Skip to main content

Macam-Macam Jerawat yang Penting Kamu Ketahu




Jerawat adalah masalah kulit yang diakibatkan oleh tersumbatnya folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut dengan minyak dan sel kulit mati yang berkolaborasi dengan bakteri. Pada umumnya jerawat mulai muncul ketika masa puber yaitu usia 10-13 tahun dikarenakan perubahan hormonal yang terjadi. Perubahan hormonal lainnya yang dapat memicu jerawat adalah menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan juga stres. 
Karena setiap orang tidak lepas dari resiko berjerawat baiknya kita mengenal macam-macam jerawat, di antaranya ;

Komedo Hitam
Ternyata komedo adalah salah satu jenis jerawat. Bagian yang biasanya memiliki banyak komedo adalah bagian wajah dan leher. Komedo merupakan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, keringat, dan bakteri yang teroksidasi sehingga tampak berwarna hitam. Tergolong permasalahan kulit yang ringan, namun dapat berkembang menjadi jerawat. Menangani komedo dengan cara yang benar dapat membantu mencegah perkembangan jerawat yang lebih parah.

Temukan 9 cara ampuh hilangkan jerawat hanya dalam semalam di sini.

Penyebab komedo antara lain sumbatan kosmetik, produksi keringat berlebih, kegiatan bercukur yang menyebabkan folikel rambut terbuka, stress, menjelang menstruasi, dan penggunaan beberapa obat berbasis steroid.

Komedo Putih
Walaupun proses pembentukannya sama, komedo putih berbeda dengan komedo hitam. Komedo putih merupakan sumbatan pori-pori yang tidak teroksidasi sehingga berwarna putih. Komedo ini yang seringkali dianggap sebagai lemak karena muncul gumpalan berwarna putih saat dipencet, padahal ini bukan lemak.

Papula

Papula termasuk salah satu dari macam macam jerawat yang disebabkan oleh peradangan dinding sekitar pori-pori kulit.  Papula bermula dari komedo, dikarenakan mengalami tekanan dari minyak dan bakteri yang semakin banyak sehingga menyebabkan dinding folikel pecah dan membuat kulit teriritasi, menjadi merah, meradang dan sakit. Benjolan yang muncul ini disebut papul.

Pustula
Berbeda dengan papula, pustula dipenuhi dengan nanah. Benjolan yang keluar biasanya berwarna merah disertai dengan kepala berwarna kuning atau putih di atasnya. Nanah yang terdapat di dalam pustula merupakan campuran cairan yang mengandung sel-sel radang yang membusuk. Biasanya kita sangat greget untuk memencetnya, namun sebaiknya berhati-hati karena tindakan ini bisa mengakibatkan infeksi.

Jerawat Nodular
Jerawat nodular merupakan jenis jerawat yang terbilang parah. Bentuknya lebih besar daripada jerawat jenis lain. Jerawat tipe ini bisa muncul di wajah, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Jerawat nodular membutuhkan perawatan dari dokter kulit karena dikategorikan sebagai masalah kulit yang cukup serius.

Pemicu besar munculnya jerawat nodular adalah hormone androgen yang meningkat bersama dengan meningkatnya produksi minyak kulit. Androgen dapat mengubah susunan kimiawi dari minyak kulit sehingga menjadi lebih tebal dan menyumbat pori-pori. Hal ini didukung juga dengan faktor genetik, jadi walaupun terjadi peningkatan hormon androgen dan produksi minyak kulit yang banyak seseorang hanya mengalami tipe jerawat papula atau pustula.

Jerawat Kista
Kista merupakan benjolan jerawat terbesar yang mengalami tingkat infeksi yang parah disertai rasa sakit atau gatal. Tentu perawatan jenis jerawat ini harus dengan perawatan dokter. Kondisi ini dapat dialami oleh berbagai kalangan mulai dari usia 8 tahun hingga 50 tahun, namun mayoritas dialami oleh pria. Proses pembentukannya sama seperti Jerawat Nodular namun dengan tingkat keparahan yang lebih.

Hindari memberikan sentuhan pada jerawat kista, karena tindakan ini bisa menyebabkan infeksi lebih dalam bahkan menyebar. Santaikan pikiran untuk menghindari peningkatan hormon yang bisa membuatnya semakin parah.

Comments

  1. aku sering bgt muncul pustula mbak. Gimana yaa caranya biar jerawat ini gak muncul terus-terusan huhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…