Skip to main content

Catatan Singkat Tentang BFG yang Ditulis Dengan Sangat Panjang

Januari, selain sebagai awal bulan, bagi saya juga sangat istimewa. Di bulan ini, ada dua komunitas yang akan merayakan hari jadinya yang kesatu. Yang pertama, lebih tepatnya bukan komunitas, sih. Itu adalah Majalah Notif yang didirikan oleh orang-orang di dunia maya, dan bekerja non salary. Selengkapnya akan saya bahas di postingan terpisah.

Komunitas satunya dikenal sebagai Bookaholic Fund Group atau akrab disebut dengan BFG, dan kami dikumpulkan melalui media sosial sejak Januari lalu. Setelah mengalami rombak-pasang pengurus, di awal bulan, saya pun ditunjuk langsung untuk bergabung oleh ketuanya, Mamih Ana (@naztaaa), yang sudah saya kenal sejak 2013. Pada awalnya saya bingung, ini komunitas tapi kok semacam organisasi; pakai visi-misi, tujuan, ada susunan pengurus, lalu jobdesk, proker, dan lebih bingung lagi, saya harus bagaimana memposisikan diri, karena nggak ada satu pun yang saya kenal dengan baik selain Mamih, Bang Putra (@poetrazaman), dan Che Indah (@indtari). Tapi nyatanya saya bisa mengikuti flow kerja BFG dan cepat beradaptasi. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk bergabung, Mih. Kalau bukan karena Mamih, saya mungkin nggak akan kenal teman-teman BFG yang luar biasa. Semoga Tuhan memberkati segala niat Mamih yang telah mendirikan BFG. Amiiin.

Berada di komunitas yang konsisten concern pada tindakan sosial, tidak selamanya berjalan mulus. Sempat ada yang mencibir aksi kami, ada pula yang bersikap apatis, negatif, tapi semua pengurusnya selalu optimis dan semangat menjalankan kegiatan berdasarkan visi-misi. Alhamdulillah, setahun ini sudah beraksi di beberapa tempat seperti Sinabung, Riau, Savestreet, dan track kami bisa dilihat di blog BFG . Di sana lengkap sampai data keuangan pun tercatat.

Meskipun kompak saat bekerja untuk amal, nggak selamanya #KruBFG akur atau satu pemikiran. Adanya perbedaan agama, suku, adat, menjadikan perbedaan pendapat sering terjadi; berantem, rusuh, heboh, kesal, dan emosi lainnya juga pernah ada di komunitas ini, tapi kami selalu bisa menyikapinya dengan dewasa. Paling ingat, rusuh banget pas masa pemilu. Karena ada yang pro Jokowi, ada yang pro Prabowo, dan kami saling lempar argumen. Nggak cuma itu, kadang di BFG berani membahas isu sensitif seperti hal SARA, SARU, dan yang paling menyengkan adalah, semua bisa bersikap dewasa; alih-alih berbedat, pembahasan selalu bisa kami jadikan diskusi.

Kehebohan yang biasanya terjadi di grup whatsapp dan email selama berbulan-bulan, akhirnya merembet ke dunia nyata. Bulan Desember kemarin, BFG akhirnya terjun lapangan, hadir di acara IRF #IRF2014 dan itu rusuhnyaaaaa, minta ampun. Saya kebagian bantu pak ketua untuk urus ini-itu. Jujur, ini kali pertama saya disuruh-suruh, sementara di luar sana, saya biasanya menyuruh dan nggak pernah jadi asisten macam di BFG ini. :D Yah, ini pengalaman yang sangat baru buat saya, jadi orang yang harus mematuhi perintah dan mengerjakan semua list dalam waktu cepat. Saya jadi kangen teman-teman saya semasa organisasi dulu, dan baru kepikiran, betapa menyebalkannya seeorang yang suka memberi perintah. Ehehehe. Dan tentunya, tugas ini sulit banget karena kami hanya ON di dunia maya, otomatis hanya bisa komunikasi lewat aplikasi, jarang tatap muka. Saya pun minta tolong bantuan sahabat baik saya, @jungjawa, untuk membantu desain banner dan backdrop. Lancar? Nggak juga. Belum selesai rusuh di BFG karena banyak protes a-b-c minta ini-itu lah, karena anak-anak BFG ini pada perfeksionis semua, saya kedapatan masalah lagi dengan si Jung. Dia mau a, saya mau z, lalu nego harga yang nggak pernah deal, duh, susah banget tektok-nya. Ra uwis-uwis :)

Buat saya, BFG itu istimewa. Bukan hanya karena sikap mereka yang dewasa dan profesional, tapi mereka juga memberikan banyak ilmu, di mana setiap kami bertanya apa pun, pasti ada aja yang bisa menjawab. Dan kami jarang basa-basi atau drama macam telenovela. Semua straight forward, menyampaikan apa pun dengan jelas, terbuka, dan nggak ada tuh, banjir pujian pada karya salah satu Kru. Pujian secukupnya, kritik bertubi-tubi. Kadang salah satu tulisan di blog kami dibahas di suatu malam, dijadikan bahan diskusi mengenai teknik, plot, alur, EYD, dll. Ah, satu lagi, di BFG itu kalau chat sama mereka, harus benar penulisannya, sebab kami EYD freak dan KBBI berjalan. Ini juga bisa jadi salah satu bukti kecintaan kami terhadap bahasa Indonesia, kan? :)

Ternyata, sebentar lagi kami satu tahun-an. Komunitas yang niatnya fokus di dunia maya, ternyata mulai ke dunia nyata. Entah akan melakukan inovasi apa di tahun ini, yang pasti, saya bersyukur komunitas ini bertahan meskipun banyak angin kencang. Mantan saya pernah bilang, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya. All we have to do is, berpegangan dan saing menguatkan.”

Nah, untuk memperingati satu tahun BFG, bakal ada kuis maraton di setiap akun #KruBFG loh, mulai tanggal tiga sampai sembilan Januari. Untuk memantau perkembangannya, cek aja hestek #1TahunBFG atau follow @bookaholicfund . kemeriahan ini nggak cuma kuis maraton, nanti ada lelang akbar dan seluruh donasi lelang akan didonasikan kepada yang membutuhkan. Oh, cek juga akun @warung_blogger tanggal empat besok, karena BFG kerjasama dengan WB buat ngadain kuis. Hadiahnya Dua buku berjudul Tarian Bumi untuk dua pemenang. Kalau kamu pecinta sastra, pasti tahu buku tersebut, hehe.

Kalau kamu nggak mau ikut kuis dan nggak mau lelang, boleh banget jadi donatur BFG, bisa berupa uang atau menyumbang buku untuk dilelang. Tenang, seluruh kas pemasukan jelas kok, kami selalu transparansi soal dana, hihi. Kalau masih belum jelas juga, boleh tanya-tanya ke saya.

Selamat ulang tahun, BFG. Pesan saya sederhana. Berbuat baik itu nggak sulit, yang sulit menjalankannya secara konsisten. Semoga BFG selalu semangat dan konsisten, dalam beramal untuk kegiatan sosial, ya. Biidznillah.

Amin, amiin, tsuma amiiin.

Salam,
Uni Dzalika

Comments

  1. Selamat ulang tahun Buat BFG. Sukses terus untuk kedapannya. Kamunya juga, sukses, ya. "Sepertinya grup yg seru.."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ucapannya ^^ tiap komunitas serunya lain-lain, kok, hehe.

      Delete
  2. Selamat ulang tahun BFG. Semoga tetep solid dan sukses dengan semua kegiatan muianya. Buat mbaknya semangat terus. Hahahahaha.

    ReplyDelete
  3. selamet hari lahirnya BFG. semoga kedepannya makin sukses.

    klo mnrut gue pribadi sih, komunitas itu semacaa organisasi juga sih. tapi lebih santai ketimbang organisasi. nggak paham kan? sama.
    tapi setiap ada acara kayak gitu, bakalan terkenang banget. terlebih kenal dengan orang baru, dan dapet ilmu baru. apalagi klo selama ini cuman ketemu dari media sosial, skrg tatap muka langsung. bisa aja ketmu jodoh.

    itu perkataan manta masih aja di inget. move on oy, mup onn!!! ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, emang betul banget! Hehehehe. Btw aku udah move on kok hahaha.

      Delete
  4. selamat ulang tahun buat komunitas yang super keren BFG.. :D makin keren dan makin konsisten berbuat baiknya :D amin hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kaka! Kalau ada yang mau berdonasi silakan hubungi bfg ya hehe :)

      Delete
  5. Happy New Year komunitas kece kamu itu yaaa..semoga selalu terus menuai kebaikan dan kekompakan...kamu semangaaaaat terus sampai komunitasnya nggak cuman setahun tapi bertahun tahun dan makin berguna. :D

    ReplyDelete
  6. Selamat ulang tahun buat BFG, semoga jadi komunitas yang besar dan semakin sukses :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Ayo follow @bookaholicfund kak! Hehehehe

      Delete
  7. semoga cepat dapat jodoh dari BFG...eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ng... Di sana udah taken semua kayaknya deh :D

      Delete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…