Kenangan Saya dengan Frisian Flag Susu Kental Manis serta 95 Tahun Perjalanannya di Indonesia.

Hi, Assalamualaikum!




Judulnya panjang sekali, ya. Kayak judul skripsi, hehehe. Tapi siapa sih, yang nggak punya kenangan dengan Susu SKM (Susu Kental Manis) dari Frisian Flag? Di dunia saya (baca : lingkungan sekitar), hampir semuanya pernah dan masih mengkonsumsi susu yang lebih dikenal dengan Susu Bendera ini.


Maudy Ayunda dan Asmirandah
Difotoin sama : @travelerien


Mulai dari abang martabak di depan terminal, abang Martabak yang saya temui di Lampung, ibu-ibu yang jual jus buah aneka rasa di setiap depan gang, sampai di rumah saya pun, semua pakai Susu Bendera. Selain rasanya enak, harganya sangat murah tapi punya kandungan gizi yang melimpah.

Kalau bahas susu ini, ingatan saya berkelindan dengan iklan susu di tivi yang menampilkan dua anak kecil sambil bilang, "ini teh, susu?"

Itu salah satu iklan Indonesia terbaik yang pernah saya saksikan. iklan semasa saya remaja itu sungguh terngiang-ngiang. Namun, semakin beranjak dewasa, saya semakin selektif terhadap makanan dan segala hal yang akan saya konsumsi. Dan saya penasaran seperti apa sih, cara pembuatan susu SKM ini? Kenapa sih, manis banget? Kenapa ya, kok bisa digemari banyak orang? Steril nggak sih pembuatannya? Dalam pabriknya kayak apa, ya?

Jawaban yang saya dapat di Google nggak begitu memuaskan. Terlebih, saya lebih senang melihat langsung sebagai pembuktiannya. Tapi, yah. Sebagai rakjel saya hanya bisa lihat pabriknya yang di Pasar Rebo dan Ciracas dari jauh ; setiap pergi ke rumah Uda yang rumahnya di Kramat Jati.

Tapi ketika kita berikhtiar, Allah akan selalu kasih jalan. *benerin kerudung* Singkatnya, saya mendapat kesempatan dari Susu Frisian Flag untuk menghadiri pabriknya yang di Ciracas! SENANG BANGET, TERIMA KASIH YA ALLAH!




Oke, kalem lagi.




Eh sebentar. Di antara kamu semua yang sedang baca ini, mungkin ada yang enggak tahu apa itu Susu Bendera. Mungkin. Ya kali aja. Ada nggak? Nggak apa-apa kalau belum tahu. Saya jelaskan sedikit ya, apa sih Susu Bendera itu?


Susu Frisian Flag ini, dari PT Frisian Flag Indonesia (FFI). Perusahaan tersebut memproduksi susu khusus untuk anak-anak dan keluarga yang mana merupakan susu nomor satu di Indonesia. Susu ini sudah ada sejak tahun 1922 yang mana hampir 95 tahun usianya di negara kita.

FFI ini juga bagian dari FrieslandCampina --sebuah koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda. Setiap hari FrieslandCampina ini menyediakan pangan kaya gizi ke jutaan konsumen di seluruh dunia, lho. Makanya nggak heran kalau susu FF bisa memberikan sumber gizi di dalam susu yang mereka buat.

94 tahun yang lalu, susu ini namanya pakai bahasa Belanda dan pabalieut (rumit) untuk diucapkan masyarakat kita. Ini menjelaskan why mostly people says FF as Susu Bendera. selain lebih akrab di lidah, ini juga jadi nama iconic Frisian Flag. Kalau di warung sih, Bundo biasa bilangnya "Mau SKM (Susu Kental Manis) dong" terus sama ibu warung dikasih dah serenceng.

Anyway, berangkatlah saya dan beberapa teman blogger lainnya ke Ciracas, Rabu kemarin (23/11/16). Saya sama Rani tiba pukul 08.40 dan langsung disuguhi form tamu. Kami pun dibimbing sama petugasnya untuk tetap di jalan yang benar. Eh maksudnya, jalan di zebra cross. Saya diuber gitu deh karena jalan sembarangan. Pokoknya masuk ke pabrik itu harus tertib!


Ini pas saya sama Maudy Ayunda baru tiba. kami mash berantakan yang lain sudah pada touch up semua. Betapa dunia sungguh enggak adil
Dari kamera : Mbak @ratnadewime



Tebak. Ada di manakah Uni Dzasmirandah? :D
Dari kamera : Abnag Fotografer


Dikasih makan siang yang banyak sekali. Sambil makan, Mbak @travelerien jadi mamarazi! 


Dari kamera... kamera siapa ini, oy?


Membahas peliknya dunia dan ancaman yang akan datang di masa depan.


Ada warung di dalam gedung. Mau jualan dulu ~
Difotoin sama : Rani.


Beres isi form, ketemu sama Mbak Rien dan yang lainnya. Kami langsung harus ke atas. Sama halnya saat naik tangga. Harus berpengangan tangan. Eh bukan. Harus berpegangan pada gagang tangga. Pokoknya harus! Saya (lagi-lagi ditegur karena nggak pegangan). Goldar B emang susah ya, dibilangin.

Sesampainya di atas, ternyata ketemu lagi sama blogger dari kloter lain. Kenalan, foto-foto, susu break, baru deh acara dimulai.

Serangakain acara memberikam edukasi soal FF ke kami. Pembicaranya ada :

Bpk. Andrew F. Saputra, Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia.
Bpk. Aryono B. Ardhyo, Corporate R&D Manager PT. Frisian Flag Indonesia.
Ibu Tanti, Marketing Manager PT. Frisian Flag Indonesia.

Mereka saling bergantian menjelaskan mengenai sejarah, perjalanan, dan juga inovasi yang dilakukan FF selama hampir 95 tahun di Indonesia.

Salah satu yang paling saya ingat dari penjelasan soal FF atau Susu Bendera ini adalah, dalam kandungan susu terdapat gizi makro (Karbohidrat, Protein, Lemak) dan gizi mikro (9 vitamin & 5 mineral) yang mana anjuran untuk minumnya mesti dua gelas per hari.


Ini minuman Asmirandah dan Maudy Ayunda. Dibuatin sama barista sebgai contoh bahwa susu SKM bisa dipakai di segala jenis menu minuman.


Barista abal-abal

Ini ketiga jenis minuman yang dikreasikan dengan Susu Kental Manis Frisian Flag
foto milik : @travelerien




Di sana juga kami dikasih contoh bikin minuman pakai susu kental manis. Bisa pakai biskuit, pakai daun mint,  apa saja, bisa. Kita bisa mengkreasikan minuman atau makanan menggunakan Susu Kental Manis Cokelat, atau Susu Kental Manis Full Cream, atau yang Susu Kental Manis Gold.













Susu kaleng SKM FF juga sudah melakukan inovasi. Jadi kita nggak perlu lagi ngebacok kaleng dengan golok sambil digetok pakai batu gitu. Sekarang cukup ditekan atau dibuka kayak kemasan minuman kaleng, dan kebuka deh, kaleng SKM-nya.

Suatu kehormatan and lucky me, we came inside ke pabriknya dan dipakaikan baju pabrik, sepatu khusus, masker, earplug, juga harus cuci tangan sebelum masuk. Harus jalan di jalur yang disediakan. Enggak boleh pegang ini itu apalagi grepe-grepe teman sebelah.


para alien imut sebelum berangkat ke dalam pabrik


Ini saat susu telah dikemas dalam dus, diangkat ke atas untuk langsung masuk ke dalam pendistribusian. Semuanya saat dalam pengepakan, yang handle mesin jadi bersih dari tangan manusia.
Foto milik fotografer


Ini proses sebelum diangkat seperti foto sebelumnya. Kalau misalnya ada yang catcat akan atomatically denied.


No makeup on ~ gapapala ya, yang penting sehat :')


Ini setelah kami kembali dari pabrik.


Pabriknya luas, bersih, dan hampir seluruh prosesnya dikerjakan oleh mesin. Manusia tugasnya yang ngecek dan ngangkut barang yang udah di dus-in gitu. Ini menjawab pertanyaan saya, bahwa proses pembuatan Susu Frisian Flag steril dan terjamin.

Puas sekali! Saya dapat banyak ilmu, banyak pengetahuan baru, teman baru, dan saya akan semakin rajin minum susu Frisian Flag :D


Pulang, bawa banyak sekali goodie bag berisi penggorengan, teflon, blender, spatula, tupperware, termos, dan masih banyak lagi. fotonya cek di instagram @unidzalika ya :)


Saya senang sekali, dan sangat bersyukur karena akhirnya dapat melihat isi pabrik susu FF, bisa tahu dan lihat langsung proses pembuatannya, dan bakhirnya mengerti, bahwa susu FF ini manis sekali karena gulanya berfungsi sebagai pengawet alami. We don't have to worry about this. Asal diminum dengan takaran yang tepat, Susu FF ini akan bermanfaat di dalam tubuh.


Terima kasih teman-teman untuk keseruannya, juga terima kasih Frisian Flag dan FrieslandCampina atas undangannya! I'm definitely happy! (*)


17 comments:

  1. Asyik ya bisa jalan jalan ke Frisian Flag. Tidak bisa sembarangan orang masuk lho ke sana.

    Btw, hadiahnya banyak banget ya. Makin senang dong pastinya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bangeeet haha. Mungkin akan di review terpisah nantinya :D

      Delete
  2. Seneng bisa kenalan sama asmirandaaah. Lupa gak photo bareng kitaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huah iyaaa lupa! Next time harus ketrmu dan foto bareng ya wkwk

      Delete
  3. Asiiik kemarin aku motoin Asmirandah dan Maudi Ayunda.
    Lupa make-up an ya? Gak apa, tetep cantik sehat karena minum susu kental :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk! *brb mandi pakai susu biar cling tanpa makeup*

      Delete
  4. Acaranya seru dan bertabur hadiah pulak.... senang banget bisa melihat proses produksi secara langsung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget banget banget seruuuuu!!! Haha. Senang sekali bisa ikutan

      Delete
  5. wah ini sahabat sejati saya kalo makan roti hehe

    ReplyDelete
  6. susu favorit sepanjang jaman ini mah kayaknya :D

    ReplyDelete
  7. jd inget dulu ke pabrik indolakto :D

    dapet bingkisan susu + es krim :D

    ReplyDelete
  8. Ah iya abang martabak juga akrab banget sama susu bendera, apalagi abang martabak terang bulan pas sd. Martabaknya selalu dikasih susu coklat di tengahnya.

    ReplyDelete
  9. Wah beruntung ya bisa berkunjung ke pabrik Frisian Flag. Seru banget acaranya kemarin. Semoga next ada event lagi bareng Frisian Flag :)

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)