Skip to main content

Tips Photography untuk Para Pemula

Hi, Assalamualaikum!



(*)






Pada saat ini, menjadi seorang fotografer itu bukan hanya sebagai hobi semata nih, tapi jasa ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Karena pada dasarnya orang akan selalu ingin mengabadikan momen berharga mereka dengan adanya foto. Sehingga, dunia perfotoan akan selalu ramai peminat. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan dunia fotografi, maka kamu harus paham tips photography yang harus diketahui dan harus kamu lakukan. 

Untuk masuk dan mahir ke dalam bidang photography ini memang nggak mudah, tetapi bukan berarti ini adalah hal yang nggak bisa kamu lakukan. Kalau kamu tahu tipsnya, maka kamu bakal lebih cepat mahir dalam dunia photography ini. Tidak membutuhkan waktu lama bagi kita para pemula untuk bisa menjadi lebih handal dan bisa mendapatkan hasil gambar yang bagus. Dengan melakukan beberapa tips dalam photography, maka kamu akan semakin jago dalam bidang ini. Iya, kan? :)

Beberapa tips di bawah ini sebaiknya kita lakukan secara serius dan tekun supaya mendapatkan hasil yang lebih bagus dan lebih cepat. Dan beberapa tips yang dapat dilakukan tersebut adalah :

1. Menggunakan kamera yang bagus kualitasnya

Pertama, kamu harus mempunyai kamera sendiri, karena dengan ini maka proses belajar akan lebih mudah. Dan sebaiknya kamu memilih kamera yang kualitasnya bagus sehingga hasil jepretan akan bagus.

2. Menggunakan kamera yang simpel dalam mengoperasikannya

Namun, walaupun kamera tersebut bagus, usahakan kamera itu mudah dalam mengoperasikannya.





Kamera yang bagus memang penting, tapinya kalau kita masih pemula maka sebaiknya memilih kamera yang cara pengoperasiannya mudah. Dan tips photography yang lainnya yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus belajar mengambil gambar dari segala sudut. Hal ini untuk mengajarkan agar mahir menemukan spot yang bagus dari sudut yang berbeda. Sehingga secara hasilakan bagus.

Pemilihan spot adalah hal yang penting untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang sempurna, lho. Namun, tentunya untuk menjadi seorang fotografer yang handal, kamu juga harus membutuhkan beberapa tips lainnya yang akan membuat kamu semakin jago dalam dunia photography. Beberapa tips lainnya yang juga harus kamu kuasai adalah:

1. Paham tentang pencahayaan dan cara untuk mendapatkan gambar yang bagus,

2. Paham akan cara merawat kamera yang benar.


Pertama kamu harus paham tentang pencahayaan, karena dengan ini kamu dapat menghasilkan gambar yang bagus dengan segala macam kondisi cahaya yang ada. Selain itu tips photography yang lainnya adalah tentu saja kamu harus paham bagaimana cara merawat kamera dengan benar. Karena kamera ini adalah barang yang sangat penting untuk kamu dan harus selalu dirawat agar tidak rusak.


Jadi, gimana? Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu ya, Dear! :) 

Comments

  1. Thanks

    Bermanfaat sekali untuk saya yang sangat pemula :D hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehe, aku juga masih belajar nih :)

      Delete
  2. Katanya lagi, tergantung siapa yang di balik kamera, mba
    Dan sepertinya emang harus sering banyak berlatih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya juga nih! Aku dulu males belajar fotografi, maunya difotoin *mental model* tapi sekarang malah butuh banget ilmu fotografi

      Delete
  3. Kalau aku dulu sebelum memutuskan beli kamera digital, aku baca-baca dulu itu majalah foto. Nyari referensi ceritanya. Mungkin ada sekitar 1 tahunan baru setelah itu beli kamera. Maklum, terbitnya majalah kan sebulan sekali. :p

    Klo misalkan beli majalah kemahalan, sekarang ini bisa diakali dengan mendownload baca-baca artikel foto di website semacam digitalcameraworld.com.

    Setelah beli kamera jangan lupa untuk sering-sering membaca buku manualnya! Ini yang jarang dilakukan fotografer pemula. Maunya langsung jepret saja, hehehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya, makasih tips barunya! Aku ada kamera digital tapi tetap aja bingung kalau makenya katro sih hasilnya nggak sebagus jepretan orang. *belajar terus*

      Delete
  4. kamera terbaik adalah kamera yang kita miliki ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal gimana mengoperasikannya ya :)

      Delete
  5. Saya baru bisa motret pake HP, Kak. Alias belum mampu beli kamera. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hape juga ok kalau paham teknisnya :)

      Delete
  6. Aku masih amatir banget kalau masalah photography. Suka salut sama mereka-mereka yang hasil fotonya aduhai banget :' Yah, sekarang masih belum punya kamera yang canggih dan kualitas bagus sih. masih pake hape aja. objek fotonya juga masih jawaban tugas kuliah punya temen :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha aku juga masih belajar nih. Blm maksimal tapi masih terus belajar. Semoga tips nya bermanfaat ya :)

      Delete
  7. pengen sebenernya mencoba fotografi, tapi belum punya camera. hehe
    semoga aja kami dalam deket ini bisa beli camera untuk bisa jadi fotografi. dan bisa menerapkan tips di atas. terima kasih. sangat membantu sekali untuk saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau terbatas dana visa memaksimalkan penggunaan kamera hape kak, soalnya aku juga belajar masih via hp nih, karena kamera blm bisa beli yang mahal

      Delete
  8. Foto yang terbaik bukan dihasilkan dari kamera yang hebat, tapi siapa yang motretnya *anonymous* :D saya sih setuju banget.
    Pakai kamera ponsel juga bagus kok hasilnya ;)

    ReplyDelete
  9. lagi belajar motret motret tapi masih pake ponsel android hee

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?



Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…