Echi. Permainan pertama bernama "Puzzle Koran" di mana setiap tim harus menemukan potongan gambar atau tulisan yang ditampilkan di layar screen. Permainan kedua ABC Lima Dasar dalam bentuk tim.

Ini Ka Adimas yang lagi baca puisi, Siluet aja , ya, nggak usah foto jelas :D



Sistemnya nggak saya jelasin lebih lanjut, sengaja. Biar kami yang datang aja yang mengenangnya dalam ingatan, ehehe EHEHEHEHE. Nah, permainan kedua ini lebih komunikatif dan seru karena antar tim saling kompetitif untuk menang. Nggak ada ekspetasi untuk dapat apa atau gimana, sih. Cuma pagede-gedean nilai aja tapi itu udah cukup seru. Sampai permainan akhirnya harus berakhir karena nggak kerasa udah jam setengah tiga, ngaret dari jam yang sudah ditentukan. 

(kiri-kanan) Dhea, Ulya, Eva, Uni, Evi

Sampai sini, sudah tahu alasan apa yang bikin saya bilang kegiatannya worth it? Belum? Karena... Selama beberapa jam (hampir) semua orang nggak ada yang main gawai atau mojok sendirian ngadep layar henpon, bahkan pada lupa live tweet, nggak foto-foto, nggak sibuk sendiri, semua fokus dengan acara yang berlangsung. Udah gitu tukang pos-nya membaur dan lebih banyak komunikasi sama peserta. Bukankah acara yang baik adalah, ketika peserta dan panitia berbaur, memerhatikan acara, tak peduli jika pesertanya sedikit. Dan menurut saya panitia PosCinta sudah sukses untuk itu. :')

Setelah penutupan, kami foto-foto dan beberapa peserta saling menyapa sekadar basa-basi. Saya nggak ikutan ngobrol karena udah malas basa-basi :p Tapi sebelum pulang, salaman dulu sama Rani. Dan ternyata teman-teman yang saling menyapa sesama peserta itu sampai sejam-an. Saya sendiri ngobrol sama Rani membahas banyak hal terkait kepenulisan dan dunia blogging terus Om Em sesekali nimbrung. Karena saya ada janji lagi di tempat lain, kami pun sepakat bertemu lain waktu di Jakarta. Okeh, nambah satu teman lagi. Semoga bisa bertemu lagi, ya. :D

Ini teman baru Uni, bersama  @Gembrit (foto milik Rani)

Ini Uni bareng @Gembrit juga ^^

Akhir paragraf, saya suka acara gathering #30HariMenulisSuratCinta kemarin. Sederhana, tapi keakrabannya dapat. Mungkin acara berikutnya lebih dimatangkan aja dan publikasinya lebih gencar lagi. Oh, sama kalau bisa biayanya jangan kemahalan hehehe. MENYESALLAH KALIAN YANG NGGAK DATANG HAHAHAHA. 

Sedikit, tapi seru! (dokumentasi @PosCinta)

Sampai ketemu tahun depan! :)
Uni Dzalika

Comments

  1. Yah nyesel banget nggak datang, pasti acaranya seru banget sampai pada lupa waktu gitu. aku suka tulisannya kak. makasih udah ngeliput.

    ReplyDelete
  2. Dih, closingnya ngeselin

    Awas ya, aku bales!

    ReplyDelete
  3. kalo baca dipati ukur jadi ingat zoe comik corner...

    ReplyDelete
  4. Seru juga bisa ketemu dengan penulis 30 hari menulis surat cinta itu. Acaranya juga keren pake banget.

    Cuma sayang, ya. Rasa ingin kenal masing-masing yang ikutan agak kurang. Untuk kedepannya, semoga acara kenalan sama penulis lainnya lebih baik.

    Sukses deh, buat tulisannya. :)

    ReplyDelete
  5. Kayaknnya acaranya keren banget tuh, sampe-sampe kelupaan sama waktu :D.

    Sukses terus yaa buat kedepannya :)

    ReplyDelete
  6. Ini unik juga ya acaranya nulis surat cinta, emang deh cinta yg berhubungan dengan 'cinta' apapun itu entah dalam tulisan atau kenyataan pastinya di belabelain, ini contohnya dateng pertemuan dan menomor duakan skripsinya haha... Restoran Rumah Enak-Enak itu di DU ? oke besok udek-udek di DU nyobain restoran itu hehe

    btw sukses ya teh :D

    ReplyDelete
  7. Keren acaranya. Emang bener banget, acara yang sukses itu dimana para pesertanya enggak sibuk mojok sendiri dan panitianya juga ikut berbaur dengan para peserta. Jadi kelihatan akrab gitu.

    Semoga acara-acara selanjutnya lebih keren :D

    ReplyDelete
  8. Halo Uni! :) Salam Kenal ya, ini Kelsi. Kemarin datang juga ke gathering, tetapi kita belum sempat berkenalan. Aku mau minta izin share ini, bolehkah?
    Thanks in advance. :)

    ReplyDelete
  9. Ooohhh... ini ya acara yang Uni bilang kemarin. Iya keliatannya seru dan kompaknya. No handphone! Berarti para panitia sukses menarik minat orang2 yang dateng buat ngikutin acara. Jadi penasaran acaranya seseru apa. Yah aku 30 hari menulis surat cintanya juga nggak ikutan sih... udah gitu harus pulang.

    Yah kan kita nggak sempet ketemu deh Uniiiii :( lain kali kalo mau ke sini harus ada jadwal kosongnya biar bisa ketemu gyerz Bandung. Kamu jug nggak ngabarin pulang. Tiba-tiba ilang aja dari sini. Hahaha.

    ReplyDelete
  10. Ooohhh... ini ya acara yang Uni bilang kemarin. Iya keliatannya seru dan kompaknya. No handphone! Berarti para panitia sukses menarik minat orang2 yang dateng buat ngikutin acara. Jadi penasaran acaranya seseru apa. Yah aku 30 hari menulis surat cintanya juga nggak ikutan sih... udah gitu harus pulang.

    Yah kan kita nggak sempet ketemu deh Uniiiii :( lain kali kalo mau ke sini harus ada jadwal kosongnya biar bisa ketemu gyerz Bandung. Kamu jug nggak ngabarin pulang. Tiba-tiba ilang aja dari sini. Hahaha.

    ReplyDelete
  11. Wah asik yah acaranya.. Mungkin emng karena bayarnya mahal jadi rame acaranya selurh peserta gak mau buang duit 75 ribu buat jadi acara basi hahaha..

    Bner si harusnya di turunin lagi harganya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Lima Tempat yang Perlu Kamu Datangi Kalau ke Cibinong