Mobil Pilihan, Mobil Impian, Mobil Ramah Lingkungan

“Kamu sekarang sudah banyak uang, kan?” tanya Alim –salah satu keponakan saya yang baru berulang tahun tanggal 31 Juli kemarin. Saya menelepon dia tepat di tanggal 1 Agustus –ulang tahun saya, biar pas nelepon jadi sama-sama ngucapin, ehehehe. Saya pun langsung menjawab pertanyaan dia, “Alhamdulillah, belum banyak, tapi cukup. Mau minta kado?”

“Ng… Iya…”

“Untuk anak kesayangan, boleh kok. Mau kado apa?” tanya saya tulus. Ada jeda beberapa detik dan terdengar rusuh di sekitar dia. Saya dengar abang dan adiknya berbisik, ibunya pun ikut-ikutan berbisik ‘udah, bilang aja biar dibeliin’ dengan rusuh. Setelah mencipta senyap, Alim pun memberanikan diri dengan bilang, “Aku mau dibeliin mobil beneran.”

“…”

Lalu telepon terputus dan saya masih terbengong-bengong. Dan karena percakapan itu pun, saya jadi kepikiran ; mobil apa sih yang bagus? Mobil apa yang pajaknya ringan? Yang ramah lingkungan? Yang bisa memuat banyak orang? Mobil itu yang harus diperhatikan apanya aja sih? Mobil apa yang lagi up-to-date?

Allah menjawab kebingungan saya.



Pas banget, tanggal 20 - 30 Agustus ini ada acara Gaikindo Indonesia Iinternational Autoshow (GIIAS) di ICE BSD City - Tangerang, yang mengusung tema Smart Mobility for The Future. Saya pun nggak mau kehilangan momen, ikut datang pas tanggal 22 Agustus, mengunjungi pameran otomotif ini. Semula sempat panik karena lokasinya ada di galaksi sebelah, perlu kendaraan spesial nih, untuk sampai ke sana. Eh, ternyata sama acara GIIAS ini disediakan transportasi gratis, ada shuttle bus dan go-jek khusus yang ditempatkan di beberapa titik. Saya berangakat ngikut shuttle bus dari Depok, sendirian. Lalu kenalan dengan penumpang sebelah, namanya Pak Ari. Beliau bersama anaknya juga berencana lihat-lihat mobil di GIIAS. Selama perjalanan yang memakan waktu tiga jam itu pun kami manfaatkan untuk membahas soal pajak, asuransi, tower, perbedaan mobil dari beberapa negara, dan juga otomotif dari segi body, mesin, dll. Eh, bahasannya berat amat :)) . Ohya, saya juga ingat kata Pak Ari, kalau mau beli mobil harus perhatikan empat hal ini ;

1. Lihat ‘jeroan’ mesin mobilnya.
2. Pahami bagian fungsional dari mobil tersebut.
3. Cari tahu pajak mobilnya berapa.
4. Lihat body-nya.

Tiga jam kemudian, shuttle bus kami akhirnya sampai. FYI, nih, Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang ada di BSD City ini merupakan pusat ekshibisi dan konvensi dengan luas area terbesar di Asia Tenggara, lho. Ada 10 hall, 1 convention center, dan 33 meeting room, yang dibangun di atas total area 220.000 m2. Wajib banget kan, dianggap sebagai kebanggan bagi Indonesia di mata dunia. Dan, oh! Begitu saya masuk, mata langsung dimanjakan sama berbagai jenis dan merk mobil juga motor yang sudah nggak diragukan kualitasnya.

Setelah muter-muter dari hall 1 sampai hall 10, mata saya nggak lepas dari booth-nya PT Toyota-Astra yang lokasinya ada di ujung hall 10. Booth ini luasnya 3.454,5 m2 dan mengusung tema “Beyond Mobility” yang sejalan dengan tema GIIAS. Dari tema tersebut, Toyota menunjukan posisinya yang terdepan dalam pengembangan mobilitas masa depan, Advanced, Young, Hi-Tech, melalui kendaraan dengan teknologi paling aman dan ramah lingkungan. Waw, amazing!

Di booth ini kita bisa lihat ‘jeroan’ Toyota, bisa lihat langsung mesin Duall VVT-i, Valvematic, VNTurbo, Hybrid, dan Fuel Cell. Terus dibolehin coba-coba masuk ke dalam mobil, bisa lihat generasi Toyota karena ada space khusus yang isinya mobil Kijang genrasi pertama, disediain kids-corner, diadakan games, bagi-bagi boneka sebagai gimmick, ada LED screen yang mempresentasikan semangat Toyota untuk selalu move beyond, dan yang lebih penting, SPG-nya semua ramah dan senyum selalu. S e m p u r n a .
Oh satu lagi, di booth Toyota ini dibagi jadi beberapa bagian berdasarkan warna, kamu bisa lihat fotonya di bawah ini. 



Warna biru adalah area FUTURE yang menyediakan display mobil Hybrid Toyota, kelengkapan engine, dan special exhibit ; mobil fuell cell sedan MIRAI. Untuk warna merah dan oranye, merupakan area EXCITEMENT yang men-display mobil-mobil exciting seperti Yaris, Vios, Altis, Grand New Avanza, Grand New Veloz, dan Etios. Di booth comercial ada kendaraan niaga seperti Dyna, HiAce, Hilux, yang mana mobil tersebut menjadi salah satu roda penggerak perekonomian di Indonesia. Dan di atas yang warna putih, ada mobil imut banget yang kalau saya ada cukup uang, nggak banyak mikir bakalan mau langsung beli. Itu tuh yang kecil, namanya I-road, personal mobility dengan electric technology. Nah, totalnya ada 39 unit produk di booth Toyota mulai dari segmen LCGC (Agya) sampai MPV Premium (Alphard).

Jadi, mobil Toyota jenis apa yang memikat hati saya?

Banyak banget yang bagus, ya. tapi ada yang menarik perhatian saya di zona yang merah dan oranye, yaitu Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Kenapa dengan dua mobil ini? Simak, ya. Akan saya bahas satu-persatu.



Grand New Veloz ini penyempurnaan dari Veloz yang lama, dan yang baru ini menonjolkan desain yang sporty dan kokoh. Yang berbeda dari mobil sebelumnya ada di bagian kap mesin, bumper depan, headlamp, finder, dan lampu di garnish belakang. Kabarnya sih, dijual dengan harga Rp 204.200.000 – Rp 226.900.000. Toyota Grand New Veloz such the real MPV! Here the list ;

Stylish and sporty,
Mika dan lampu lens garnish berwarna gelap,
Lampu depan menggunakan diamond cut reflector,
Menggunakan teknologi dual VVT-I,
More safety, comfortable, and up-to-date, 
Kapasitas mesin 1300 cc bertransmisi manual,
Dsb.

Lain lagi dengan Mobil Grand New Avanza. Ini juga penyempurnaan dari Avanza lama mulai dari eksterior, interior, sumber tenaga, sampai fitur safety. Saking penasarannya, saya langsung pindai semua mulai dari body, mesin, dan jok dalamnya gimana. Oh wow, so Tough and Sophiscated. Well, Please don’t judge my happy-face, LOL. 




Setelah nyobain, saya dapat informasi tentang kelebihan Grand New Avanza. Nih rangkumannya ;

Anti banjir. Ini karena engine hood terletak di atas banget, sehingga kalau air naik sampai grill, nggak akan masalah,
Bentuk lampu depan lebih pipih, bagian atas headlamp,
AC dilengkapi Air Fresh Lever untuk memasukkan udara segar dari luar,
Safety-belt disediakan untuk 7 orang, available juga di kursi tengah,
Immobilizer,
Side impact beam,
Cabin lebih kedap,
Mesin baru (dual VVT-I),
Kursi belakang bisa dilipat dua kali,
Comfortable suspension,
Dsb.

Overall, saya suka sama keduanya, sih. Mungkin bisa minta salah satunya buat jadi mahar saya? Eh :)))))))))))) . Kayaknya esok saya mau ke GIIAS lagi sambil ajak Alim –keponakan yang tadi minta mobil, untuk ngasih lihat Grand New Veloz dan Grand New Avanza ke dia. Anw, gimana, kalau kamu tertarik sama Grand New Veloz atau Grand New Avanza? Lemme know, ya. Toyota memang nggak ada duanya! Let’s Go Beyond.

85 comments:

  1. Veloz sama Avanza emang kelas family banget. Enak buat diajak jalan bareng keluarga. Terutama yang anggota keluarganya banyak nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu gamau beliin buat aku, Mz? Untuk masa depan kita qaq..

      Delete
    2. Jadi kamu mau selingkuh sama dia? oke FINE!

      Delete
    3. Kita bahagia bersama-sama saja mz...

      Delete
  2. Bagasinya bisa lebih muat banyak barang ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, betul banget. Karena bagian belakang joknya bisa dilipat, jadi lebih mudah mau bawa barang lebih banyak atau lebih besar. Aku suka banget sama kedua mobil ini :)

      Delete
  3. new avanza keren banget ya mbak...mobil lama jual dan beli mobil baru harus kita beli..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, dan ini tuh "dipecah" jadi ada grand new avanza dan grand new veloz, mana pas aku cobain, itu enak banget dalemnya, berasa luas, hahaha. Ayo mobil lama jual aja, kak.. Ganti sama yang ini :)

      Delete
  4. aku gak ngerti banget mobil sih, tapi setauku kalo avanza itu family car banget ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak, bener. Awalnya aku juga ga begitu paham mobil, tapi pas cek sana-sini, mulai ngerti soal mobil. Keluaran Toyota ini menjawab kebutuhan keluarga banget :))

      Delete
    2. Toyota emang rajanya mobil keluarga :D

      Delete
  5. Lampunya ngikutin camry ama yaris baru :D

    Tpi kualitas material mobil ini -_-

    Profil bannya jga -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu Yaris emang cakep, aku suka banget sama Yaris. Sama ada keluaran barunya, Mirai yang cakep juga. Tapi kalau mobil urusannya lebih dari sekadar cakep ya. Kualitas juga harus dilihat :)

      Delete
    2. Gril kumisnya itu yg bikin sangar :D

      Eh uni maren bneran pulang dari giias naek shuttle bus cuma sejaman?

      Delete
    3. Tapi ini pajaknya gede ya?

      Pergi tiga jam, pulang sejam setengah, hehe. Kalau mau cepat lagi naik Gojek aja, disediain gratis di ICE.

      Delete
  6. Oh, ini toh acara yang Uni bilang. Hahaha. Ajak-ajak dong kalo ada acara kayak gini. :p

    Sumpah, bingung mau komen apaan. Nggak paham tentang mobil habisnya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih ayo ke siniii, masih ada waktu sampai 30 Agustus kok. Aku besok juga mau ke sana lagi kayaknya, pengin main games biar dapet boneka (*.*)9

      Delete
  7. keknya ga sih, tapi Yaris kurang bgt dz buat jadiin family car

    dz fasilitas shuttle busnya apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada fasilitas, AC jg ga kenceng. Yang penting gratis :))

      Delete
  8. anti banjirnya kayanya cocok ya kalau dipakai di Jakarta :D ulasannya bagus, Uni. Ponakannya hebat mintanya gak tanggung-tanggung hahahaa..
    Semoga kesampaian maharnya mobil mewah ini hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Toyota paham banget soal kebutuhan konsumen di Indonesia, ya. Jadi kalau punya ini mobil kita ga perlu cemas kalau dipakai pas banjir :)))))

      Ehehehee iyaaa, amiiiiin.

      Delete
  9. Itu ponakan minta mobil? Wah, semoga kesampean ya maharnya mobil.. Avanza juga bagus ato Toyota Yaris, mobil keluarga..

    Btw, salam kenal ya Uni.. Thx tadi udah komen di blog saya (Ariel Sadewa a.k.a Wayang Baja).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :( dia dibeliin mobil hotwheels atau mobilan gitu gamau, mintanya mobil x) . Dan kalau mahar, duh, jgn deh ini kemahalan :))))

      Salam kenal juga, kak! Semoga betah mampir ke sini :)

      Delete
  10. Toyota veloz sama avanza sebenarnya bagusan mana mbak? itu tipikal mobil keluarga banget tuh.. kalo anak muda biasanya toyota yaris :D

    http://sastraananta.blogspot.com/2015/08/peluang-keuntungan-bernama-investasi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin aku bilang ke temanku pengin Yaris, kata dia kalau Yaris pajaknya mahal :D Tapi kalau disuruh milih, Veloz kayaknya Oke, body-nya kokoh.

      Delete
  11. belum cukup uang buat beli mobil dan yang mewah lain
    tapi kalau boleh milih. saya milih mobil yang agak klasik gitu. Kayak VW kodok, VW kompi. lebih bagus kalau ada yang chevrollet hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, aku juga banget sama mobil keluaran lama dan antik itu . tapi, kata Pak Ari yang ngobrol sama aku di bus, mobil keluaran Eropa gitu mahal pajaknya di Indonesia. Kalau sanggup bayar, ayo kita pakai itu! :))

      Delete
    2. iya besar pajaknya

      tpi kalau punya uang kenapa gk sih buat kesukaan.
      namun sayang. saya gk punya uang buat beli

      Delete
  12. Itu ponakannya antara gaul dan gak sopan gitu ya, masa manggilnya kamu. Hehe, tapi kalo langsung dibeliin mobil aku jadi pingin ngelamar jadi ponakannya kak Uni deh.

    Wah kemarin sempet tau tuh acara pamerannya, ada JKT48 disana tapi di booth sebelah sih. Mobilnya keren-keren ya terus yang anti banjir itu cocok sama kondisi di Indonesia yang rawan banjir. Tapi harganya itu lho, gak kuat ngebayanginnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha iyaaaa, ponakan semua manggilnya "kamu" karena kebiasaan aku-kamu-an sama mereka, dan aku posisinya dibikin jd temen biar mereka enak kalo curhat2 x)

      Ayo kerja yang rajin biar bsa beli mobil :)

      Delete
    2. Oh iya, soal JKT 48, mereka tu suaranya bagus ya, cantik-cantik pun. Sukaaa ih >.<

      Delete
  13. gag begitu ngerti sama mobil gue.. nama-namanya juga gag hafal..
    mungkin diantara temen-temen kampus gue, gue lah yg paling gag tau soal mobil.. hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kak kalau ga paham banget tentang mobil, yang penting selalu paham maunya pasangan. Eh :))

      Delete
  14. Nabung dulu ah buat beli mobil keluarga HAHAHA

    ReplyDelete
  15. Mas veloz itu avanza yg paling mahal :D

    Yaris kan kualitas eropa dz ga heran harganya mahal :D

    Tpi mending yaris si, swift jazz saingannya meragukan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada second-nya Grand New Veloz belum, ya? Hahaha

      Delete
  16. kapan saya bisa beli mobil #ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ada waktunya, kak. Tuhan nggak pernah pelit ngasih rezeki :)

      Delete
  17. udahlah dz :D

    tpi harga sekennya avanza termasuk tinggi -_-

    ReplyDelete
  18. Veloz sama avanza bkannya sama ya?? Aku gabisa bedain mana avanza baru mana avanza lama, soalnya sama aja prsaan bntuknya? Apa akunya aja kali yg krg meratiin? Haha.
    Wahhh.. Anti banjir?? Mantep jg nihh.. Jd kalo kejebak banjir di Jakarta lgsg troboss aja deh :D kalo banjirnya gak dalem sih.. Kalo se-leher mah aku gatau dah._.

    Ini acara pameran mobil doang kan kak? Apa ada hiburan lain? Mana enak bgt itu ada transportasi gojek sm shuttle bus. Kalo yg gamau beli mobil trs pgn ksitu gimana?._.

    Ponakannya mantep abis tuh mnta nya mobil bneran, emg umurnya brp taun kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Avanza sama Veloz sama, tapi ini inovasi baru dari Toyota, dibuat yang dipisah. Jadi ada dua produk baru ; Grand New Veloz dan Grand New Avanza dengan kualitas keduanya kurang lebih sama dan nggak banyak beda, tapi banyak bedanya sama mobil keluaran lama. Bedanya paling body Veloz lebih sporty kalau Avanza more sophisticated.

      Bener banget kak, ini cuma pameran otomotif, ada mobil sama motor. Aku kemarin datang ke sana juga tapi ga beli apa pun kok. Jadi kalau mau ke sana, bebaaaas dan boleh sama siapa aja. Palingan ada games-games seru gitu buat gimmick. Aku aja dapat boneka di booth Toyota :))) Yuk, ke sana! :))

      Ponakanku masih umur tiga tahun ._. Ini pasti korban iklan deh, dia. Haha

      Delete
  19. Hallo kakak. Apakabarnya? Sudah lama sekali Pangeran tidak bisa nimbrung di sini lagi. Akhirnya kakak kembali dari lengangnya hidup. "Halah."

    Oke, ini ceritanya jalan-jalan sambil cobain beberapa produk toyota, ya? Keren ya, keknya. Bisa istilahnya mereview ulang, karena jelas ada banyak pengetahuan yang bisa kita dapet soal mobil, kalo jalan-jalan ke tempat kek gini.

    Gue sih, pengennya langsung beli. Tapi............................. mobilnya selalu habis pas mau beli. Pengennya warna Orange, selalu aja gak ada. -_- :D

    Kalo soal Avanza, emang mobil yg pas buat keluarga. Apalagi keluarganya 2 lusin.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih pangeran lama nggak main ke sini... Aku juga baru muncul lagi sihh, hahaha.

      Dua lusin ._. Udah kayak se-RT itu sih. Tapi memang ini family car banget ya, haha. Doain biar aku bisa beli salah satunya ya..

      Delete
  20. Jadiii... akhirnya dibeliin mobil, nih? Saya suka yang Veloz ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secepatnya, kalau ada rezeki. Doain ya kak biar terealisasikan. Aku sayang banget sama ponakank, bawaannya pengin beliin apa yang dia minta :))

      Delete
  21. Nggak tau tentang mobil, nggak tau jenisjenisnya, nggak tau kelebihan-kelebihannya. Tapi kalo suruh milih kedua yang dijelasin diatas itu kok aku lebih suka yang kedua ya. Alesanya karena disini kadang banjir, jadi nggak masalah, ngga takut mogok nantinya. Hahahaha

    Eh btw Uni itu nama atau panggilan kakak ya? Kayaknya Uni itu kakak ya, jadi aku nggak perlu panggil kak uni. Atau uni itu nama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uni itu artinya kakak, bukan nama, jadi panggilnya Dza aja kak, hehehe.

      Iya, kalau mau fungsional sih ya Avanza. Tapi Veloz ini kokoh banget karena desainnya sporty gitu.

      Delete
  22. mobil Toyota emang keren...keren... jadi pengen punya salah satunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, hehe. Bantu doa ya biar aku bisa beliin untuk ponakanku, someday.

      Delete
  23. Kalo saya mupeng berrratt sama Grand New Veloz nya Mbak. Luar biasa banget, dengan kualitas premium banget harganya bisa sama dengan mobil keluaran merek yang ada di sebrangnya. Hehhe. Alim pasti seneng lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah bilang ke orangtuanya Alim, supaya beli Veloz aja. Tapi kayaknya orangtua dia maunya yang classy gitu kayak Avanza. Doakan biar kebeli secepatnya ya :)

      Delete
  24. Buat aku si Veloz lebih classy, tampilan depannya aja beda banget sama Avanza :D
    moga moga kesampaian ya Uni ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Classy, sporty, and good looking ya, mbak :)) Ternyata ini mobil mahal banget, hahaha. Pengin cepet kaya ya allah...

      Delete
  25. wow, maket yang di foto itu keren mbak
    kayak hot wheel di rumah, tapi ini versi aslinya
    he he eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaaaaaaah bener banget kak! Waktu ponakanku lihat juga dia bilangnya mirip sama hot wheel. Tapi ini versi benerannya dan lebih puas, hahaha. Sementara ini uanglu masih sanggupnya beli hot wheel, blm mobil baru :(

      Delete
  26. Replies
    1. Jadi kita bisa percayakan ke Toyota ya kalau urusan mobil, hehehe . Karena mereka juga track record-nya udah bagus

      Delete
  27. avanza makin kesini makin keren aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toyota memang selalu berinovasi demi kenyamanan penggunanya :)

      Delete
  28. masih ada satu hari besok, layak untuk memastikana pilih veloz atau avanza :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak, pilih yg mana? Aku udah jatuh cinta banget sih sama Grand New Avanza nih. Nunggu rezekinya cukup dulu

      Delete
  29. disini banyak bener ye yg demen si kaleng krupuk :v

    Dz mampir yak :D

    http://the-power-of-r.blogspot.com/2015/08/giias-2015.html

    ReplyDelete
  30. cuuus nabung aaaah buat ganti avanza dirumah jadi grand new avanza hahahha...

    http://www.ivegotago.com/2015/08/stylish-dan-modern-grand-new-veloz.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ayok, yang lama jual aja lalu ganti ke Grand New Avanza :))

      Delete
  31. Keren ya Safety-belt disediakan untuk 7 orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe iya, Toyota memang mengerti banget kebutuhan konsumen

      Delete
  32. Nyahaha...kalo saya selain suka sama pasangan saya, juga suka sama Veloz merah mbaa :D
    Bolehkan saya selingkuh sama Veloz merah? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya untuk kasus ini, boleh, hehehe. Atau ajak pasangannya mbak Dewi untuk ikut suka Veloz juga :D

      Delete
  33. Ooh avanza itu keluaran toyota ya... Duh bener-bener gak paham soal mobil. Hahaha kirain toyota cuma ngeluarin truck doang. ��

    Kalo sekarang sih bagusnya pilih yg hybrid ya, yg ramah lingkungan gitu.. Cuma ya gitu.. Harganya gak bersahabat dengan lingkungan kantong. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheh iyaaa kak bener banget. Harganya masih kelas atas sih. Someday aku juha pengin banget beli yang ramah lingkungan, atau yg City Car kayak Agya atau Ayla yang keluaran Toyota juga..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  34. Postingan kamu anti mainstream banget uni soal mobil mlbilan gini. Hihi, gara gara terinspirasi dri keponakan yg mnta dibeliin mobil benran ya..kamu juga tgl dj wilayah jakarta yaaa..sama dong. Kapan kapan ketemuan yuuukk..hehehehe..

    Udah pas kok punya mobilnya, udah foto foto juga. Nabung yuuuukk Uni! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hahaha karena keponakan aku minta, jadinya aku kepikiran juga untuk "melek" soal mobil hehehe. Nanyi ketemuan kalo aku udh punya Veloz, ya :D

      Delete
  35. Toyota melalui Veloz, makin mengukuhkan diri sebagai produsen mobil keluarga pilihan nomer satu di Indonesia.Terus menyajikan pembaruan2 di setiap kemunculannya. Keren. Sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz jadi pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener sekali mbak Donna, setuju. Aku juga akhirnya menyarankan kakakku untuk beli grand new veloz. Anw thanks for stopping by :)

      Delete
  36. Naksir bangeeet sama Veloz, sporty dan stylish abiis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kokoh banget kelihatannya :) tapi harganya kelas atas :(

      Delete
    2. Iya, kokoh banget kelihatannya :) tapi harganya kelas atas :(

      Delete
  37. Mantap... salut sama teknologi Dual VVTI-nya....

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)