[Beauty Corner - 38] Kenapa Maskara Tidak Boleh Digunakan Setiap Hari?

Hi, Assalamualaikum!




Dari semua makeup yang saya punya, dulu yang paling sering dipakai --hampir tiap hari, adalah maskara. Nggak masalah tanpa eyeliner atau lipstik, yang penting maskara. Sebab dia bisa bikin mata saya lebih terbuka, lebih segar, dan look-nya lebih enak aja sih, menurut saya. Memakai maskara ini kewajiban pokoknya, deh. Makanya kalau traveling atau lagi nginap di suatu tempat, yang selalu dibawa ya maskara.


Look Taeyeon unnie yang pakai maskara di atas dan bawah mata. Simple tapi natural tapi kelihatan segar.



Maskara ini kan fungsinya macam-macam, ya. Ada yang melentikkan, terlihat menebalkan, membuat bulu mata naik, bikin bergelombang... Pemakaiannya pun tergantung situasi. Nah, saya termasuk yang gemar koleksi maskara dengan jenis dan merek yang berbeda. Jadi kalau lagi kegiatan casual, saya cukup pakai yang bikin bulu mata naik. Kalau acara formal, pakai yang bikin tebal, dan, seterusnya. Selain maskara, Barang ini juga Wajib Dibawa!

Saya sering dan senang sekali pakai maskara.


Koleksi maskara yang saya punya. Ini yang kefoto, masih ada beberapa lagi di kamar.


But it was, ng... Sejak Maret ini --sampai sekarang, sedang belajar untuk tidak pakai maskara sebagai makeup harian. Alasannya? Saya sayang dengan bulu mata saya. Baru sadarnya pas lagi nginap di rumah sepupu, saat kami lagi siap-siap mau jalan untuk karaoke.

"Nggak pakai maskara?" tanya saya waktu lihat dia dandan. Dia menggeleng pelan dan bilang bahwa maskara bukan untuk dipakai harian. "Kenapa?" kata saya, siap membantah. Toh, ada eye remover, kan, kenapa harus takut pakai tiap hari?

"Soalnya bikin bulu mata rontok dan capek. Memangnya kamu nggak sayang sama bulu matamu?" she said that. Dan dari situlah saya jadi kepikiran. 

Lalu, waktu baca sana-sini, saya makin mantap untuk nggak lagi pakai sesering mungkin. Apalagi dibawa tidur, ini sangat tidak dibolehkan ya, Dear. Isi maskara yang menempel di bulu mata, kalau didiemin sepanjang malam akan menjadi media yang menampung bakteri dengan efektif.


Kaka Tiffany yang pakai maskara bagian atas. Matanya dipertegas dengan wing eyeliner.


Saya takut mengundang bakteri. Belum lagi bikin rontok. Dan bikin lelah. Juga kasihan karena di-makeup terus. Kalau berdampak buruk ke mata, gimana? Kalau mata jadi rusak, gimana? Nanti nggak bisa stalking dia lagi :( 

Saya pernah alami sendiri, lho, ketika area kulit kelopak mata mendadak gatal dan mata berair terus. Saya pikir gatal kena debu, tapi setelah saya tinjau ulang, mungkin ini penyebab karena lupa membersihkan maskara sebelum tidur.

Selain itu, disadur juga dari salah satu artikel di web www.instyle.com, dokter kulit yang bernama Mbak Jessica Weiser, M.D bilang, "Lingkungan gelap dan kering dalam tabung maskara adalah lingkungan yang sempurna untuk bakteri, jamur, atau virus, untuk berkembang dan kembali menginfeksi mata."  Serem banget kan  Dear. Duh, nggak bakal saya bawa tidur lagi, deh.


Teteh Yuri lebih natural lagi nih. Suka banget look makeup seperti ini ❤


Mau tampil natural ala Yuri SNSD? Coba baca tips & trick makeup natural di sini!


Tetapi, nggak bisa memungkiri bahwa maskara di zaman sekarang nih sepertinya sudah jadi kebutuhan sehari-hari, kan, ya. Makanya saya akan kasih beberapa tips untuk kamu soal maskara : 

1. Pastikan memakai maskara yang aman dan bukan kw atau abal-abal. Belum ada uang? Nabung. Sebisa mungkin nggak memaksa diri harus pakai maskara sampai akhirnya malah beli yang abal-abal. 

2. Kamu juga harus tahu merek maskara mana yang cocok buatmu, mana yang tidak. Maskara yang mahal dan bagus, nggak selalu cocok untuk kita, kok. Kalau gatal dan berkali-kali bikin rontok, mungkin itu saatnya kamu harus ganti merek.

3. Jangan, (I said, JANGAN) gunakan maskara yang sudah kedaluwarsa.

4. Tidak perlu menggunakannya setiap hari. Kecuali, kalau ada kewajiban dari pekerjaan atau tuntutan sosialita, pastikan malamnya selalu bersihakn dengan eye remover, jangan dibawa tidur maskara-nya, ya.

5. Cari eye remover yang aman dan tidak mengandung alkohol. Kebanyakan alkohol bikin kelopak jadi kering, dan terlalu berminyak seperti penggunaan baby oil, kadang nggak membersihkan dengan maksimal. 




6. Rajin rawat mata dengan masker mentimun.

7. Rawat bulu mata mengunakan Vaseline Petroleum Jelly. Ini berfungsi biar lembab, lembut, dan semacam treatment karena sudah seharian pakai maskara.



Semoga bermanfaat! Tabik.



Comments

  1. Klo saya kebalikannya, jarang bgt pake maskara, sampai sering kebuang gara2 kedaluwarsa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaak sayang bangeeeeet, oper ke saya ajaa kaa 😂

      Delete
    2. hihihi... kadang suka butuh, tp jarang banget

      Delete
  2. iya lho, aku kalo habis pake mascara pasti rontok deh bulu matanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kadang bukan soal maskaranya bagus ata nggak, tapi rontok itu mungkin dia capek, kayak daun yang udah nggak kuat bertahan di ranting pohon. #iniapa

      Delete
  3. Kadang suka lupa juga nih aktivitas seharian dan udah kelewat ngantuk belum bersihiin muka yang masih ada make-up apalagi maskara duh ternyata memang nggak baik juga tapi kadang suka di langgar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa banget,Kak. Saaya juga sering langgar tapi sekarang sudah mulai aware deh, nggak mau lagi makeup kebawa tidur

      Delete
  4. Aku mah pokoknya eyeliner - wajib. Tapi sebenernya kalau bisa sih, eyeliner iya, maskara iya hehehe - walau bulu matanya tipis dan pendek hiks. Yaaa pake maskara ga ngaruh2 amat sih cuma mayan lah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ngaruh pakainya yang sesuai jenis kebutuhan. Misalkan bulu matanya tipis, pakai yang terlihat menebalkan atau memanjangkan, hehehe.

      Delete
  5. (rawat bulu mata mengunakan Vaseline Petroleum Jelly) >> ini oke banget ya?? bulu mata gue rontok karena terlalu sering pakai mascara
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun kak, ngaruh banget! Dia jadi lebih moist dan bisa memanjangkan juga setelah pemakaian rutin, hehehe

      Delete
  6. gak pernah blas pakai maskara, arsanya aneh gitu kalau pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lebih segar tampilannya bisa pakai kacamata kalau tanpa maskara ^^

      Delete
  7. Waaaaah aku baru tau nih, untungnya aku juga pake maskara kalo pas momen penting acara, kalo kondangan atau event-event tertentu.. Hihi. Makasi sharingnya ya Uniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iyaaaah sama-sama kak, semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Uni gue tiap hari pake mascara kecuali kalo nggak pergi ke mana mana :( (tentunya ke warung doang mah nggak :p)
    Bulu mataku pendek dan thanks mascara terlihat lebih panjang dan tebal. Hehehe

    jd solusinya pake vaseline petroleum jelly ya? Wokedeh sip sip makasih uni

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Lima Tempat yang Perlu Kamu Datangi Kalau ke Cibinong