Festival Prestasi Indonesia UKP Pancasila Resmi Dibuka Hari Ini



Beberapa minggu sebelum Hari Kemerdekaan Indonesia, saya menyempatkan diri untuk datang ke Galeri Nasional melihat pameran lukisan milik Istana Negara yang dipajang di sana. Selain melihat gambar-gambar pemandangan, ada juga beberapa lukisan yang menampilkan bagaimana orang-orang di masa lalu berinteraksi sosial. Gotong-royong dan toleransi terhadap perbedaan diperlihatkan dan menjadi ciri masyarakat Indonesia ada umumnya.

Ini mengingatkan saya bahwa masyarakat Indonesia sangat mengamalkan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Di masa sekarang, saya bersyukur dibersarkan dalam lingkungan yang sangat aktif bersosialisasi dan bahu membahu. Walaupun di Cibinong saya baru tinggal selama 17 tahun, tetapi tetangga di perumahan sangat ramah. Misalnya, RT setempat sering mengadakan jalan-jalan bersama seperti ke Pantai Anyar atau ke TMII. Tujuan jalan-jalan tersebut selain untuk silaturahim, juga sebagai kegiatan yang nantinya dapat kami kenang.






Nah, tepat di HUT RI ke-72 kemarin, RT saya mengadakan banyak perlombaan yang meskipun saya tidak mengikuti seluruh rangkaian perlombaan, saya tetap menyaksikan sebagai penonton karena diselenggarakan di lapangan yang lokasinya tepat di depan rumah saya. Kami saling membantu memasang bendera dan ibu-ibu (termasuk Bundo) memasak menu yang telah ditentukan untuk dibagikan ke warga. Acara perlombaan dan festival yang meriah di [erumahan saya merupakan kesuksesan atas semua bantuan dari banyaknya orang. Saya salut dengan ringan-tangan para tetangga dan menjadi contoh baik untuk anak-anak di sini.

Orang-orang di perumahan saya ini, secara tidak sadar telah mengamalkan sila pancasila yang ketiga, yaitu “Persatuan Indonesia”. Sila ketiga dengan lambang pohon beringin itu memilki makna yang cukup dalam bagi saya pribadi, dan merupakan sila yang seharusnya dimiliki tiap warga Indonesia. Persatuan Indonesia bukan berarti kita bersatu saat ingin protes tagihan listik yang membengkak atau demo massal karena suatu kasus saja, kan ya? Hehe. Kita juga wajib menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam berbagai hal positif, sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab dan tolong menolong terhadap sesama warga, seperti yang saya ceritakan dalam lingkungan saya.

Tapi bukan itu saja, sih. Di lingkungan saya, selain tetangga, saya bersyukur dikelilingi oleh teman-teman yang juga mengamalkan nilai Pancasila seperti tidak memandang perbedaan dan permusuhan ketika adanya perbedaan budaya, agama, dan warna kulit. Bahkan beda selera antara lebih suka BTS atau EXO, itu juga tidak dipermasalahkan. Walau hidup semakin modern, Pancasila Sumber Inspirasi Maju yang harus dilestarikan.

Omong-omong soal Pancasila, Bapak Presiden Jokowi telah meresmikan sebuah acara Festival Prestasi Indonesia dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila) #PancasilaInspirasiMaju di JCC Jakarta tgl 21-22 Agustus 2017. Kegiatan tersebut menampilkan karya anak bangsa & ikon prestasi Indonesia untuk menjadi sumber inspirasi maju & berprestasi. Di sana, terdapat 72 Ikon Prestasi UKP-Pancasila yang dipilih berdasarkan prinsip Capaian dan prinsip Keteladan dalam kategori Inovator-saintis, Olahraga, Seni-Budaya, dan Aktivis Gerakan Sosial. Sekadar info, salah satu kriteria untuk menjadi ikon prestasi adalah pernah memperoleh penghargaan atau juara tingkat nasional dan internasional. Nah, menurut Ketua Panitia Festival Prestasi Indonesia El-Zastrouw, tujuan kegiatan ini bukan hanya untuk mengapesiasi 72 orang ikon berprestasi, tapi juga menyelenggarakan pagelaran seni Pancasila Gemilang sebagai apresiasi atas karya-karya terbaik putra bangsa dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi untuk memajukan bangsa.

Dengan adanya kegiatan tersebut, semoga makin banyak masyarakat Indonesia yang berprestassi di bidangnya dan tentu dalam hal positif, ya. Selain berprestasi, juga tidak lupa untuk mengamalkan Pancasila dalam aspek kehidupan sehari-hari. Silakan pantau acara Festival Prestasi Indonesia - UKP-Pancasila di media sosial berikut ini;


6 comments:

  1. Sebenarnya dalam keseharian kita tanpa disadari juga mengamalkan Pancasila ya, Un. Termasuk bekerja keras loh, ada dalam sila kelima.
    Itu seru banget sih jalan-jalan bareng RT. RT aku sekarang mah sepi banget.

    ReplyDelete
  2. Semoga dengan festival ini rasa kebangsaan dengan landasan Pancasila bisa semakin kuat.
    Bangkitkan kekuatan Bhineka Tunggal Ika dengan Pancasila

    ReplyDelete
  3. Kompak banget ya RT di wilayah Uni. Di berbagai tempat di Indonesia juga gitu. Alhamdulillah ya :)

    ReplyDelete
  4. Moment 17-an selalu bikin seneng memang, Un ^^

    ReplyDelete
  5. Rindu masa2 dimana kalo 17an pasang hiasan bendera 1 kampung sambil ha-ha hi-hi bareng

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)