Skip to main content

Berencana Pesan Tiket ke Bali? Intip Kuliner Bali yang Wajib Kamu Coba!



Selain Drama dan Film Korea, saya juga cukup aktif menonton beberapa acara ragam. Meski bukan fans besar terhadap negara tersebut, tayangan mereka saya akui cukup menarik untuk ditonton.

Nah, ada satu tayangan Variety Show dari Korea yang dikenal dengan Salty Tour, di mana host dan tamu akan pergi ke suatu kota terkenal di beberapa negara dengan budget yang sangat terbatas. Mendekati akhir tahun 2018, mereka menayangkan episode saat ke Bali - Indonesia, dan tayangan itu membuat saya terkagum-kagum.

Kagum dengan Bali.

Kagum dengan acara Korea yang mengenalkan wisata Bali.

Kagum menyadari Bali bukan sekadar kota wisata untuk turis, tapi kota ini pastilah jadi yang terbesar membantu perekonomian negara dalam sektor pariwisata.

Selepas menikmati tayangan tersebut, saya gegas mencari tiket pesawat ke Bali melalui aplikasi pegipegi karena menurut beberapa teman sangat mudah mengakses dan menggunakan aplikasi pegipegi ini. Cari saja dulu. Berangkatnya bisa lain waktu.

Alasan saya ingin datang ke Bali bukan karena pantainya, tapi kulinernya. Itu di tayangan Salty Tour mereka makan paketan gitu sudah sedia semua menu dan rasanya sangat menarik untuk dicoba.

Bagaimanapun, karena saya belum pernah ke Bali, berikut daftar kuliner di Bali yang ingin saya realisasikan;


sumber : Makao Bali

1. Laksa

Ini sih sepertinya bukan khas Bali, ya? Di Bogor juga ada, tapi saya ingin sekali mencoba Laksa Bali karena latah lihat team Salty Tour makan ini beberapa kali dan bilang bahwa ini termasuk makanan paling lezat di dunia. Sampai-sampai chef yang makan ini nyari tahu resepnya dan pingin buat menu laksa di resto Korea. Wah! Saya sebagai orang Indonesia aja nyari makanan Korea, eh yang di sana kagum sama makanan kita.


cara pesan tiket pesawat di blibli
sumber foto : https://merahputih.com

2. Ayam Betutu

Menu satu ini memang sih, sudah banyak beredar di kota terdekat area Jabodetabek. Tentunya saya penasaran, seperti apakah jika makan di kota asalnya yaitu Bali? Karena bumbunya pasti lengkap rempah-rempahnya!

Sebagai pencinta daging ayam (maafbya, ayam) saya penasaran seperti apa rasanya ayam dibungkus daun pisang dan dipanggang selama 24 jam itu. Pasti bumbunya meresap sampai ke tulang!

3. Sate Plecing

Selain dendeng dan rendang, kesukaan saya adalah aneka macam sate. Tapi saya belum pernah makan Sate Plecing. Kata teman-teman yang pernah ke sana, sate ini dagingnya bisa request mau ayam, babi, atau ikan.

Untuk bumbu plecing juga berbeda dengan sate Jabodetabek :) Jadi bumbunya terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau, sehingga menghasilkan rasa yang pedas campur gurih dan sedap karena ada terasinya. Nah, penasaran terasi yang dipakai itu terasi ikan atau udang atau apa dan dari mana?

sumber : vizitrip


4. Kopi Kintamani

Sekalipun bukan penggemar atau maniak minuman ini, kopi khas Bali yang satu ini wajib dicoba karena dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam didataran tinggi Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Dengan memerhatikan kondisi curah hujan dan ketinggian daratan, tanaman kopi tersebut berhasil memberikan sensasi yang berbeda dengan rasa kopi lainnya. Well, saya bukan pencinta kopi, tapi saya mengenali mana yang layak dihargai dan pantas untuk dikonsumsi. Kamu sudah pernah coba?

5. Pie Susu Bali

Seorang teman asal Bali yang sedang kuliah di Jogja pernah saya titipi Pie Susu ketika dia pulang kampung. Dan ini termasuk kudapan yang menurut saya cukup nagih tanpa terasa giung atau bikin sakit gigi.

Pie Susu punya adonan yang cukup seimbang dan sangat ramah di lidah. Meskipun masih saya pertanyakan kehalalannya, membeli Pie Susu dan makan langsung di lokasi menjadi bagian dari daftar saya saat hendak mengunjungi Bali, kelak.

•••

Ada juga makanan yang nasi campur sayur dan sate lilit, tapi tidak saya masukan dalam daftar. Karena pernah mencoba, dan rasanya tidak cocok untuk perut saya. Oh ya, kalau kamu punya daftar rekomendasi kuliner terbaik di Bali, boleh dong kasih tahu saya :)

Comments

  1. Ayam betutu fav banget , tapi pengen coba juga makanan khas Bali yang lain :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…