[RelationTips] Bagaimana Cara Mengatasi Cemburu?

Hi, Assalamualaikum!

Saya waktu kemarin nanya di twitter @unidzalika, tentang bagaimana cara kamu menyikapi rasa cemburu? Gimana, hayo? Dibaca dulu nih, fase perempuan yang perlu kamu tahu ~


Akang keur naon, kang? Meuni rindu ~


~
cem·bu·ru a 1 merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dsb; sirik: ia -- melihat madunya berjalan berduaan dng suaminya; 2 kurang percaya; curiga (krn iri hati): istrinya selalu -- kalau suaminya pulang terlambat;
-- buta sangat cemburu;
ber·cem·bu·ru v merasa cemburu;
ber·cem·bu·ru·an v saling bercemburu; saling mencemburui;
men·cem·bu·rui v cemburu kpd;
men·cem·bu·ru·kan v 1 cemburu kpd atau tt sesuatu; 2 menimbulkan rasa cemburu (curiga);
cem·bu·ru·an v 1 saling cemburu; 2 mudah cemburu;
ke·cem·bu·ru·an n 1 keirihatian; kesirikan; 2 kecurigaan; kekurangpercayaan
~


Cemburu itu adalah hal yang wajar. Cemburu juga nggak berarti perasaan galau kepada pasangan ya. Cemburu itu luas. Bisa cemburu karena adik kamu lebih diperhatikan Ayah, bisa karena teman-temanmu lebih dulu sukses, bisa cemburu lihat Selena Gomez sama Justin Beiber (eh maap udah putus), atau cemburu lihat Acha bermesraan sama Abimana, atau bisa juga cemburu karena si dia hampir nggak ada waktu buat kamu tapi selalu bisa update foto sama teman-temannya. 

Cemburu itu luas, kayak laut. Makin dalam rasa cemburunya, makin menyeramkan.


But hey, para perempuan yang sedang baca ini, kalau dilanda rasa cemburu, mari kita cemburu elegan. Yang manis, yang apik, yang nggak menjatuhkan harga diri. Memangnya seperti apa sih, cemburu elegan tuh? Nih, saya bikin listicle cemburu yang elegan. Nggak harus diterapkan, tapi mungkin saja berguna buat kamu.

Ps. Untuk laki-laki yang sedang membaca ini, percaya deh. Perempuanmu itu barangkali cemburu, tapi mereka bisa mengatasi kecemburuannya karena melakukan ini ;


"Beb, itu pacarnya siapa ya, asa kenal, kok jalan sama orang..."



1. Kill the Emotional with Gossip.

"Eeehhh itu lihat, ganteng banget."

"Neng, arah jam satu dari kita! Cepet lihat neng! Masya Allaaah ganteng banget aaak ~"

"Itu tuh itu tuh, kok ceweknya dijambak giti sih rambutnya, kasian banget. Iiiih nggak mau punya cowok kayak gitu, jahat!"

"Neng, eta nu awewe geulis pisan, pakai masker apa, ya?"


Ghibah dosa, yes? Tapi menyenangkan, betul? 

Cemburu itu menyakitkan hati. Kadang bikin kita -perempuan, jadi insecure teu puguh. Dan ya, salah satu cara meredam rasa cemburu itu dengan ketemu teman di salah satu kafe, gosip seharian, ngebahas apa-apa yang lewat di sekitar, lalu, pulang dengan hati riang. Sesederhana itu.

Tahu sih, ghibah or gossip or whatever you said adalah dosa. Tetapi kalau bisa meredam kecemburuan, bolehlah ya sesekali. Ketimbang cemburunya dikeluarkan lalu ngamuk ke seluruh penjuru dan bikin sakit hati banyak orang, itu malah lebih dosa. 


Belanja itu obat cemburu, kang..


2. One of the BEST part in Our Life ; Shopping!

Saya secara pribadi, mengatasi cemburu dengan belanja. Banyak yang bilang saya hambur, boros, tukang belanja, konsumtif, dan anak mall. Padahal nggak. Nggak sama sekali. Saya pusing kelamaan di mall karena ramai. Tapi, kalau saya lagi belanja banyak bisa dibilang itu sedang melepaskan rasa cemburu dengan melihat barang-barang lucu. 

Nah, beberapa perempuan yang pernah saya temui juga mengalami seperti itu. Belanja bukan karena doyan, tapi dengan belanja, rasa cemburu hilang begitu saja. Makanya, Mz, jangan bikin kami cemburu kalau nggak mau kami boros. Semudah itu. Ehehehe.


Matahari, kenapa saya diabaikan dia? Jawab, matahari ~



3. Take a time alone

"Jangan diganggu dulu, aku lagi butuh sendiri," kata kita yang biasanya udah memuncak banget rasa cemburunya. Tapi ya, gitu. Kadang dengan sendiri, kita bisa merenung, muhasabah diri, salah kita apa, ya. Kurang kita apa, sih. Apa ngebosenin? Terlalu nuntut? Apa karena marah mulu? Atau karena udah nggak cantik? Dan jawabannya bisa ditemukan saat benar-benar sendirian. Kadang, kesendirian juga buat menenangkan hati kita yang cemburu karena minder. Coba baca dulu cara ngatasin minder di sini.

Cuma, keseringannya sih, ketika lagi butuh sendiri, eh si dia malah ngeloyor sama yang lain. Plot twist : pergi sama sahabat kamu. Ahahaha.

So, jangan terlalu lama minta me time. Sebentar saja, ya. Ada baiknya malah kalau cemburu dikomunikasikan dengan jujur.


I'm a strong women!


4. Drop Your Energy untuk Hal yang Positif.

Lihat dia update status tapi nggak balas chat, bete.

Lihat dia keketawaan sama lawan jenis tapi ke kamu ngamuk-ngamuk, kesel.

Lihat dia bisa traveling sama teman maninnya tapi kamu nggak diajak, sedih.

Lihat dia teleponan sama orang tapi nggak bisa sama kamu, bete. Mungkin kalian mesti coba telepon gratisan.

Lihat dia ngasih senyumannya ke orang tapi ke kamu keluar semua aslinya, cemburu.

Hm. Dear, jangan mudah berprasangka buruk, ya. Mungkin yang di sana cuma anggap biasa, kitanya aja yang berlebihan menyikapi. Sebisa mungkin nggak perlu ngamuk ke dia atau ngomel atau nyetatus aneh, deh. Daripada ngomel semrawutan nggak jelas, mending kita olahraga saja. Energinya habis untuk hal baik. :)


Kamu mau kan, dengar curhatan aku? 


5. Main dengan Mahkluk Lain, Why Not? 

Wait. Bukan setan atau jin, maksudnya. Tapi dengan hewan, atau tumbuhan. Kadang kan kalau cemburu, bawaannya kesal terus dan pengin ngamuk, ya. Curhat ke teman juga nggak asik karena malah dimarahin atau dinasehatin. Yah, kalau kayak gitu, mending main sama hewan kesayangan aja. Mereka pendengar paling baik kok. Serius, mereka akan mendengarkan keluh kesahmu.


I wish nothing but the best ~ for youuhh ~~


6. Having Fun with Hobbies.

Salah satu cara elegan menyikapi kegalauan karena cemburu, ialah dengan totalitas memanjakan hobi. Yang suka nulis diari, mulai belajar ngeblog biar banyak yang baca curhatan. Yang suka gambar, beli buku coloring art buat diwarnain sepanjang hari. Yang senang musik, nyanyi lagu-lagu yang mendukung kegalauan. Itu kalau hobi bisa diduitin lumayan tuh. Cemburu itu apa? Nggak tahu, tuh. 


Kang, neng nungguin akang.



7. Whatever You Do, I'm Waiting for You.

"Aku pengin fokus ujian, kita break dulu, nanti kalau sudah selesai, kita main. Tunggu ya," katanya.

Oke.

"Aku pengin urus skripsi, kamu jangan ganggu, kalau udah sidang kita makan-makan deh."

Iya.

"Aku mau cari kerja, kamu jangan suka chat terus menerus nanti aku keganggu."

Sip.

"Aku mau nikah dengan dia. Jangan hubungi aku lagi, ya."

WHAAAT?! FINE. 

Yang di atas, masuk ke kategori cemburu. Cemburu dengan keadaan. Kok dia fokus sekali urus hidupnya, sementara kamu memprioritaskan hidupmu buat dia, tapi dianya begitu. Nah, kalau sudah seperti ini, jangan lagi cemburu dengan keadaan. Cemburunya harus kamu bunuh, begitu juga dengan rasa cintamu. Orang yang nggak menganggap kamu berharga, nggak pantas untuk diperjuangkan.


Akang cuekin berbulan-bulan, Hayati rela, kang.


8. As Sheila on 7 said, "Kuharus Bisa Berlapang Dada"

Kunci sukses mengatasi rasa cemburu ialah dengan berlapang dada. Banyakin aktivitas, banyakin kesibukan, dan terus memperbaiki diri jadi lebih baik. Toh, kalau menurutnya kamu worth it untuk diperjuangkan, tanpa perlu kamu marah-marah, si dia akan otomatis memilih kamu. Jadi, selalu lapang dada and take it easy, dear.


Ni ada piso enaknya buat apa nih ..


9. We Hold Our Cemburu already, Tapi Kamu Malah Selingkuh. WHAAAAT THE ~~~

Perempuan itu mahkluk setia. Serius  setia. Dan pengingat yang sangat baik. Tapi mudah bosan. Paham, kan? Setia kalau disuruh nunggu 1000000 tahun, mau. Tapi mudah bosan makanya kadang suka menel sana-sini, gangguin ini-itu, begitulah. Nah, kami sudah mengatasi rasa cemburu dengan berbagai cara, lalu... Ternyata... Tiba-tiba dapat kabar bahwa si dia jugijagijugijagijug sama orang. Wah. Duh. Dikhianati itu sakit, loh. Siap-siap aja dapat amukan dari perempuan! Ini level cemburunya sudah dalam sekali dan hanya waktu yang mampu menyembuhkan.

~

Well, dear, cemburu itu wajar. Tapi kalau semakin dalam, semakin dipupuk, akan berbahaya. Selalu sabar dan tabah adalah kuncinya. Dan kalau kata Mamah Dedeh, banyak-banyak istighfar. Biar hatinya tenang. Ehehehe. 






______________________


Disclaimer ;

1. All content is for informational purposes only. Me as the owner of this blog makes no representations as to the accuracy or completeness of any information on this site or found by following any link on this site.

2. All ‘borrowed’ images was taken from Instagram : @meyoshiaira99 . I definitely in love with my college friend photos :)

48 comments:

  1. kalau saya untuk menghilangkan cemburu biasanya, dengan bermain game, atau berfikir.. berfikir bagaimana membalas rasa cemburu itu... :)) :))

    wilujeng wayah kieu !! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibales :( udah hush main game saja ~~

      Delete
  2. cemburu yang berlebihan memang berbahaya yah Mbak :)
    ada banyak kejahatan yang di landasi oleh rasa cemburu ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya mesti banget dikontrol rasa cemburu yang kita punya. Yang aku tulis cuma sedikit dari banyak cara yang ada :)

      Delete
  3. Sy cemburu sm HP n komputer suami, pulang kntor suami nyamperin mereka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, cara ngatasin cemburu dengan gadget, gimana kak?

      Delete
  4. Emg Uni lagi cemburu sama siapa? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama uni, aku jg lg cemburu dengan keadaan. Karna jarak yg emang beratus kilo jd ga bisa apa apa. Thanks bgt. Ini menginspirasi bgt. Hehehe

      Delete
    2. Sama uni, aku jg lg cemburu dengan keadaan. Karna jarak yg emang beratus kilo jd ga bisa apa apa. Thanks bgt. Ini menginspirasi bgt. Hehehe

      Delete
  5. Gue pernah beberapa kali cemburu sama keadaan. Keadaan di mana orang-orang bisa tidur dengan normal. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus, cara ngatasinnya gimana? Kadang hal sepele seperti itu pun kita suka aja cemburu, ya :) aku pernah juga gitu, lalu karena cemburu aku ganggu tidurnya hahahh.

      Delete
  6. Aaaaakkk ini postingan yang bener-bener aku butuhin sekarang. "Cemburu itu luas, kayak laut. Makin dalam rasa cemburunya, makin menyeramkan." This is so freakin true. Oh gosh, Teteh udah menguraikan semuanya lewat tulisan ini. Aku malah tipe perempuan yang kaalu cemburu atau sakit hati jadi nggak bisa ngapa-ngapain, selain nangis dan nangis. Entahlah. Udah passion :'D
    Si eneng di foto meuni geulis euy :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sih, ya. Kalau udah cemburu, couldn't do anything selain nangis. Hahaha. Tapi nangis enggak aku tulis di atas, nggak elegan ah. X)

      Delete
  7. Aku gak pernah bisa mengatasi rasa cemburu dan selalu aku biarkan begitu saja. kalo cemburu ya bakal tetep cemburu sampe waktu bener2 menghilangkannya. dan kadang, aku menikmati rasa cemburu itu heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, bisa menikmati rasa cemburunya. Wah, aku perlu belajar menikmati perasaan menyebalkan itu berarti nih Kayaknya enak. ((KAYAKNYA ENAK))

      Delete
  8. Aku sebagai cowok juga pernah cemburu loh *yaiyalah wkwkw tapi kadang bisa ilang gitu aja tersingkir sama tugas-tugas kuliah dan ngeblog :p wkwkwk cemburu lama-lama kan nggak baik wkwkw -_-

    ngakak pas baca caption : 'Belanja itu obat cemburu, kang' wkkww :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul, cemburu itu wajar, kadang cowok juga bisa aja cemburu entah karena apa. Mesti pinter-pinter ngatasinnya, ya :D

      Delete
  9. Cemburu terjadi karena ada rasa. Cara paling efektif ngilangin cemburu ya hilangin rasa itu. Agak ngaco, ya? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sih... Masalahnya itu cuma teori, aplikasinya susah :))

      Delete
  10. Skrg cinta2an jrg cemburu. Kalo di blog cemburu sma blogger yg bs update terus, yg komennya byk, yg menang lomba, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah :') yang itu juga aku suka ngalamin :')

      Delete
  11. kalau cemburu, aku diem aja uni, diem sambil mikir :
    "aku mah siapa atuh pake cemburu-cemburu segala, siapa dia? siapa aku?" - kalo cemburunya sama cowo yang ditaksir terus dideketin sama cewe lain
    "emang aku tau apa sama usahanya dia? tau kerja kerasnya dia apa? hmm"- kalo cemburunya sama orang berprestasi yang lagi sharing keberhasilannya
    "mungkin dia emang lagi ada perlu yang aku ngga bisa bantuin dia.." - kalo cemburunya sama temen yang main sama orang lain terus
    "astaghfirullahaladzim *sholat, dzikir, baca qur'an* *mendadak tobat* - kalo cemburunya sama orang yang lebih alim dan dekat dengan-Nya (eyaaaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, hebat banget bisa punya self control soal cemburu. Nggak banyak orang, bahkan termasuk Uni, bisa kayak gitu . Hahaha

      Delete
  12. Setiap orang pasti punya rasa cemburu dan pasti beda2 ngungkapin rasa cemburu itu.

    Tapi kalo udah kesel banget sama yg kita cemburuin boleh di santet atau diguna-gunakan ya un hehehe :D kali aja cemburunya ilang + nyawanya . Sadizzz :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeeeeeh jangaaaaan, kok serem banget disantet. Nanti kita susah masuk surga :(

      Delete
  13. oke. itu yang bawa piso, celem sekali kakaaaa Σ( ° △ °|||)

    gue ikutin kata sheila on 7 ajalah, berlapang dada :') karena semua ada hikmahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ada hikmahnya, iya. Tapi saat cemburu terjadi, mana bisa mikirin hikmah, ya. Ehehehe

      Delete
  14. derita saya LDR ,cemburu nya berkepanjangan,blom bisa di hilngkan ,2.5 thun blum bsa ktemu mba ,mf curhat ;d ,

    ReplyDelete
  15. Terkadang cemburu membuat ku emosional.
    Marah2 gk jelas.
    Ambil keputusan sepihak.

    Pengen nya di ngertiin tapi dia gk ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain tips di atas biar cemburunya nggak dialihkan ke rasa marah :)

      Delete
  16. Duh, bahas-bahas cemburu aku jadi teringat pernah buat puisi tentang cemburu di smp kak haha.
    Btw, setuju pisan sama komentar di atas yang bilang cemburu sama blog yang rajin update, banyak komentar, sama menang banyak lomba. Mau juga huhu. Harus makin semangat ngeblog nih #halah hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren dari SMP sudah bikin puisi...

      Soal blog, sama, kadang aku juga cemburu. Mungkin cara ngatasinnya mesti makin rajin apdet biar nggak kalah sama yang menang2 itu, ya :)

      Delete
  17. Kalo aku sih pas cemburu suka bilang "gpp.." Smpe dia bener2 nanyain knp baru deh aku jawab "iya aku cemburu, ah g peka" terus baru dia jelasin p x l x t smpe ketawa2 sampe banyak karakter, sampe dia ngyakinin 2x lipat hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. P x l x t :)))) Tapi iya, tipikal kita banget ya.

      Kamu kenapa?

      Gpp

      Oke, aku lanjut ya ceritanya, blablablablah eh kamu kok diem aja

      Gpp

      Kamu kenapa

      Gpp kok

      Kamu nggak cemburu kan?

      MENURUT NGANA?!

      Delete
  18. Sy ga tau ini cemburu atau apalah, alasannya gini..malas bgt megang hpx si dia, pernah kedapetan dia nelfonan ma mantannya. Setelah itu udah g pernah lg nyentuh2 hpnya. Kl msalah perhatian iya ttp ak perhatian ma dia. Tp klo masalah yg kemaren itu udah ga mau tau lg. Ga tau ya tiap megang hpnya rasanya takut bgt, sakit bgt gitu. Bayangin dia nelfonan ma mantannya. Pffffttt.. jd gitu, ga mau urus lg soal gitu2an.. zzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu cemburu :) Coba dikomunikasikan sama dia, siapa tahu dianya nggak sadar kalau sikap itu udah bikin kakak cemburu :)

      Delete
  19. Kalau cemburu aku suka diemin tapi dianya mlah makin parah.. trus kalo d diemin trus tkutnya dia kenyamanan sama cewe lain, gimana kalo kya gitu? 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikomunikasikan aja baik-baik :) Kadang, ada tipe orang yang memang nggak peka dan kalau didiemin malah nggak sadar kalau sikapnya itu bikin kita cemburu. Kalau kayak gitu, solusinya adalah jujur, sampaikan dengan halus keluhannya apa maunya dia gimana... Itu sih menurut Uni :)

      Delete
  20. Aku cemburu suka ga jelas. Tp aku kasih taunya baik baik, eh dia malah marah marah sm aku un. Padahal aku ngomongnya baik baik. Gmna tuh uni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu pakai cara kebalikan di atas, yaitu diemin aja :D nanti kalau dia bingung kenapa kamu diem terus, barulah bilang kalau kamu cemburu, kasih tahu apa alasannya, dan kalau dia masih marah juga, coba suruh baca blog uni x)

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Disaat lg cemburu berat baca beginian tu plong bgt rasanya. Tp aku mau nanya dong kalo cemburu sama sosial media pasangan kita gmn yah? Soalnya dulu pasangan aku sempet deket gitu sama lawan jenisnya lewat sosmed. Dan itu terus kyk gitu mereka asyik chat sampe ngerencanain pergi. Ya nelakangan ini aku cemburu aja liat dia asik main sosmed. Takut bakal keulang lg mba. Pacar aku suka tukeran pin dan add cewek2 yg ga dikenal. Gmn ya cara nyikapin cemburu kyk gini? Makasi mba

    ReplyDelete
  23. Shopping emang keren bisa mengobati banyak hal hwehwehwe

    ReplyDelete
  24. Dengan tidak berharap terlalu banyak mungkin kita bisa mengurangi rasa cemburu. :-) Cheers

    ReplyDelete
  25. Cemburu cuman bisa katarsis dengan cuci piring sambil ngomong sendiri *jelma gelo* wkwkwkk

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)