Skip to main content

Jakarta Modest Fashion Week - Exlusive Report


Jakarta Modest Fashion Week by unidzalika


Sudah hampir setahun saya tidak menghadiri acara fashion show atau apa pun yang berhubungan dengan outfit karena sedang menemukan hal baru yang digemari: making a good flatlay. Tapi saya berkesempatan hadir sebagai bagian dari perwakilan Blogger Crony dalam acara Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 di Gandaria City yang digelar pada 26-29 Juli 2018 lalu.

Sebelum di Jakarta, Modest Fashion Events digelar di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yang mana ajang tersebut khusus menampilkan kreativitas para desainer di bidang modest fashion. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Modest Fashion Week. Alasannya cukup sederhana, karena founder Modest Fashion Week Global, Franka Soeria, merupakan orang Indonesia dan beliau berpikir sudah saatnya Negara asal menjadi tuan rumah.

Nah, di Jakarta ini turut serta belasan influencer yang tampil mewakili 21 negara, puluhan desainer lokal dan desainer internasional menampilkan lebih dari 25 peragaan busana, dan diramaikan dengan adanya 50 brand booth. Karena jadwal saya kebetulan padat di pekan itu, sayangnya hanya bisa hadir pada tanggal 27 Juli dan menyaksikan berbagai acara selama setengah hari dari pukul 10 pagi sampai 20.00 WIB. 

Acara JMFW digarap oleh Think Fashion di bawah naungan Modest Fashion Week Global, bersama dengan Markamarie Creative sebagai local partner, dan juga bekerjasama dengan Metro Department Store sebagai bentuk dukungan terhadap desainer tanah air (sekalipun desainer mancanegara juga turut menampilkan koleksinya).

Karena menggandeng Metro Department Store inilah, #JMFW menghadirkan JMFW Points di beberapa titik Metro di Indonesia yaitu di Gandaria City, Trans Mall Bandung, Pondok Indah Mall dan Plaza Senayan. Lantas, apa saja kegiatan JMFW di tanggal 27 Juli?


Dimulai pukul 13.50-14.30, acara workshop with Influencer dihadiri oleh Fenita Arie –seorang seleb yang baru saja memutuskan untuk berhijab dan meningalkan pekerjaannya sebagai pembawa acara infotaimen, Shums dari Maldives, dan Yasmin Jay dari Aussie. Selanjutnya talkshow dari berbagai desainer yaitu S by Samar dari Jordan, Divinity Collection dari Aussie, L.Tru X Fenita Arie dari Indonesia, Desert Cove, Yours Truly dari Kanada, dan SAYEE dari Korea.






Acara dilanjut dengan demo Makeup dari Wardah yang juga dihadiri oleh Kak Suhay Salim!!! Sebagai pengangguran yang selalu menghabiskan kuota internet dengan menonton tayangan YT Kak Suhay, senang sekali saat melihat beliau. Di sana kak Suhailah bercerita bahwa produ Wardah cukup pigmented untuk dipakai dalam mengaplikasikan makeup.

Demo makeup yang dilakukan oleh tim wardah kali itu bertema Summer Look yang mana modelnya memiliki bekas jerawat dan beberapa hal yang harus ditutupi. Konsep summer ini pun diperlihatkan dengan adanya paduan warnya oranye dan kuning. Selain itu, saya juga meliat bahwa complexion Wardah cukup medium to high karena mampu menutupi ketidaksempurnaan wajah.

Kak Suhay juga memberikan tips bagaimana seharusnya berdandan, dan yang paling saya ingat adalah cara melukis alis. “Jangan menentang apa yang sudah Tuhan kasih,” katanya. Maksudnya adalah saat menggambar kita cukup menyesuaikan dengan garis yang sudah ada tidak perlu dilengkung- menukik-atau apalah karena akan lebih sulit lagi kedepannyauntuk membuat wajah tampak professional.

Oke, pembahasan soal fashion mulai melenceng ke makeup. Let’s move to the next topics.





Saya pun menyaksikan pagelaran Fashion Show : PARADISE FASHION SHOW 7 2MADISON EVENUE EXCLUSIVE SHOW pukul 16.20 WIB di main atrium Gandaria City. Yang tadi siang ada talkshow-nya, sore ini mereka menampilkan karya-karyanya yang luar biasa dan mengaggumkan. Secara bergantian, model satu persatu datang memamerkan karya para desainer dari S by Samar dari Jordan, Divinity Collection dari Aussie, L.Tru X Fenita Arie dari Indonesia, Desert Cove, Yours Truly dari Kanada, dan SAYEE dari Korea, dan di ending 2Madison Aveue dari Indonesia.

Menjelang malam, saya sudah mau pulang mengingat perjalanan ke rumah sangat jauh, tapi Mbak Wawa – founder Blogger Crony menahan kami agar tidak pulang dulu dan beliau bilang yang selanjutnya akan lebih seru, sayang jika dilewatkan.

Dan ternyata benaaaar, talkshow selanjutnya sangat bagus!!!



Talkshow bertajuk USE YOUR INFLUENCE FOR GOOD dihadiri oleh Dr.Passant Saleh dari Mesir, Isra Chaker dari USA, Diana Damrawi dari UAE, dan Muna Jama dari UK. Para perempuan powerful ini berbagi kisah bagaimana mereka memperjuangkan hak sebagai wanita muslimah di Negara minoritas.

Bukan hanya itu, mereka pun mengatakan bahwa sebagai influencer harus bisa memberikan edukasi yang baik bagaimana menaikan derajat dan berani speak up sekalipun kamu adalah perempuan. Misalnya seperti Muna Jama –yang dulu sempat gempar karena saat Miss Universe beliau satu-satunya orang yang menggunakan kaftan saat semuanya memakai bikini dan tidak merasa minder atau untuk tampil berbeda.

Ini juga yang menjadi pelajaran berharga bagi saya, bahwa kita harus ingat, influencer sebetulnya bukan sekadar memamerkan apa yang dia pakai, apa yang dia punya, apa yang dia beli dan gunakan. Kita harus berbagi hal positif sekecil apa pun itu.

Acara JMFW ini bagi saya bukan sekadar pagelaran busana di mana setelahnya kita mendapat inspirasi untuk tampil seperti apa, tapi banyak hal yang memberikan inspirasi bahkan di luar fashion itu sendiri. Semoga di lain negara nanti acaranya sama seru dan menyenangkan seperti ini, dan semoga kelak saya bisa hadir menyaksikannya.



Terima kasih banyak untuk Blogger Crony, Think Fashion, Markamarie Creative, dan Metro Department Store atas undangan dan pagelaran acaranya yang mengagumkan!

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…