Morning SKINCARE Routine untuk Kulit Kering



Hallo, Assalamualaikum...
Apakah jenis kulit kamu kering? Kalau bukan kamu, barangkali saudara atau sahabat atau siapa saja kenalanmu, pasti ada yang kondisi kulitnya kering, kan? Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas?

Saya kering sekali, kulitnya. Kadang mau senyum saja susah, suka meletek gitu pecah-pecah, dan kena matahari dikit langsung ngelupas berdarah kayak pas Edrward Cullen terpapar cahaya matahari. Serem :( Tapi sekarang, saya bisa ketawa di bawah terik matahari dan kulitnya tidak retak! Hehe.

Selain memang jenis kulitnya, faktor kulit kering menurut situs kulitkering.org biasanya disebabkan karena asupan cairan yang kurang di dalam tubuh, atau salah perawatan yang menyebabkan kekeringan kulit, seperti penggunaan sabun antiseptik mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu dingin, suhu lingkungan yang terlalu tinggi dan kelembapan yang rendah... itu beberapa penyebab dari kulit kering pada wajah.

my morning skincare routine



Nah, sebetulnya ada banyak cara mengatasi kulit wajah kering secara alami atau tips mengatasi kulit wajah kering dan kasar agar glowing bercahaya seperti artis Korea dengan produk terjangkau. Dan prosesnya tidak selalu harus layering berkali-kali… Perlu kita pahami adalah cari pelembab hidrasi yang bisa bertahan di kulit seharian, bukan sembarang menempelkan pelembap sebanyak mungkin.

Berikut ini adalah morning skincare routine saya, yang artinya cocok di saya tapi belum tentu cocok di kamu... dan untuk kamu pembaca laki-laki, boleh dibagikan ke istrinya, ibunya, saudaranya, atau teman kerjanya. Semoga berguna :) . Jangan kasih ke gebetan sebagai modus obrolan, ya.


Ps. Tulisan ini bukan sponsored post, dan seluruh produk yang saya tulis di sini adalah apa yang selama ini saya pakai dengan harga cukup terjangkau pun mudah ditemukan. Tapi, hanya boleh disontek untuk kamu yang berjenis kulit kering. Kalau yang berminyak dan normal, boleh sontek steps-nya, tapi pastikan memilih produk yang sesuai.







Pre (Double Cleansing)
Setiap habis bangun tidur, saya selalu aplikasikan micellar water. Karena budget pengangguran, saat ini saya pakai Garnier Micellar Water yang botolnya berwarna pink. Kita kan tidak tahu ya ada debu atau apa yang menempel selama tidur, atau misalnya pas semalaman dioles Vaseline Petroleum Jelly, tentu paginya mesti dibersihkan. Ini juga sebagai langkah awal sebelum melakukan tahapan lainnya.

Harga Garnier Micellar Water: Rp 33.000,-




1. Cleanser.
Cuci muka wajib biar debu, dosa, dan sisa-sisa mimpi semalam bersih tanpa bekas. Hehe. Eh, tapi serius. Di pagi hari, sel kulit mati akan menumpuk karena proses regenerasi sel kulit dan sisa-sisa eksfoliasi pas malam hari. Biasanya, saya memakai Cetaphil.

Kenapa pilihan saya jatuh ke Cetaphil? Produk dari Australia ini memberikan hasil melembabkan dan tidak kesat. Lagipula, dia sebetulnya cocok untuk semua jenis kulit, tapi di kulit kering sangat AMPUH membuat lembab dan lembut. Silakan baca dan klik ulasan lebih lengkap tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Oh ya, sabun muka juga ada banyak jenisnya. Ada facial wash, facial scrub, facial foam, dst. If you have a dry skin, foaming cleanser dan scrub tidak diajurkan untuk kita. Jenis tersebut justru akan membuat kulit menjadi lebih kering. Dan hindari pemakaian sabun yang mengandung terlalu banyak busa atau detergen, juga sabun yang keras, seperti sabun sulfur atau antiseptik, dan jauhi sabun yang mengandung alkohol, pewangi atau parfum buatan, pewarna dan pengawet. Lagi-lagi saya ingatkan supaya kamu memilih jenis sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu ya.

Dilansir dari situs Femaledaily, pH lapisan paling luar kulit memiliki pH sekitar 4-6.. Jika kita menggunakan pembersih dengan pH tinggi, jadi mengganggu keharmonisan pH kulit. Nah, pH yang ingin dicapai adalah 5.5. Kita perlu mencari sabun muka yang memiliki pH di rentang antara 4 sampai dengan 5.5 untuk kulit agar seimbang; sehat, lembap dan dapat melindungi dirinya sendiri dari iritasi, agresi eksternal seperti polusi, radikal bebas dan lain-lain.

Rekomendasi sabun muka untuk kulit kering: Cetaphil (up to Rp 100.000,-)





2. Toner
Ini penting untuk mengunci kelembaban yang dikasih oleh sabun muka tadi dan biar produk skincare di tahapan selanjutnya bisa bekerja dengan lebih maksimal setelah pakai toner. Pastikan memilih formula toner yang mengandung “hydrating” dan tanpa alkohol, ya.

Kalau saya, biasa pakai Hada Labo (yang juga dipakai hampir 8 tahun) setiap pagi dan cukup tiga tetes aja bisa sampai seluruh muka, leher, punggung tangan, dan kaki. Untuk mahasiswa, freelancer, atau ibu-ibu yang memilih uangnya lebih baik buat beli susu anak, ada banyak kok toner yang bagus dan keluaran lokal di zaman sekarang juga sudah oke punya. Harganya cukup terjangkau dan tidak menguras isi dompet. Boleh dicoba.

Hada Labo yang botolnya warna putih ini yang sedang saya pakai. Bedanya dengan botol yang biru, yang varian putih fokus melembabkan dan tidak memberikan efek cerah.

Harga Hada Labo Starter Pack: Rp 31.000,-



3. Serum
Selain untuk nutrisi, serum memiliki banyak manfaat tergantung produk apa yang kamu pakai. Berdasarkan pengalaman saya, pemilik kulit kering wajahnya tidak kenyal. Nah gunanya serum ini untuk membantu kita mendapatkan kulit yang sehat dan kenyal.

Dulu saya pakai serum Hada Labo seharga Rp 145.000 dan repurchase 2x. Satu botol itu bisa tahan sampai setahun kayaknya, saya lupa. Tahun 2017 saya memakai serum V 10 Plus dan merasa sangat cocok karena teksturnya lembut dan cepat meresap. Dalam satu amplop isinya ada banyak jadi kulit tidak jenuh karena banyak varian serumnya. Kamu pernah coba? Bisa baca dulu cara pakai serum V 10 Plus dan Manfaat peeling V 10 Plus.

Harga V 10 Plus Serum: up to Rp 200.000,-






4. Moisturizer/Essence.
Setelahnya lanjut gunakan moist sebagai pelembab wajah agar tidak kering, jadi lebih kenyal, dan menghindari kerutan. Kelembaban wajah ini akan membuat kita jadi lebih awet muda karena kulit telah terhidrasi dengan baik.

Gimana dengan saya?

Masih pakai Hada Labo, belum nemu lagi yang cocok di kulit hehe. Setelah delapan tahun awet pakai yang biru, tahun 2017 ini beralih pakai yang putih sesuai dengan kebutuhan saya yaitu hydrating.

Tapi baru-baru ini saya mencoba dan cocok pakai Bio Essence. Saya pernah post cara pakai rangkaian Bio Essence di Instagram. Dan dia ada varian Bio Essence Bird Nest juga yang kebetulan diskon di Guardian jadi saya coba. Lalu sudah dua bulan ini penggunaan pelembab Hada Labo saya stop sementara dan pindah ke Bio Essence Bird Nest Nutri Collagen Essence. Hasilnya? Lembab tahan seharian! Juara banget ini produk. Saya akan review terpisah soal produk ini, wait ya :)

Harga Bio Essence Bird Nest Nutri Collagen Essence: Rp 250.000,-


Oh ya, tulisan ini kan isinya hanya skincare saja, nih. Kamu bisa baca juga tulisan Ifa Musyrifah soal Morning Skincare & Makeup as Daily Essential.




5. Sunscreen.
Mulai dari Wardah, Cathy Doll, Emina, Etude, Shisheido, semua saya coba dan merasa kurang cocok. Lalu coba Skin Aqua SPF 50 dan mendadak seperti "duh, ini nih!" yang akhirnya dipakai sampai saat ini.

Jujur, untuk pemilihan sunscreen saya masih belum paham. Ada yang bilang cari sunscreen dengan formula water based, ada juga yang bilang cari yang teksturnya creamy. Saya pribadi tidak bisa merekomendasikan untuk yang satu ini, kayaknya memang harus trial and error sih ya. Yang pasti, ini adalah step paling penting sebelum kamu apply make up.
Harga Sunscreen Skin Aqua : Rp 55.000,-


6. Pelembab Esktra.
Selain hal-hal di atas, saya selalu mengandalkan beberapa produk untuk menjaga kelembapan. Kodisi saya selain kulitnya kering, sering berada di ruangan AC, dan tinggal di daerah dingin yang kadang-kadang membuat kulit semakin keriput-kering-kedinginan :D Apa saja produknya?



6.1. Jeju Aloe Vera Shooting Gel
Produk yang satu ini dipakai saat malam sebelum tidur, pagi sebelum pakai toner (setelah cuci muka). Produk ini sebetulnya lebih ampuh di rambut dan juga telapak tangan-kaki, jadi lembut sekali. Tapi kadang kalau ada acara yang saya tahu itu bakalan seharian di ruang AC, saya apply ini dulu. Cukup dioles perlahan dan teksturnya sangat ringan, cepat meresap, tidak lengket sama sekali. Untuk produk ini ada banyak merek ya, kamu bisa pilih yang The Face Shop, Nature Republic, atau The Saem. Wardah selaku brand lokal yang halal juga punya Aloe Vera Gel tuh, dan murah, dan kemasannya lebih friendly, tapi saya belum pernah coba, jadi tidak tahu apakah keampuhannya sama atau tidak. Yang saya punya ini harganya Rp 50.000,- dan sejujurnya jadi lebih suka ini ketimbang Vaseline Petroleum Jelly karena teksturnya yang tidak lengket. Khusus produk aloe vera ini bias dipakai all skin type which is mean kalau kamu kulitnya berminyak atau normal, bias pakai ini.





6.2. Vaseline Petroleum Jelly
Yah, tahulah manfaat dan kehebatan produk satu ini seperti apa. Kamu pun bisa baca manfaat serta cara membedakan VaselinePetroleum Jelly asli atau palsu agar lebih paham soal produk keluaran Arab ini. Setelah punya Jeju Aloe Vera, saya jadi menemukan kekurangan Vaseline Petroleum Jelly ini... dia hanya berani saya pakai di malam hari karena lengket dan dia kan tidak meresap ya, jadi agak susah kalau dipakai pagi-pagi. But yeah, still the most important items to have.




6.3. Bio Aqua Petal Rose Mask Hydrating
Masker yang satu ini keluaran Jepang katanya (?) Tapi saya beli di China... dan bisa kamu dapatkan di marketplace, tapi saya tidak tahu ada yang palsu atau tidak, dan saya ragu ini brand abu-abu atau bukan. Masker ini lucu, cantik, dalamnya ada kelopak bunga mawar yang akan lebur saat diaplikasikan ke wajah. Tekstur gel-nya dingin, wanginya segar, dan setelah pakai jadi sangat lembut, saya suka. Tapi setelahnya muka saya gatal dan memerah, mungkin tidak cocok, atau mungkin ada kandungan apanya saya belum cek mendalam. I Shouldn't review, dan stop pemakaian ini. Sekarang fokus pakai sheet mask dari Innisfree, Celebon Mask, dan The Saem.




6.4. Zaitun Virgin Olive Oil
Ini tidak selalu saya pakai setiap hari, sih, kadang-kadang saya kalau lagi butuh. Dan bisa buat ke seluruh badan. Saya sering pakai banyak minyak zaitun, tapi yang TATCO ini ternyata juara, paling enak! Dia hanya oles sedikit sudah cukup dan tidak terlalu berminyak makanya saya suka.


Selain perawatan di atas, saya juga menjaga pola makan dan istirahat. Misalnya seperti konsumsi makanan sehat, makan mi sebulan sekali, setiap hari makan buah dan sayur, berhenti makan gorengan (yea almost 2 years!), rajin minum air mineral minimal 2 liter perhari, menjaga banget untuk tidak stres (sebab stres memicu jerawat tumbuh), facial tiga bulan sekali, peeling seminggu sekali, maskeran tiga hari sekali, minum vitamin.E dan C setiap hari, rajin berenang, rajin bersihkan muka begitu tiba di rumah, dan lagi mikir untuk pilates tapi maunya ada teman barengan.



Well, jangan bilang sebab saya pengangguran makanya bisa melakukan banyak hal di atas. Allah sudah kasih kita waktu yang sama, 24 jam perhari. Tinggal gimana kita mengelola waktu yang kita punya aja. Sesibuk apa pun kamu, at least sempatkanlah sedikit waktumu untuk rawat wajah dan tubuh, jangan sampai kamu sibuk prioritaskan orang yang kamu cintai tapi lupa untuk sayang dan peduli sama diri sendiri.


Ada yang mau ditanyakan? Silakan diskusi di kolom komen ya, terima kasih sudah baca :)

18 comments:

  1. Hai Mba makasi review lengkapnya, kulit saya normal to dry nih baru lahiran pengen perawatan lagi tapi agak males dan riweuh, belum sanggup kalau rangkaiannya sebanyak itu hehe jadi saya baru bisa cuci muka, sunblok, krim malam, minyak zaitun btw saya udah review vaseline repairing jelly tp belum ampuh untuk lutut kering, harua pake vaseline aloe vera, oia dulu juga saya pake hada labo^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau msih busui mungkin perlu tanya dokter juga baiknya pakai apa saja yang aman hehe. Semangat menjaga kulitnya ya ka :)

      Delete
  2. Wah banyak juga ya yang harus dilakukan untuk perawatan kulit kering seperti aku :(. Kayaknya nggak bisa stelaten itu sih. Biasnaya aku bersihkan muka pakai cethapill dan pelembab, mba
    Terima kasih ya sudha berbagi. Aku juga pakai cethapile dan vaselline mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mesti telaten dan banyak duit :( haha. Cetaphil juara sih ya, enak banget

      Delete
  3. Yang jeju aloe vera klo dipakai di rambut dioles gitu aja trus dibilas ya? Pengin nyobain buat rambut rontok bisa nggak ya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Uni dibiarkan begitu sja, enggak dibilas

      Delete
  4. Replies
    1. Uni malah lagi pengin cobain yang lain...

      Delete
  5. tehh kasih saran masker yang bagus dong buat kulit berminyak..hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeju Pore Clay Innisfree, udah coba?

      Delete
  6. Uni you same like me, kulitku juga cenderung kering...paling nda nyaman kalo berlama2 di ruang ber AC. Solae bikin kuliku makin kering, makanya kemana2 bawa bodylotion :)

    Btw ku kenal sama itu vaseline ya pas direkomendasika temenku pas mau umroh, so far cocok2 aja sih bikin kulit jadi lembab cuma ya itu lengket bingiiits ya jadi emnag cocok kalau diolesin pas mau sleeping beuaty :)
    Garnier pink, mau coba tp ini bisa ngilangin eyeliner juga nda sih? Boleh diaplikasikan ke mata dan bibir juga kah?

    Thanks anyway buat sharingnya uni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama nih, saya juga selalu bawa body lotion haha. Dan ya, vaseine ini agak lengket jadi sekarang apa apa pakai jeju aloe itu karena lebih praktis walaupun beda sih hasilnya... dan untuk garnier bisa, kok, ngapus semua, saya pakai buat mata bibir juga.

      Delete
  7. Cataphil aku pake pas mau PMS aja, lumayan banget, jerawat nggak datang hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di uni jearawat tetep datang tapi cepat ilangnya pas pakai cetaphil

      Delete
  8. Kulitku juga kering neh, harus nyobain neh. Makasih reviewnya ya Uni

    ReplyDelete
  9. wiiii lengkap bangettt.., aku pun cenderung kering sih kulitnya, cuma sanggup gak ya ngelakuin routine yang sama? hmm..baiklah, mau nyoba juga bbrp produk di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bahkan belum double toning dst seperti ysng lainnya, hehe. Selamat mencoba, Mba

      Delete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)