Semangat Berbagi Buku untuk Indonesia Bersama BCA

Assalamualaikum!



Bagi saya, membaca buku merupakan hobi dan prioritas pertama sebelum fashion dan makeup. Di rumah, sampai lemari makeup dan baju saya isinya mulai diinvansi oleh beberapa buku yang tidak lagi cukup di rak buku. Buku jadi ada di mana-mana ; di ranjang, di rak sepatu, di rak makeup, di lemari pakaian, di etalase pajangan, dan itu bukan sekadar timbunan karena selalu dibaca.

Keluarga saya semuanya kutu buku, bahkan ponakan yang masih pada kecil juga senang membaca. Kalau mereka sudah pegang dan baca buku, kadang sampai susah dipanggil karena larut dalam cerita bacaan. Namun, apakah semua anak-anak Indonesia sama seperti keponakan saya? Barangkali, tidak banyak. Tapi kalau banyak, apakah buku bacaan anak-anak di tiap wilayah ada banyak? Nah!


Perpus berjalan ~



Minggu lalu (26/03/17) saya kali pertama ikut CFD (Car free Day atau kegiatan olahraga dan jalan pagi di jalan raya besar sehingga kendaraan tidak boleh lewat sampai pukul 11 siang) di wilayah Sudirman - Thamrin. Jalan dari Stasiun Sudirman ke Menara BCA, dan merasa pegal karea malam harinya jalan dari Sarinah - Sudirman, hehe.

CFD kali itu sedikit berbeda dari yang saya tahu. Ada acara menarik yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam rangka merayakan 60 tahun eksistensinya. BCA memperkenalkan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan berbagi “Buku untuk Indonesia” .

Gerakan #BukuUntukIndonesia ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menyediakan buku untuk anak-anak Indonesia, dengan cara berdonasi. Jadi, untuk siapa saja yang ingin bergabung, kita cukup melakukan transaksi pembayaran minimal Rp100.000,- . Dari donasi yang terkumpul itu, pihak penanggung jawab akan mulai mengkonversi total dana menjadi buku yang mana buku tersebut akan disalurkan ke sejumlah daerah di Indonesia sebagai sarana baca untuk anak-anak.

Cukup banyak orang yang datang sampai antre untuk transaksi donasi. Baiknya BCA, sebagai apresiasi atas partisipasi kita dalam gerakan #BukuUntukIndonesia tersebut, menyediakan kaos kebaikan berbahan dry-fit yang dipersembahkan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini. Wah :)






























Keseruan acara ini dimeriahkan juga oleh Duta Baca sekaligus Presenter Kick Andy; Om Andy F. Noya, Kak Giring "Nidji" Ganesha sebagai perwakilan pemuda yang hobi membaca, Kak Sandra Dewi selaku host, juga datang dari pihak BCA, Wakil Presiden Direktur BCA, Pak Armand W. Hartono, dan Direktur BCA Banking, Pak Santoso. Keseruan acara ini juga bisa kamu tonton kilasannya di Instagram saya dengan klik link di sini.

Ada banyak sekali kegiatan pagi itu, mulai dari zumba (yang mana saya tidak ikut dan memilih stay di backstage bareng Giring Nidji), flashmob HUT ke-60 BCA, stand up comedy, games Reporter Wannabe, dan acara ditutup dengan penampilan Kak Giring yang menyani lagu Arti Sahabat sebagai official theme song dari gerakan berbagi Buku untuk Indonesia.

"Kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar dapat mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Hal tersebutlah yang mendasari gerakan berbagi buku untuk Indonesia yang digagas oleh BCA. Kami menyadari bahwa untuk dapat meningkatkan kebiasaan membaca di Indonesia, perlu terlebih dahulu menanamkan persepsi, ketertarikan, dan kesadaran generasi muda akan manfaat membaca buku sebagai jendela dunia dan inspirasi kehidupan," ucap Wakil Presiden Direktur BCA, Pak Armand W. Hartono, pagi itu saat menyampaikan semangatnya dalam sosialisasi ini.

Sebelum acara ditutup, beliau juga menambahkan, "Buku adalah sumber pengetahuan dan inspirasi. Dengan berbagi buku berarti membuka lebih besar kesempatan bagi anak Indonesia untuk memiliki pengetahuan yang #LebihBaik lagi. Bersama BCA, mari ciptakan perubahan yang lebih baik dengan menjadi bagian dari gerakan #BukuUntukIndonesia."

Acara positif seperti ini menurut saya patut diapresiasi, ya. Nah, untuk kamu yang tidak hadir, tetap bisa berpartisipasi, kok. Kita tinggal kunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com untuk berpartisipasi dalam gerakan ini. Kegiatan ini difasilitasi oleh Blibli.com dan nantinya, kita dapat memilih paket berbagi yang tersedia.

Nah, mari kita dukung gerakan #BukuUntukIndonesia :) Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan melalui kolom komentar, atau langsung kontak :



PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan  Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat


Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
BCA Grand Indonesia Lt. 20 Jakarta Pusat
Telepon :               (021) 2358-8000
Fax         :               (021) 2358-8300
E-mail    :               humas@bca.co.id



43 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum kak Dzalika, aku ufai adeknya kak Aqilah anak alkahfi angkatan 5, mungkin kak Dzalika masih ingat? hehe
    Liat-liat blog kak Dzalika seru deh, mau tanya banyak hal enaknya lewat apa kak? Ufai sebenernya juga tertarik ngeblog, tapi masih banyak harus belajar kaya cara penulisan dan masih belum bisa kasih identitas buat blog sendiri. Makasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, glad to see u on my blog! bisa ke line : unidzalika ya :)

      Delete
  3. acaranya seru banget ya uni, ini kok aku fokusnyake mobil warna pink nya ya?? wkwkwkwk..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya haha, seru dan warna pink mobilnya bikin distraksi :D

      Delete
  4. Wah, ada oom Andy disitu...
    keren tuh bu acaranya...plok plok plok dech buat BCA (Kebetulan saya nasabah setianya)...hehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee iya saya juga nassabahnya, yuk ikut donasi :D

      Delete
  5. Mobil baca bukunya unyu bangeeeet :O

    temen kampus juga lagi bikin social movement tentang rajin baca buku.
    bisa kolaborasi gak yaaa kira-kira :D

    ReplyDelete
  6. Bagus juga BCA gerakannya. Transaksi Rp. 100.000 bisa untuk mendonasikan buku. Semoga aja banyak yang ikutan karena semakin kesini minat baca semakin berkurang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener sekali, dan 100 ribu itu dapat kaos nantinya kok hehe

      Delete
  7. Ini related banget sama konsep yang sempet kita bahas untuk komunitas ya. Bisa ga ya kita kerjasama sama BCA atau bliblinya untuk bantu "ngembangin" budaya baca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya!! bisa banget, just send the proposal to BCA, eh :D

      Delete
  8. Suka banget sama social movement kayak gini, bermanfaat dan mencerdaskan, tempo hari juga sempat mampir ke perpustakaan jalanan tapi pake lapak di taman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpustakaan Jalanan yg di Tamsur itu?

      Delete
    2. taman mana? kapan-kapan ajak dong kalau ada lagi

      Delete
  9. Lucu nih. Kabari kalau ada acara serupa ini lagi, ya. x))

    ReplyDelete
  10. Aku tahunya Najwa Sihab yang jadi Duta Baca, ternyata Andy F. Noya juga ya.

    Harusnya Perpustakaan Berjalan model begitu ada di tiap kota nih, biar nggak cuma jadi ajang seremonial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu juga tahunya ka Najwa Sihab, tapi di panggung kemarin Om Andy juga disebutnya begitu.. dan ya, sepakat banget, mobil lucu itu menarik minat fyi, bikin anak-anak mau nyamperin kalau di sini.

      Delete
  11. Bukuuuuu...

    Semoga makin banyak stakeholder yg menyadari peran essensial mereka dalam mengembangkan minat baca masyarakat

    ReplyDelete
  12. Baca buku itu salah satu pelampiasan dan cara terbaik buat pelarian pikiran yg jenuh dan sesak un! Suka g kenal waktu klo baca buku yg emg genre nya pas dan ngena banget! Aku kemaren ke Tamsur berharap nemu mobil perpus ini, tp g ada malah nemu perpus jalanan dan khatam baca "Tidak Ada New York Hari Ini!" 💕💕💕

    ReplyDelete
  13. Kubaru tahu ada donasi macam ini, Uni. BCA baik bangettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hihi, tinggal masyarakatnya aja nih yang mesti turut aktif bergerak

      Delete
  14. Bagus banget acara kayak gini. Semoga makin banyak supaya akses baca makin mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin! mestinya kerja sama dengan komunitas buku ya

      Delete
  15. Oh jadi ini semacam ajang buat kita donasi uang ke mereka biar mereka sumbangin uang itu dalam bentuk buku-buku un? baguss sih, tapi aku nunggu aksinya untuk di daerah2, soalnya dibanding di Jakarta, mereka kan lebih harus diperhatikan, ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul. dan kayaknya seingatku buku-buku yang terkumpul nantinya akan disbar ke daerah, deh.

      Delete
  16. Nah, aku suka program kayak gini.
    Semoga programnya bertahan selamanya. Enggak berenti di tahun-tahun awal.

    ReplyDelete
  17. Selalu dukung program literasi kayak gini. Sukses ya :)

    ReplyDelete
  18. Selalu dukung program literasi kayak gini. Sukses ya :)

    ReplyDelete
  19. Sebenarnya bukan masalah berapa banyak buku dibagikan, agar minat baca bertambah diperlukan untuk mengenalkan bacaan dari sejak dini. Semoga tujuan dan semangat berbagi ini tercapai.

    ReplyDelete
  20. keren ya acaranay semoga akan banyak lagi anak-anak suak membaca terutama di daerah2 yang masih susah dijangkau

    ReplyDelete
  21. Seneeng deh mulai banyak kegiatan sosial untuk mendukung minat baca, khususnya buat para adek-adek yang ada di daerah dan sulit untuk mendapatkan buku bacaan :)

    ReplyDelete
  22. seru ya kegiatannya. Acara kayak gini emang cocok banget pas CFD.
    Menggugah kesadaran membaca buku tuh emang wajib dari generasi muda ya.
    Semoga gerakan #BukuUntukIndonesia dapat berjalan lancer dan semoga pendistribusian bukunya ke daerah-daerah dapat berjalan optimal. :)

    ReplyDelete
  23. bis perpus kelilingnya gemay banget pinky pinky gitu. lucuuuk!!! *salfok*

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum...
    Semakin percaya deh sama Bank yang satu ini, di dompet gwa aja masih konsisten diisi dan terisi wkwkwkw

    ReplyDelete
  25. #BukuUntukIndonesia, wihh keren ne acaranya ya, apalagi ada andi f noya, jadi pengen ikutan hehe

    Selamat ulang tahun bank BCA, semoga buku2 bermanfaat ya, dan menambah minat baca bagi anak2 indonesia,

    ReplyDelete
  26. seru banget yaa acaranya. BCA juga keren banget krn memikirkan masalah ini

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)