[Beauty Corner - 49] Menggunakan Produk Kosmetik Lokal? Ini Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat

Dear Young Lady and Gentleman,


Apa kabar semuanya? Pernah dapat pertanyaan yang aneh-aneh? Saya sering. Salah satunya seperti ini ;


"Beauty Blogger? Kok nggak cantik?"


Pertanyaan tersebut pernah terlontar ketika saya bertemu dengannya. Itu pertemuan pertama kami dan saya hanya tertawa menanggapinya, enggan menanggapi lebih lanjut.


Memang, saya baru memutuskan untuk banting setir mengulas tentang perawatan dan kecantikan di tahun 2015 meskipun sudah aktif ngeblog sejak 2009.




Saya banyak melakukan persiapan untuk itu. Dari mengatur konten, mengedit foto, dan sebelum banyak brand kecantikan mengundang saya untuk mengulas beberapa produk mereka, tentu saja ambo ini keluar modal banyak sekali. Hehehe. Tapi saya nggak berusaha untuk menjadi cantik dalam persepsi para pembaca. Saya nggak berniat untuk itu, apalagi sampai operasi plastik, filler, implan, dst, nggak ada dalam kamus saya :) Jadi kalau dibilang nggak cantik, ya nggak apa-apa. Hehe. Saya bangga kok punya wajah begini. Kalau orang lain yang begitu (oplas dst)? Ya gpp juga. Hak mereka. :)


Pernah, suatu waktu, ada juga pembaca yang berkomentar begini : "Saya sudah baca-baca kolom kecantikan kamu di #BeautyCorner nih. Tapi kok isinya banyak produk lokal sih? Padahal beauty blogger lain banyak ngulasnya produk luar loh."

Lagi-lagi, saya tersenyum. Justru sebetulnya di situlah topik atau niche blog ini. Tujuan saya mengulas perawatan dan kecantikan agak sedikit berbeda dengan kakak-kakak biyuti senior yang saya kagumi.

Saya belajar fokus untuk membahas produk perwatan dan kecantikan yang mudah didapat, harganya terjangkau untuk pembaca, dan produk yang saya highlight terutama barang lokal. Saya ingin mendukung produk kosmetik buatan Indonesia dengan cara mengulasnya di blog saya.

Kenapa sih, harus produk lokal?


Ya sederhananya, karena saya orang Indonesia. Saya bangga menggunakan produk Indonesia dan ingin menularkan perasaan bangga tersebut ke pembaca saya.


Produk lokal kan, murah-meriah. Emang nggak takut?


Pernah punya pikiran seperti itu, nggak? Di lingkungan saya, banyak. Termasuk Bundo dan Nona kadang suka nanya, "aman nggak?" atau, "murah banget, ada merkurinya ya?"

Dear, produk kosmetik buatan Indonesia sekarang ini banyak sekali yang kualitasnya bagus dan nggak perlu diragukan. Bahkan produk lokal yang saya pakai semuanya ada BPOM resmi dan beberapa bersertifikasi halal. Banyak juga yang klaim tanpa paraben dan tidak diuji-coba di hewan.


Terus, kenapa murah?


Karena produk tersebut dari negara kita (Indonesia) sendiri sehingga nggak membutuhkan pajak untuk itu. Kalau barang kosmetik luar kan kena pajak dll, tuh. Ya memang ada barang yang benar-benar mahal dan nggak bisa dibandingkan, sih. Tapi untuk kualitas setara, produk lokal kita sudah boleh dibanggakan. Saya berani bilang begini karena 50% produk yang saya punya, produk lokal :) Saya merasakan dam mencobanya sendiri.





Omong-omong... Salah satu produk lokal yang sedang naik daun kali ini ialah produk keluaran F2F Cosmetics. Dia punya banyak varian produk perawatan dan kecantikan yang lengkap. Plus yang saya suka, brand lokal ini mengeluarkan banyak warna kuteks! F2F Cosmetics sudah ada sertifikasi halal dan terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Banyak kaka senior beauty blogger dan beauty enthusiast yang sepertinya tahu produk ini dan mereka sudah pakai.




Saya sendiri? Baru coba lipen-nya. Series lain belum coba dan jujur, saya baru tahu kalau mereka ini produk lokal, loh. 

Dan sebetulnya, ada beberapa keuntungan saat kamu memilih produk lokal. Dibaca sampai habis ya, sebelum kamu kadung membeli produk luar :D


1/ Lebih aman dibanding produk KW.


Produk luar bagus, tentu saja. Tapi mahal. Akhirnya banyak orang (di lingkungan saya) memilih beli merek produk luar tapi yang KW. Teman saya semasa kuliah ada yang pakai KW. Pas ditanya, dia bilang, soalnya 'kan bermerek. Daripada yang lokal nggak terkenal. Hm?

Kalau saya pribadi, dan saya berharap kamu pun setuju dengan pendapat saya, sebaiknya gunakan yang sudah terjamin aman daripada pakai yang terkenal namanya tapi KW. Kan sayang kulit wajah kita :( KW itu nggak jelas pakai bahan apa saja... Kalau kamu memilih pakai yang KW demi menjaga gengsi, dipastikan wajahmu nggak akan baik-baik saja 10 tahun lagi. Kasian pasanganmu nanti :( *lha



Lagipula, merek lokal juga bagus kok bungkusannya. Nggak bikin malu. Nggak perlu gengsi. Contohnya seperti F2F Cosmetics. Bungkus F2F Cosmetics ini sederhana tapi terlihat elegan dan nggak banyak gambar. Apakah kamu sudah pernah coba produk mereka?



2/ Sesuai dengan Kondisi Kulit.

Produk kosmetik lokal sangat cocok untuk kita karena, pembuat dan tim brand secara keseluruhan kayaknya sangat tahu tentang kondisi kulit kita. Iya, kayaknya. Saya nggak punya data jadi belum bisa bilang pasti.

Tapi secara logikanya, nih. Barang lokal. Dibuat khusus untuk orang lokal. Otomatis tahu kalau kita punya kondisi wajah berminyak, kering, sensitif. Tahu kalau kita punya musim hujan dan panas. Tahu permasalahan pelik kita ingin tampil cerah. Dan yang pasti, tahu kalau warna kulit orang Indonesia cenderung kuning langsat.




Ini yang jadi keunggulan produk lokal. Di produk luar, mereka biasa fokus untuk kulit tone cold atau sheer pink. Agak-agak kurang pas deh ya sama kita.

Di F2F Cosmetics misalnya. Kamu bisa pakai Whitening BB Cream-nya sebagai penggunaan sehari-hari. Selain itu, lip cream di F2F juga menyediakan banyak warna yang bisa dikreasikan pemakaiannya sesuai dengan mood kita.



3/ Terjamin aman dan mudah didapatkan.

Seperti yang saya bilang di atas. Narang lokal sangat peduli dengan label kehalalan karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama muslim. Kalau sudah halal yang notabennya aman untuk muslim/muslimah, otomatis aman juga untuk semua pihak, kan.

Salah satu produk lokal F2F Cosmetics yang sudah saya sebutkan di atas juga sudah halal. Jadi kalau kamu berminat tapi ragu, sekarang bisa langsung memantapkan hati untuk pakai F2F Cosmetics, kan? Produk kosmetik F2F Cosmetics menurut hemat saya merupakan produk lokal indonesia yang aman, terjangkau, halal, dan berkualitas

Bukti sertifikasi halal F2F Cosmetics


F2F juga sudah punya aplikasinya yang bisa kamu unduh dan akan memudahkanmu mencari barang yang diinginkan.



Masih banyak keuntungan yang bisa kamu tahu setelah mencobanya sendiri.
Akhir kalimat sebelum saya sudahi postingan ini, berbanggalah. Cintailah produk Indonesia, dan mulailah belajar untuk nggak gengsi memamerkan produk kosmetik lokal apa yang kamu pakai.



Tabik!







-------------------
Ps. Postingan ini diikutsertakan untuk kompetisi lomba blog F2F Cosmetics. Semua yang ditulis berdasarkan opini pribadi. Foto-foto diambil dari situs resmi Instagram F2F Cosmetics.

17 comments:

  1. Make produk lokal kalau bebas pabean dan bahan kimia ya why not ya :)

    ReplyDelete
  2. dari duklu selalu pakai buatan lokal, murah dan berkualitas juag menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu mungkin masih banyak yang ragu tapi kalau sekarang kosmetik sudah lebih baik dari sebelumnya dan biin kita nggak ragu lagi pakai produk lokal

      Delete
  3. memang produk lokal juga tak kalah dengan produk luar negeri... i love produk indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi tetap harus lihat lihat sih lokalnya merek apa. Kafena masih ada aja oknum yang jahat kan. Nyobain F2F bisa nih :)

      Delete
  4. Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

    ReplyDelete
  5. Kamu cantik kok Uni ... dan imut imut.
    Btw, ajarin aku mek up dung. Suka ga PD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaak terima kasih kakak *kecup* ayok kita mesti nginap bareng lagi kalau gitu hehe

      Delete
  6. Kemarin lihat-lihat F2F. Naksir lipennya. :D
    Sekilas kirain produk impor karena kece kayak kosmetik ala negara Oppa, ternayata punya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((ALA NEGARA OPPA)) hihi betul sekali. Sekilas memang terlihat kayak produk luar karena tampilannya menarik gitu ya. Next time ayo belanja bareng ^^

      Delete
  7. Aku juga sekarang lebih milih produk lokal yang asli dari pada bermerk tp KW. Jujur aja sih sekarang udah malu kalau pake produk KW, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju. Tapi malu itu persoalan kedua sih. Yang pertama itu takut. Kasihan sama tubuh kita kalau pakai produk kimia yang nggak jelas ^^

      Delete
  8. Iya bener banget sih, produk lokal yang murah jauh lebih aman dibanding produk KW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaa serijuuu, bingung juga kenapa masih banyak yang rela beli barang mahal tp KW padahal ada produk lokal yang lebih aman :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. usable buta oil skin gak un?
    secara kulit aku berminyak kek gorengan yang baru diangkat pheew :')

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)