Skip to main content

Tips Membuat Flatlay Agar Tampak Menarik




Setelah beberapa bulan saya aktif membuat konten flatlay di Instagram unidzalika, saya juga kerap membagikan rahasia dan tips mengenai editing foto. Akan tetapi, masih ada yang bertanya, bertanya lagi, dan terus bertanya, sehingga saya pikir penjelasan lewat snapgram saja rasanya tidak lengkap. Jadi, mari kita bahas lebih rinci melalui pembahasan kali ini.


Sebelum saya menjelaskan tips-nya, hal yang paling utama adalah kita harus berani mengeluarkn modal agar foto tampak bagus. Yang saya maksud adalah penggunaan properti foto beserta lain-lain. Jadi, kalau sarananya terbatas, maksimalkan hal lainnya agar menunjang penampilan foto.

Saat memutuskan untuk main-main flatlay, saya menghabiskan uang sebanyak IDR 700.000,- untuk membeli property foto. Tidak sedikit yang DM dan bilang saya sudah ketinggalan zaman, sudah bukan lagi waktunya majang foto flatlay, sudah bukan musim, dsb.

Tetapi itulah alasan mengapa saya termasuk orang yang ‘telat’ menekuni foto-foto ala flatlay ini; saya baru selesai menabung, baru memiliki properti yang cukup memadai, dan toh saya pajang di wadah pribadi, orang bebas mau menikmati atau mengkritik, dan tetap dilanjutkan saja tidak peduli apakah memang sudah ketinggalan zaman atau memang sudah bukan masanya. And it was totally fun.

Sebaliknya, jika tidak memiliki props yang bagus, kamu bisa mengandalkan barang-barang atau pajangan yang ada di rumah, jangan sampai membebani keuangan. Nah, jika props yang kamu punya terbatas, maka pastikan kamera ponsel yang digunakan mendekati sempurna untuk menghasilkan foto yang baik.

1. Bagaimana cara menghemat budget saat belanja gadget online?

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.
Mulai dari memutuskan akan membeli apa, menyiapkan kisaran budget, dan tentu saja harus mempertimbangkan e-commerce mana yang akan kamu tuju. Sama seperti misalnya kita mau main ke mall, pasti memikirkan dulu dengan budget yang ada mau main ke mall mana, ‘kan?

Di mall online juga sama, banyak harga yang kompetitif dan kamu harus benar-benar menyesuaikan dengan keuanganmu. Setelah itu, barulah telusuri tiap harga gadget dengan langsung mencari keywords misalnya mencari harga vivo v9 yang kira-kira akan kamu gunakan bukan hanya untuk foto flatlay tapi juga untuk keperluan sehari-hari.


2. Bagaimana membeli props foto yang tepat?

Sebelum membelinya, jangan habiskan uang dengan membeli ini-itu mengikuti props yang dimiliki orang lain. Kita bisa kok, mengandalkan apa yang ada di rumah, atau lihat lagi koleksi sovernir dari kondangan, bisa dipakai. Misalnya seperti alas meja, tasbih, tempelan kulkas, pin, dll.

Kalau masih dirasa belum cukup, barulah kamu bikin daftar apa saja yang akan dibeli. Cara membuat daftarnya cukup mudah, diawali dengan membuat outline atau kerangka seperti apa flatlay yang akan kamu tampilkan nantinya. Dalam hal ini harus berkaitan juga dengan personal brandingmu, dan buatlah signature style sendiri yang berbeda dari orang lain.

Misalnya, saya ingin menampilkan kesan feminine dan mature, maka tampilan yang digunakan sering kali bernuansa pink, penuh dengan manik-manik dan bunga. Jadi itulah yang harus saya beli; bunga pink, bunga oranye, pita. Agar tidak jenuh karena propertinya itu-itu saja, saya pun menambahkan benda lain yang bersebrangan dari sifat feminine seperti karung goni (Rp 7.000,-), karpet putih (1 m Rp 70.000,-), kaus kaki, glitter, dll yang bisa kamu lihat hasilnya di Instagram unidzalika.

3. Seperti apa komposisi foto yang tepat?

Di beberapa ilmu yang saya baca di gugel, atau dalam kelas diskusi mengenai flatlay, banyak orang bilang dalam satu foto objek tidak boleh lebih dari 8 dan jumlahnya harus ganjil. Menurut saya itu adalah selera yang mana boleh ditambahkan isinya lebih dari delapan atau kurang. Sekali lagi ini menurut saya, yang penting bukan jumlahnya tapi peletakan atau komposisi bendanya harus tepat agar telihat bagus.


 4. Jangan Menggunakan Lebih dari 3 Warna!
Selain peletakan jumlah barang, pastikan juga untuk memperhatikan komposisi warna. Menurut saya, agar tampilan flatlay menjadi menarik warna dalam satu frame tidak lebih dari tiga dan sesuaikan dengan objek utama. Nah, cara memadukan warnanya persis seperti saat kita memadu-padankan pakaian. Boleh tabrak warna, tapi selalu bayangkan jika kamu memakai baju dengan warna-warna tersebut apakah pantas atau jadi tidak nyaman?
Terapkan perasaan tersebut saat menata flatlay.

contoh flatlay gagal
contoh foto flatlay unidzalika yang menurut saya gagal karena terlalu banyak warna props yang emncolok dan bertabrakan sehingga 'menenggelamkan' objek utama

berikut contoh foto-foto yang menggunakan warna tidak lebih dari 3 :
pink pastel dan putih

hijau tua dan hujau muda

5. Andalkan cahaya matahari!

Sejak kebanjiran klien untuk membuat konten flatlay, saya jadi seperti penyembah Matahari karena selalu berlutut menghadap timur :’) Tips terakhir ini khusus untuk kamu yang belum memiliki studio dan pencahayaan sendiri, gunakan saja cahaya ilahi yang mampu menerangi seluruh semesta~




Gunakan waktu dari pukul 08.00 am sampai 11.00 am untuk meminimalisir bayangan. Akan tetapi, jika kamu menginginkan foto dengan tampilan yang lebih berdimensi, gunakan waktu dari pukul 12.00 sampai 14.00 pm. Kamu juga bisa memilih ‘golden hours’ saat sore hari yang akan membuat fotomu tampak penuh baying-bayang dan berwarna oranye. Tapi, untuk pemilihan waktu ini kembali pada poin kedua, seusaikan dengan branding kamu. Tidak tepat jika kamu ingin tampilan monokrom tapi menggunakan waktu sore hari, dst.

Nah, selesai sudah tips ala-ala unidalika bagian satu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Comments

  1. Fotokopi cantik-cantik, Mba 👍😊

    ReplyDelete
  2. Aku belum berhasil punya feel di flatlay un ,duuh pdhal udh semangat 45.

    Harus bnyak latihan lagi nih ,thanks sharingnya y un.

    ReplyDelete
  3. Keren banget foto-foto flatlaynya mbaak, aku beberapa kali nyoba foto flatlay tapi rada aneh, ahhahaha. Entah kurang rame propsnya apa komposisinya yg belom dapet...emang kudu banyak latihan dan niat ya, hihi..

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…