Skip to main content

[Book Review 2015 – 04] A Week Long Journey : Follow Your Dreams, They will Find Their Way






Judul : A Week Long Journey
Penulis : Altami N. D
Editor : Didiet Prihastuti
Proofreader : Lana
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-1299-6
Tebal : 256 halaman;20 cm
Kategori : Young Adult, Teens, Novel, Fiksi

Blurb :

Lina Budiawan baru saja lulus SMA dan dihadapkan pada kenyataan bahwa dia harus masuk ke fakultas yang tidak sesuai dengan minatnya karena orangtuanya menganggap jurusan itu memiliki masa depan yang cerah dibanding passion-nya, menulis.

Namun, Lina tetap tidak rela melepaskan genggaman pada mimpinya. Ketika dia dikelililngi orang-orang yang terus-menerus bicara mengenai bidang yang tidak sedikit pun Lina minati, justru semakin erat dia mencengkeram obsesi menulisnya. Meski harus mengesampingkan keluarganya.

Hingga liburan selama seminggu di Hong Kong menguak semua rahasia dan cerita lama yang tidak pernah Lina ketahui tentang sejarah keluarganya. Lina pun harus berpikir ulang. Menjadi idealis atau realistis?



~

Baru dua jam yang lalu saya selesai membaca buku A week Long Journey dan nggak salah menjadikan buku itu sebagai pilihan bacaan minggu ini. Aaaaak! Kakak, your first baby so awesome! Membaca buku ini buat saya kayak ditampar secara terang-terangan karena in fact, saya pun sedang dalam fase seperti si tokoh utama yang bingung harus idealis atau realistis, bingung harus nerusin bisnis orangtua apa bertahan dengan passion sendiri, hahah. Oke skip curcolnya, mari baca review saya mengenai buku ini.

“Money can’t buy happiness, Ma.”

“Money can buy Mercedez Benz, travelling, Gucci, and big house, Ling.”

(hlm.130) 


Ketika membaca judulnya, saya sempat skeptis karena mengira ini akan jadi cerita klasik macam tokoh kaya raya yang melakukan perjalanan, terus menemukan cinta dengan kalangan menengah ke bawah kemudian berakhir happy ending, karena genre buku ini adalah YA. O, rupanya saya salah besar. Main idea dalam buku ini berkisah tentang seorang anak bernama Lina, yang punya mimpi besar untuk mewujudkan sesuatu yang dia inginkan, tetapi harus mengambil jurusan kuliah yang berbeda dari passion-nya. Dan ‘week’ dalam judul buku ini menjadi penunjuk bahwa Lina akan melakukan perjalanan selama satu minggu. Lalu dalam perjalanan tersebut, semua benang merah yang tidak terpikirkan oleh Lina mulai menemukan titik temu, dan hal-hal yang nggak dia tahu sebelumnya perlahan terkuak. Liburan selama sepekan itu pun menjadi introspeksi tersendiri bagi Lina, sehingga dia mulai sadar tujuan hidupnya akan ke mana. 

“Kalau mau jadi orang hebat itu memang susah, nggak semudah membalikan telapak tangan, tapi ya nggak sesulit memindahkan gunung.” – Ayi Jaya (hlm.169).


Saya suka sekali sama cover bukunya yang simpel, mudah terbaca, pun pilihan warna biru langitnya punya fiososfi tersendiri yang berkaitan dengan jalan cerita. Layout bukunya juga rapi, dengan bunga sakura dan rumput bambu, khas tumbuhan dari negara yang menjadi destinasi Lina, si tokoh utama. Sayangnya dalam penulisan, saya masih menemukan typo, kesalahan tanda baca, pun banyak antar kata yang tidak di spasi seperti ;

- “s” ini maksudnya sedang atau salah ketik? (hlm.192), 
- “papantanya” seharusnya papanya (hlm.224), 
- “mendugaLina” (hlm.246), 
- “dancinta” (hlm.249), 


- itumerupakan, harusnya itu merupakan (hlm. 22),
- mama, harusnya Mama. (hlm. 20, 21),

- berhasilmenguasai (hlm. 65),
- itudari, harusnya itu dari (hlm. 66),
- Lina menjadi air hangat setelah ayi Jaya mandi. Menjadi harusnya mandi (hlm. 74),
- tubuhnyanya, harusnya tubuhnya (hlm. 79),
- Damn why it is si hard for me. Si harusnya so (hlm. 131),
- Menutunya, harusnya menutupnya (hlm. 162),
- dia terimanya, harusnya dia terima (hlm. 171),
- stasiunMTR, harusnya stasiun MTR (hlm. 177),
- maafatas, harusnya maaf atas (hlm. 201),
- jangan itu dong! Harusnya jangan gitu dong! (hlm. 206),
- “untuk menerima kesalahpahamannya selama ini, ujar Rita”. Harusnya “untuk menerima kesalahpahamannya selama ini,” ujar Rita. (hal, 209),

Serta ada penggunaan kata yang tidak sesuai KBBI seperti “pengen”, “temen-temen”, catetan, harusnya catatan (hlm. 135), catetanku, harusnya catatanku (hlm. 139), pemales, harusnya pemalas (hlm. 156),“di pajang” seharusnya dipajang (hlm.137), “kemana-mana” seharusnya ke mana-mana (hlm. 145), makannya, harusnya makanya (hlm. 57), juga adanya penggunaan huruf kapital yang tidak pada tempatnya.

Penggunaan bahasa yang ringan, lugas, dan apa adanya memudahkan pembaca memahami isi hati Lina dan dengan cepat memahami jalan cerita meskipun alurnya maju-mundur-maju. Well, kesalahan tanda baca dan EYD dapat tertutup dengan isi cerita yang menarik dan bisa bikin saya terharu bacanya di beberapa bab terakhir! Sayangnya, peran narator serba tahu mengambil bagian begitu banyak dalam buku ini sehigga karakter lain hanya seperti tempelan saja karena tidak terlalu kuat menampakkan diri, dan narator terlalu banyak ‘tell’ mengenai fisik, lokasi, kejadian –yang membuat buku ini sedikit membosankan di bab-bab awal.

Overall buku ini bagus dan perlu dibaca buat orang yang masih galau antara harus realistis atau menjadi idealis, hihi. Last but not least, buku ini membuat saya berpikir kalau… sepertinya saya harus meneruskan bisnis orangtua dan meninggalkan passion saya, ha-ha. 3 bintang dari 5, untuk bukunya. 


“Idealisme tidak mungkin terwujud kalau realitas tidak mendukung.  Karena itulah dunia membutuhkan orang-orang yang bisa menyatukan idealisme dan realita. Ketika dua hal yang tampak berbeda itu menyatu, kita bisa menyebutnya mimpi yang menjadi kenyataan.” (hlm.249)

Comments

  1. Akuuuuuu kenaaal sama kakak penulisnya loooh. Dan sudah punya buku nya jugak.

    ReplyDelete
  2. There are so many great ways to get a higher books! All these services are high quality and provided as way for students to get help when needed. Best dissertation help services in UK this is a good post with some often overlooked resources for students!

    ReplyDelete
  3. Your blog is good and i have get good idea of books and i will try to get these type of books for me and for my friends... Cheap Dissertation Writing Service

    ReplyDelete
  4. This is an amazing blog, keep it up for writing this kind of valuable blog and give us knowledgeable information. Visit for
    Web Design Company in Delhi

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…