Skip to main content

Sosialisasi FEED Mobile Bersama Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia



Hari Rabu (17/05/17) kemarin, saya cukup produktif karena mengikuti acara Workshop Road to a Finnancially Literate Generation oleh Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia di Hotel Aston Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Acara ini dimulai dari pukul sebelas siang sampai lima sore. Agak deg-deg-an karena yang datang hampir semua memakai batik dan saya yang gonjreng sendiri T.T takut salah kostum, euy.



Tapi saya senang karena menjadi salah satu tamu dalam workshop yang berisi tentang sharing kegiatan mendukung para petani dan UKM mikro. Selain menambah wawasan untuk saya soal ekonomi kreatif, kegiatan ini juga memaparkan keberhasilan dan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program, di mana workshop ini bertujuan untuk menjadi referensi dan katalisator bagi berbagai pihak.

Dalam acara ini, turut hadir Jennifer Bielman perwakilan Mercy Corps Indonesia, Elvera N. Makki selaku Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Eko Ariantoro dari Direktur Inklusi Keuangan OJK, Braman Setyo dari Deputi Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM RI, para tamu undangan UKM mikro dari Indramayu, hadir juga media dan blogger's yang meramaikan acara ini, termasuk saya. Takjub karena yang datang adalah para pengusaha yang sudah cukup terbilang sukses di kota masing-masing, yang mana salah satu keberhasilan mereka didukung oleh program dari Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia. Beberapa pengusaha UKM-mikro juga memberikan testimonialnya di acara ini. Ada yang sampai bisa membiayai kuliahnya, bisa beli kendaraan dan mobil, itu semua karea mengikuti program ini.



Sekadar info, Citi Indonesia merupakan sub grup dari Citigroup, dan di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1968, yang merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Bagian CSR mereka ini membentuk program yang dikenal sebagai Citi Peka (Peduli dan BerKarya). Tujuannya agar menjadi payung atau wadah untuk seluruh kegiatan sosial kemasyarakatan yang didanai oleh Citi Foundation. Fokus mereka adalah program pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha dan lembaga keuangan mikro; peningkatan kemampuan kewirausahaan muda; dan pembangunan kapasitas keuangan bagi anak sekolah, petani, juga wanita di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara Mercy Crop Indonesia (MCI) merupakan organisasi lokal yang berpusat di Jakarta, dan tujuannya untuk memberdayakan masyarakat Indonesia. Terdapat 6 fokus MCI berupa (1) Meningkatkan Kesempatan Ekonomidan Akses Jasa Keuangan, (2) Meningkatkan Kesehatan dan Gizi, (3) Air dan Sanitasi, (4) Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Resiko Bencana, dan (5) Tanggap Darurat Bencana.

Di acara ini juga disampaikan kalau Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia berkolaborasi dalam kegiatan yang dapat mendorong petani dan pengusaha mikro untuk meningkatkan literasi keuangan melalui program FEED Mobile. Nah, apa itu FEED Mobile?

FEED Mobile merupakan kegiatan pendidikan keuangan dan pengembangan usaha bagi petani dan pelaku usaha mikro kecil dengan menggunakan dua metode pelatihan tatap muka dan kanal digital. Dua metode tersebut, diakui para pengelola sangat efektif. Salah satu program digital-nya adalah aplikasi Peduli Keuangan (PEKA) Android dan Peduli Keuangan (PEKA) SMS sebagai sarana penyebaran informasi, artikel, tips, anjuran pengelolaaan keuangan, pengembangan usaha, dan sarana interaksi antar pengguna. Saya penasaran jadinya, pengin ikut juga dengan program tersebut ^^

Ternyata kegiatan ini sudah berjalan selama tiga tahun dan saat ini, telah berhasil menjangkau 12.950 penerima manfaat dari 3.477 total penerima yang telah dilatih dalam literasi keuangan dan pengembangan usaha.


Program ini tidak main-main, lho. Mereka juga bermitra dengan beberapa lembaga keuangan mikro, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla), Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan (Diskoperindag), Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BPK3), dan lembaga masyarakat Bangkir Pelabuhan di Kabupaten Indramayu. Oh ya, just in case you ask me bout this, alasan dipilihnya Indramayu, karena kota tersebut termasuk wilayah Kabupaten yang luas di Jawa Barat. Namun, tidak menutup kemungkinan akan digerakkan di kota lain.

"OJK sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan progrqm FEED Mobile yabv diinisiasi oleh Mercy Corp Indonesia dan didukung oleh Citi Indonesia. Melalui program FEED Mobile, diharapkan dapat memberikan pendidikan keuangan dan mengembangkan potensi pengusaha mikro-kecil di Indonesia, khususnya kepada masyarakat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat..." sejalan dengan pembahasan ini, Bapak Eko Ariantoro selaku Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ikut memberikan sambutan dan beberapa patah kata.



Saya berharap FEED Mobile ini terus berjalan dan menyebarkan kegiatan serta informasi positif bagi masyarakat di Indonesia. Dan, para inisiator juga mengharapkan agar program ini menjadi langkah awal yang akan dijalankan bukan hanya di Indramayu tapi juga di beberapa wilayah lagi. Mereka berharap juga agar program di daerah semakin lebih baik dan saling bahu-membahu untuk mendukung literasi keuangan. (*)



Untuk info lebih lengkap mengenai program ini, kamu bisa lacak melalui media sosial di :

@Feedmobile_mci

@citibank

Comments

  1. Wah keren! Dan keren juga karena pasti lo ngejreng sendiri ya di antara orang-orang itu? Muahaha. *kabur naik becak

    ReplyDelete
  2. Kerennya, 50% dari jumlah keberhasilan yang 12ribu itu adalah perempuan. Ah, suka deh sama program yang bidikannya pas kayak begini. Semoga terus berkembang ke berbagai daerah lain di Indonesia biar makin maju.

    ReplyDelete
  3. Gak apa ngejreng. Bagus dan jadi perhatian! Hm, kalo gue pake batik dari rumah, nanti disangka mau kondangan. Jadi mending pakai kemeja dilapisi sweater aja ala-ala baju blogger. Halah! :(

    Alhamdulillah, ya, diundang dan jadi bisa terus belajar. Gue jadi banyak ngerenung gitu, sih. Petani berasa tersisihkan, ya, dari ceritanya. Alhamdulillah program ini bisa membantu para petani dan pengusaha mikro kecil. Semoga bisa terus berlanjut ke lain daerah. Aamiin. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hal yang paling enak tapi sangat menyebalkan adalah mengeluh. Tapi enak. Tapi nyebelin. Kamu suka ngeluh, nggak? Uhm, saya mau ngeluh nih di postingan ini, hehe. Jadi, waktu itu pernah cek kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular. *Berubah jadi Medusa*


Selain itu, bibir saya tuh ekstrim banget, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah gitu aja. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, padahal udah minum air mineral 2-4 liter sehari. Memang ini sih, kayaknya perawatan luar juga diperlukan. Nah, pas coba ini-itu, apa aja, tetap nggak mempan ; bibirnya selalu mengelupas dan berdarah, kulit saya keringnya saingan sama ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. *insert emote sedih* .
Suatu waktu pas lagi reunian, seorang teman SMA asal Pakistan ngaku kalau dia punya kondisi kulit sama, dan…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

Lima Tempat yang Perlu Kamu Datangi Kalau ke Cibinong

Sejak saya tinggal di Cibinong, nyokap kadang khawatir lihat saya nggak seperti orang kebanyakan yang suka bergaul sambil jajan ke sana kemari. Saya lebih suka nongkrong berjam2 di suatu tempat dan kalau ada teman yang sanggup saya cuekin sekian jam, kadang dia  ikut nongkrong juga. Sebetulnya, dibilang kecanduan makan di kafe, enggak juga. Tapi kalau dibilang asik dengan dunia maya, iya, saya begitu, kok. Mengakui bahwa ada kehidupan di dunia maya yang sama serunya dengan dunia nyata. Namun, untuk bisa survive di dunia maya tuh, butuh koneksi internet yang sangat baik which is called, use wifi. Iya, kan? Ehehehehe.
Makanya saya suka keliling tempat buat numpang colokan sama Wifi sekalian kulineran. Peribahasanya mah, "sekali mendayung seribu pulau dikunjungi"
Ada yang kayak saya juga? Nyusahin, ya. Nyebelin juga. Ya tapi itu tujuan diciptakannya kafe-kafe di beberapa kota, kan? Buat dimanfaatkan fasilitasnya. Jadi berkah, deh.
Nah, walaupun saya tinggalnya di pedalaman Bog…