6 Spot Outdoor Paling Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi di Puncak Bogor


Alasan utama kenapa banyak warga Jakarta suka menghabiskan waktu akhir pekan dengan berlibur di Puncak Bogor adalah karena hawa sejuknya. Setuju kan? Kondisi tersebut tentu berbeda dari Kota Jakarta yang jalanannya hampir selalu dipenuhi oleh kendaraan bermotor dan asap knalpot. Pada akhir pekan, berbagai hotel di Puncak Bogor akan mendadak penuh oleh para wisatawan yang ingin menikmati sejuknya hawa tempat ini.

Tidak hanya itu, destinasi wisata yang ada di Puncak Bogor pun turut memeriahkan acara liburan para wisatawan. Nah, dari begitu banyaknya destinasi wisata, ternyata ada beberapa spot outdoor yang memiliki pemandangan paling menakjubkan. Cocok dikunjungi oleh kamu yang ingin mempercantik feed Instagram!


Source: id.wikipedia.org


Danau Dora
Kalau kamu menginap di hotel di Puncak Bogor yang lokasinya dekat dengan Cibinong City Mall, maka Danau Dora wajib disertakan dalam daftar tempat untuk dikunjungi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 500 meter dari gerbang Pemda dan Cibinong City Mall, tepatnya di Jalan Raya Bogor Km. 46. Danau Dora sebenarnya masih merupakan bagian dari perluasan Kebun Raya Bogor, sekaligus menjadi taman reservasi alam.

Untuk kebutuhan penelitian, di bagian tengah danau telah ditanami berbagai tumbuhan langka dan jembatan kayu untuk menghubungkan taman. Biasanya, orang-orang datang ke Danau Dora saat pagi atau sore hari untuk jogging. Terkang ada juga yang menggunakan Danau Dora sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.



Mongolian Camp
Camping tidak lagi merepotkan selama kamu melakukannya di Mongolian Camp! Sebetulnya, Mongolian Camp merupakan salah satu bagian dari Highland Park Resort, salah satu hotel di Puncak Bogor yang begitu populer. Nah, hotel tersebut mengusung konsep camping pada kamar-kamarnya. Beberapa kamar menggunakan tema Mongolian Camp, jadi setiap kamar dibuat dari tenda berbentuk bulat seperti milik Suku Mongol. Meski merupakan tenda, fasilitas di dalamnya sudah sangat lengkap, mulai dari kasur empuk, sofa, toilet, sampai pendingin ruangan. Kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang tenda ala Suku Mongol dan pegunungan di sekelilingnya. Bagus banget!

Kota Bunga Estate
Sebenarnya, Kota Bunga merupakan kawasan villa estate di wilayah Puncak Bogor. Villa-villa ini ditata sedemikian rupa oleh pihak pengembang sehingga menghasilkan tata letak yang apik dan memanjakan seluruh pengunjungnya. Sesuai namanya, Kota Bunga memiliki taman dengan bunga-bunga dari beraneka jenis. Ada pula fasilitas wahana wisata seperti taman bermain dan kolam renang. Kabar baiknya, kamu tidak harus menginap di villa Kota Bunga untuk bisa bermain di sini. Jadi, mau menginap di hotel di Puncak Bogor mana pun, kamu masih bisa menghabiskan waktu di sini.
Kota Bunga jadi sangat populer karena adanya wahana gondola yang terinspirasi dari Kota Venesia di Italia. Kamu bisa menaiki gondola ini untuk berkeliling mengamati indahnya pemandangan di kawasan Kota Bunga. Kalau malas mendayung sendiri, ada petugas yang siap membantu kamu untuk mendayung gondola. Jadi, kamu bisa bersantai sambil foto-foto dan update di Instagram.

Source: en.wikipedia.org

Perkebunan Teh Gunung Mas
Kalau memang ingin menyegarkan mata dengan yang hijau-hijau, tidak ada destinasi yang lebih tepat daripada Perkebunan Teh Gunung Mas. Sejauh mata memandang, yang tampak adalah barisan tanaman teh yang menyerupai hamparan permadani hijau. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati pemandangan di sini, mulai dari duduk di beberapa tempat yang telah disediakan, berjalan-jalan menyusuri deretan tanaman teh, hingga meniki kuda. Kalau lebih suka berjalan-jalan, kamu bisa minta didampingi oleh pemandu yang akan memberi segala informasi tentang hasil perkebunan. Jangan lupa juga berunjung ke pabrik teh untuk mengamati secara langsung proses pengolahan daun teh.

Curug Cikoneng
Kurang sah rasanya berlibur ke Puncak Bogor tanpa mengunjungi salah satu air terjun atau curug di sana. Salah satu yang memiliki pemandangan paling indah adalah Curug Cikoneng, yang namanya berasal dari Bahasa Sunda “cai” (artinya air) dan Koneng, lokasi air terjun ini berada, yaitu Bojong Koneng. Tapi, sejak dikelola oleh Sentul Paradise park, Curug Cikoneng berubah nama menjadi Curug Bidadari. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam berukuran besar yang bisa kamu gunakan untuk berenang atau sekadar berenda, Kalau mau, kamu juga bisa main flying fox di sekitar kawasan Curug Cikoneng ini.

Puta Parahyangan Agung Jakatkartta
Belum banyak yang mengetahui lokasi wisata satu ini. Pura Parahyangan Agung Jakatkartta merupakan pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Berdiri di atas tanah seluas 2,5 hektar di lereng Gunung Salak, konon tanah tersebut merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran. Pura Parahyangan dibangun pada tahun 1995 sebagai tempat untuk menggelar beberapa ritual keagamaan Hindu, misalnya Upacara Siwa Ratri. Lokasinya berada di Kampong Warung Loak, Desa Taman Sari, Kelurahan Ciapus, sekitar 13 km dari pusat Kota Bogor.

Karena merupakan destinasi wisata sekaligus tempat ibadah, tentu kamu tidak bisa sembarangan masuk ke Pura Parahyangan. Ada sederet peraturan yang wajib kamu patuhi. Misalnya, pengunjung wanita tidak boleh masuk apabila sedang datang bulan atau baru saja melahirkan. Anak-anak yang berumur kurang dari 42 hari juga tidak diperbolehkan untuk masuk. Kamu juga tidak boleh mengenakan celana pendek dan sandal jepit. Tapi, tenang aja, pengelola pura sudah menyediakan kain sarung untuk kamu pakai, kok.


Yuk, langsung saja booking hotel di puncak Bogor sebelum kamu keduluan wisatawan lain yang juga ingin kabur sejenak dari rutinitasnya. Lagi pula, keenam spot outdoor di atas tentu tidak akan bisa dijelajahi hanya dalam waktu sehari, kan? (plc)

2 comments:

  1. Wah@ Banyak uga ya spotnya, kirain Masjid yang itu aja :))))

    ReplyDelete
  2. danau dora
    eh lucu kayak dora the explorer
    penasaran deh

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)