FWD Fashion Rocks Bebaskan Langkah Tetap Syariah



Hi, Assalamualaikum,
Jumat lalu setelah pulang dari kantor OPini.id saya menghadiri acara fashion show kolaborasi FWD Life dan Hard Rock FM. Kegiatan ini mendukung industri fashion di Indonesia dengan menggandeng desainer Indonesia ternama Barli Asmara yang mengusung tema “FWD Fashion Rock - Bebaskan Langkah, Tetap Syariah”. Not only Barli Asma who made me so excited, but also the theme that they used really fits on me. Saya penasaran sekali akan seperti apa koleksi Kak Barli Asmara yang mengusung tema syariah.




Di masa sekarang, dunia fashion memang mulai berani berekspresi. Sayangnya, menurut saya kadang-kadang batasnya kelewatan atau tersamarkan. Saking ekspresifnya seseorang dalam berpakaian, kita seringkali lupa dengan aturan-aturan yang sudah ada, khususnya sebagai perempuan yang beragama muslim, ya. Misalnya, memakai pakaian yang modis tapi membentuk lekuk tubuh (terlalu ketat), terawang, rombeng-rombng (bolong atau sobek sebagai style) tapi tidak dilapisi lagi sehingga auratnya terlihat, atau tabaruj (berlebihan) dengan terlalu banyak aksesori atau ornamen mewah sehingga saat memakainya jadi membut kesenjangan sosial.

Selain masih belajar lebih baik, saya juga tetap berusaha mempertahankan untuk berpakaian syar’i seperti mempertahankan memakai pakaian longgar, mengulur hijab sampai menutup dada, dan selalu memakai ciput smpai leher biar rambutnya tidak keluar dari kerudung. Apa yang kamu lihat di Instagram @unidzalika, seperti itulah pakaian saya sehari-harinya, sama persis.

Nah, tema “Bebaskan Langkah, Tetap Syariah” dalam fashion show kali ini membuat saya penasaran, syariah seperti apasih yang akan Kak Barli Asmara tampilkan? Apa sepeerti beberapa fashion designer ternama yang mengusung tema Sariah tapi terlalu mewah, atau terawang, atau ketat, atau benar syariah sesuai dengan ajaran agama Islam? Rasa penasaran tersebut belum terjawab karena acara yang dijanjikan mulai jam 7 ternyata terlambat jadi jam 8 malam.





Oh ya, sebelum acara fashion show berlangsung, sebelumnya pukul tiga sore ada press conference mengenai acara ini. Sore itu, Wakil Direktur Utama FWD Life -- Rudi Kamdani menjelaskan bahwa FWD Life dan Hard Rock FM memiliki kesamaan pandangan, dan secara konsisten mendukung passion masyarakat di Indonesia dalam industri fashion. Beliau juga mengatakan bangga dan bersyukur acara FWD Fashion Rocks dapat dilaksanakan dan menjadi bukti akan komitmen perusahaan yang selalu berinovasi dalam mengenalkan asuransi dengan cara menyenangkan dan dekat dengan gaya hidup masyarakat saat ini.

Sekilas Tentang FWD Life Indonesia


Nah, pas undangan datang ke surel saya, agak bingung juga ini apa yak kok acara fsahion show tapi ada perusahaan asuransi dan radio segala yang kerja sama? Apa nyambungnya ya? Dan berdasarkan penjelasan di atas saya baru tahu karena kesamaan visi-misi dan pandangan mereka yang sejalan, makanya dibuatlah kegiatan ini, yang ternyata sudah tahun ketujuh. Payah sekali Uni baru tahu.

Jadi, PT FWD Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Produk yang ditawarkan adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi. FWD Life juga sudah mendapatkan izin pendirian unit syariah pada 14 Juli 2015. FWD Group pun bukan hanya di Indonesia, tapi jaringannya sudah meluas sampai ke Hong Kong & Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Jepang. FWD Life juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sekilas Tentang 87.6 Hard Rock FM Jakarta 


Sebagai pelopor, 87.6 Hard Rock FM Jakarta selalu selangkah lebih maju dalam menyuguhkan tren-tren baru bagi pendengarnya, walaupun sejujurnya saya jarang dengar ini channel :D [ernah dengar beberapa kali ketika ada teman yang ngisi acara, tapi selebihnya jarang banget. Ternyata tren Hard Rock ini anak muda sekali karena berisi seputar fesyen, olahraga, gosip seputar selebriti, dan juga berita hangat lainnya yang akrab terjadi di sekitar kita.

Fashion Show sekaligus konser


Nah, tiba juga acarnya tepat pukul delapan malam. Saat pembukaan, ada beberapa talent yang mondar mandir di panggung dan itu dari tim Hard Rock Fm. Saya juga sempat mengabadikannya di Insta Storie @unidzalika dan twitter @unidzalika. And you know guys, acaranya akan diiringi oleh beberapa penyanyi yaiu Andien, StarsandRabiit, juga White Shoes, dan selama konser berlangsung, model-model yang memakai koleksi Barli Asmara ini mulai naik panggung. Amazing! Ternyata komitmen FWD Life Indonesia dan Hard Rock FM berhasil membuat kegiatan musik dan fashion yang dijadikan dalam satu momen. Sayangnya, karena pelataran berbentuk panggung square, saya yang duduk di belakang plus punya minus mata parah, jadi tidak dapat begitu jelas melihat atau memotret seluruh koleksi Kak BArli Asmara tersebut.



Foto Ka Andien diambil dari twitter FWD Life Indonesia


Kolaborasi mini konser dengan pertunjukan fesyen muslim modern ini, seperti yang sudah dijelaskan, katanya kan terinsipirasi dari produk asuransi jiwa syariah yaitu BEBAS IKHTIAR. Dan semua koleksi yang dikeluarkan betulan syari, tebal (tidak terawang), juga bagus di badan (badan modelnya ya belum tahu kalau badan kita) tapi tidak membentuk lekuk tubuh. Pilihan model dan cutting-nya juga sangat minimalis tapi elegan, dan sangat cantik.

Pagelaran dibagi dalam tiga sesi, di mana sesi pertama manggung The White Shoes and The Couples Company yang membawakan lagu terbaiknya, lalu muncul model-model yang bergantian naik turun panggung. Pada sesi ini, Kak Barli Asmara mengedepankan konsep ‘proteksi’ yang mana baju-bajunya menutupi tubuh sehingga bisa memberikan kesan perlindungan yang komprehensif seperti yang diberikan oleh produk Bebas Ikhtiar. Beberapa kolaksinya bahkan mengambil batik Jambi an membuatnya terihat begitu anggun, bikin saya kepengin nabung lalu mau beli koleksi tersebut.

Di sesi kedua, tampil Stars & Rabbit dan ini kali pertama saya melihatnya live perform. Ajaib, suaranya antimainstream tapi asik sekali di telinga, female singer-nya sangat menjiawi dalam bernyanyi, dan outfit yang dipakai dia lucuu :D Terus saaat saya perhatikan itu hampir semua orang yang berkumpul di Sarinah (pengunjung, bukan tamu undangan) ikut menyanyikan lagu yang sedang dibawakan. Di lagu kedua, model baru naik-turun panggung. Kabarnya, menurut ucapan MC-nya, ini adalah koleksi yang ingin menampilkan kesan mewah dan elegan (tapi tidak berlebihan) dan mengedepankan konsep ‘investasi jangka panjang’ yang memungkinkan individu untuk mendapatkan semakin banyak momen terbaik dalam hidupnya.

Pukul setengah sepuluh malam, Andien yang naik panggung. Menyanyikan lagu andalan dan lagu terbarunya, Andien tampil dengan outfit yang juga unik dan khas. Di sesi ketiga ini lebih mengedepankan konsep ‘celebrate living’ melalui desain yang chic dan up to date. Berbeda dengan koleksi yang ditampilakn sebelumnya, yang ini memang lebih chic, anak muda banget tapi tetap sopan dan rapi.  Penampilan modelnya dipadukan dengan scraft yang secara eksklusif didesain oleh Barli untuk FWD Life, dan gambarannya seperti yang saya pegang ini:




Oh ya, dengan panggung berentuk square dan pelataran yang tidak seperti acara fashion show biasanya, saya salut pada Edwan Handoko selaku koreografi, stylist Ajeng Svastiari, KAk BArli Asmara atas koleksinya yang menginspirasi, dan seluruh tim panitia FWD Life & Hard Rock FM yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Kekurangannya hanya di bagian telat acara dan kenapa bloggers & media ditaruh di belakang? T.T we can’t took any photos :( But overall, I was enjoyed the show. :)


21 comments:

  1. Aku juga terpesona dengan Star and Rabbits.. Gilaa keren banget. Senang juga dengan cara FWD Life menjelaskan asurasni dengan cara yang asik melalui fashion show :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur banget itu baru pertama saya lihat mereka dan ternyata bikin tergila-gila untuk dinikmati, langsung nyari ttg mereka haaha.

      Delete
  2. Baru pertamakali aku liat fashion show baju syari yang kece banget koleksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, yang kece banyak tapi yang kemarin itu memeang agak agak memukau ya, jadi pengin beli koleksinya huhu ~

      Delete
  3. Iya kemarin juga badu tau kalp asuransi FWD nampaknya muda sekali, stylish, cerah .. Jadi ga kaku layaknya produk perbankan lain, terbukti dari pemilihan artis2 nya yg out of the box stars and rabbit bikin pelataran Sarinah pecah..
    Keren keren . Oiya kabarnya penjualan scarf ini hasilnya akan didonasikan ya kak

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ada grup Stars and Rabbit malam itu. Mirip The Cranberries pada masaku dulu.

    ReplyDelete
  5. acaranya asik banget sich uni.. mupeeeeng lhooo.. mana ada andien.. teryata andien cakep banget ya..

    www,sistersdyne.com

    ReplyDelete
  6. Waaaaw harusnya Uni jadi salah satu modelnya ya. Cucook

    ReplyDelete
  7. aku pikir bakal memakai hijab yang kayak biasanya. Yang ini lebih santai dan chic. Bisa buat inspirasi nih

    ReplyDelete
  8. Acaranya cantik ya, warna oranye . Sayangnya saya ga bisa hadir saat Fashion Rock. Padahal busana karya Barli Asmara cakep-cakep

    ReplyDelete
  9. Fashion show rame ya mba, aku kebagian sore, jadi ga bisa ntn deh

    ReplyDelete
  10. Scraftnya kereeen banget. Aku kebagian yang sore

    ReplyDelete
  11. Gayanya uni emang selalu antimainstream, cakep banget pokoe!
    Seru dan meriah banget ya acaranya, so fun and happy. FWD Life mampu membuat kolaborasi yang ciamik, jadi pengunjung tetap teredukasi juga banyak dapet hiburan :)

    ReplyDelete
  12. Wah....keren² ya karya Barli Asmara

    ReplyDelete
  13. Kak Uni..makin ketje aja kalau pakai scraf FWD 😍

    ReplyDelete
  14. Kak Uni..makin ketje aja kalau pakai scraf FWD 😍

    ReplyDelete
  15. Ada Kak Andin, favorit saya
    Saya sepakat kalau berekspresi tetap harus mengetahui batasan-batasan yang ada.
    asyik mbak desain2nya...

    ReplyDelete
  16. Setuju sama uni. Koleksinya kece banget dan wearable banget. Nggak cuma buat pesta aja. Kan gitu ya kebanyakan kalo fesyen show modest fashion kurang cocok buat dipakai sehari-hari.

    Asyik bgt ya konsepnya FWD Fashion Rocks 2017. Kece berat!

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama konsep acaranya, santai tapi berkelas gitu heheh

    ReplyDelete
  18. pengen bgt ikut nonton. tapi ga bisa. koleksi barly emang keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. FWD emang kereeen!

      Baru nih ada acara fashion show dibalut acara musik

      Delete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)