Kurma, Buah Kecil Kaya Manfaat untuk Para Ibu Hamil




Masa kehamilan merupakan masa-masa yang berat tapi sekaligus juga masa yang indah karena menantikan kehadiran anak di dalam keluarga Anda. Meski memang masa kehamilan cukup menegangkan untuk para Ibu hamil, namun ada baiknya untuk tetap tenang dan berusaha untuk memberikan asupan yang baik untuk diri Anda setiap harinya karena akan mempengaruhi janin yang dikandung. Salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dan diklaim bermanfaat adalah buah kurma.


pexels.com



Beberapa peneliti sudah melakukan penelitian terkait buah kecil ini pada Ibu hamil. Hasil dari penelitian ini sendiri cukup mengejutkan karena Ibu hamil yang kerap mengkonsumsi buah dari Timur Tengah dalam jumlah tertentu bisa mengurangi kebutuhan induksi dalam persalinan. Dari 100 gram buah ini, maka Anda bisa mendapatkan energi hingga 280 kkal, 8 gram serat dan 2,45 gram protein. Selain sebagai sumber kalium untuk tubuh, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang penting lainnya seperti tembaga, mangan hingga magnesium.

Dengan adanya semua nutrisi di dalam buah ini, maka manfaat yang bisa didapatkan pun juga bagus yaitu bisa membantu membentuk kehamilan secara sehat. Selain itu Ibu hamil juga akan terbantu dengan kurangnya rasa mual, kontrol gula darah hingga pencegahan akan anemia. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para Ibu hamil dengan mengkonsumsi kurma:

  1. Proses bukaan lebih cepat
Ketika proses persalinan, rahim mengalami bukaan atau dilatasi. Pembukaan di rahim ini berlangsung dari awal sampai bukaan ke penuh yaitu 10 cm. Tahapan ini disebut dengan kala 1 yang terdiri dari 2 fase penting yakni:

·       Fase laten, yang umumnya dibutuhkan waktu hingga 8 jam selama mengalami proses bukaan mulut rahim dari 1 sampai 3 cm.
·         Fase aktif, yang umumnya membutuhkan waktu hingga 6 jam selama mengalami proses bukaan mulut rahim sampai sepenuhnya yaitu 10 cm.

Dalam suatu penelitian, menunjukkan bahwa kelompok Ibu hamil yang mengkonsumsi buah Timur Tengah nan manis pada akhir masa kehamilan mengalami fase laten yang lebih cepat dibanding kelompok Ibu hamil yang tidak konsumsi buah ini. Penelitian pun juga menyatakan jika kelompok Ibu hamil yang konsumsi buah ini telah mengalami bukaan lebih progresif ketika sampai ke rumah sakit.

  1. Ketuban tidak mudah untuk pecah
Ketuban merupakan selaput yang berisi dengan cairan yang menyelimuti tubuh bayi di dalam kandungan. Saat bayinya akan lahir, maka selaput ketuban ini akan pecah namun ada juga kemungkinan jika ketuban akan pecah lebih dulu sebelum bayi lahir yang bisa mengundang berbagai jenis komplikasi mulai dari infeksi hingga peradangan selaput amnion. Dari penelitian ini pun didapatkan jika Ibu hamil yang rutin konsumsi buah bermanfaat ini ketika minggu terakhir sebelum persalinan banyak yang memiliki selaput ketuban tidak pecah sebelum persalinan dibanding yang tidak.

  1. Angka persalinan normal tinggi
Dari penelitian itu dapat diketahui jika 96 persen dari kelompok Ibu hamil yang konsumsi buah kecil ini menggunakan persalinan secara normal sedangkan pada kelompok yang tidak mengkonsumsi hanya sebesar 76 persen yang melahirkan dengan cara normal.


Bahkan masih ada manfaat kurma lainnya di mana Ibu hamil bisa lebih mudah melakukan persalinan karena kontraksi nya yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya untuk konsumsi buah asli Timur Tengah ini dengan teratur ketika Anda hamil.

Comments

  1. ini mah buah ajaib deh... ga cuma buat ibu hamil, buat smua kalangan bagus.. mulai dari anak2 sampe org tua tetep mantep... udah mah rasanya enak, manfaatnya dahsyat lagi... pantes aja Nabi suka bgt sama buah kurma

    ReplyDelete
  2. baiklah uni...Trimikisi tipsnya...aku langsung borong deh. Btw, ada tips ga milih kurmanya kek gimana, apa yang gak banyak mengandun gula, atau kurma impor gitu... :-P

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Lima Tempat yang Perlu Kamu Datangi Kalau ke Cibinong