Skip to main content

Belanja di Alfacart dengan Sistem COD, Ribet?!



Akhir-akhir ini saya lebih sibuk dari biasanya karena mempersiapkan perjalanan menuju Tasik dan Ciamis yang akan dilaksanakan di minggu ketiga bulan Januari. Rencana pergi sudah sejak Agustus 2018 lalu, tapi memang segalanya terasa lebih nyaman dikerjakan saat menjelang deadline.

Tapi, jadinya saya keteteran. Barang-barang seperti camilan dan obat-obatan belum dibeli dan sampai tidak sempat sekadar mampir ke toko terdekat.


Kemudian, saya berinisiatif untuk mencoba belanja di Alfacart.com yang merupakan situs belanja di Alfamart secara online. saya pikir, dengan begini belanja online jadi dekat. Apalagi Alfacart memiliki promo JSM* Alfamart dan situsnya dapat diakses melalui website atau pun aplikasi di iOs dan Android.

*(Promo JSM = Promo Jumat, Sabtu, Minggu)

Di katalog promo Alfamart tersedia obat dan kebutuhan harian yang saya butuhkan seperti Minyak Kayu Putih, Kapas, Cutton Bud, tisu basah, dan tanpa berpikir panjang gegas saya masukkan dalam keranjang belanja.

Saya juga membeli camilan ringan seperti Ciki Taro, AIM Biskuit, Heavenly Blush Greek Yogurt gratis 1 roti sandwich Sari Roti, 3 buah You C 1000, Sambal saschet Terasi ABC, Gery Saluut Sweet Cheese, Oreo Mini, Kin Yogurt, dan susu Bear Brand, yang mana semuanya akan saya bawa untuk camilan di perjalanan.


Kita belanja online tapi harus datang ke lokasi, gitu? Terus apa bedanya dong jajan di Alfamart langsung sama di Alfacart?


Itu yang terlintas kali pertama dalam pikiran saya. Untuk saya yang rumahnya jauh dari store Alfamart, tentu sangat malas harus keluar rumah juga. Di Alfacart ini tersedia metode pengiriman barang juga, sih.

Bisa banget untuk kamu yang mau belanja dan malas datang bisa pakai metode kirim ke rumah atau ke alamat yang kamu minta. Sayangnya, ketika saya tanyakan perihal ini, pihak Alfacart memberi klaim bahwa tidak semua toko Alfamart dan Alfamidi bekerja sama dengan Alfacart.com dan tidak semua stock tersedia di seluruh toko yang bekerja sama.


Nah, masalah stock ini nantinya yang akan menentukan kamu harus belanja di mana. Mau pakai metode diantar atau COD, dari website akan otomatis mengarahkan ke Alfamart mana kamu harus belanja. Misalnya seperti Uni yang pilih cara COD, nih.

Yang paling dekat dari rumah adalah Alfamart Cikaret 2 Harapan Jaya, tapi stock tidak semuanya tersedia. Saat dicek kembali ada pilihan lain yaitu Alfamart Cikaret 3 Pabuaran Cibinong. Too much effort to comes to that store tapi ternyata inilah keunggulan saat berbelanja di Alfacart.com.

Sebelum saya datang ke toko, di web akan ditampilkan pilihan jam untuk pengambilan barang. Kamu bebas memilih jam yang menyesuaikan dengan waktu luangmu. Nah, saat datang ternyata barang sudah dimasukan dalam plastik, sudah cetak struk, dan mendapat jalur prioritas di kasir jadi tidak perlu antre. Kecuali untuk barang yang di dalam pendingin, itu dimasukkan belakangan.

Kalau kita buru-buru bisa langsung pergi tapi kalau yang insecure dan gak percayaan sama apa oun seperti saya ya boleh banget dicek kembali semuanya. Saya pun sebelum pulang cek kembali total struk, barang yang dimasukan ada rusak atau tidak, tanggal kedaluwarsa, dan setelah semuanya dalam kondisi baik, kita bisa bawa pulang belanjaan.


Nah... sekarang saya paham. Jadi yang membedakan belanja langsung di Alfamart dengan Alfacart itu efesiensi waktunya. Kalau biasa datang ke toko dan pilih-pilih barang dan ngantre pembayaran dan nunggu kasir itung-itung totalan, kalau di Alfacart semua sudah dalam bentuk final tinggal ambil barang dan struk saja. Efisien, tapi masih kurang efektif buat yang aksesnya jauh dari toko ke rumah.

Kelebihan lainnya, belanja di alfacart dengan metode kirim ke alamat tujuan gratis ongkir. Beda dengan COD yang ongkir perjalanan ditanggung sendiri.

Di alfacart tidak ada sistem pengembalian barang untnuk semua yang sudah dibeki, tapi ada metode refund jika barang yang dipesan ternyata tidak sesuai, stock kosong, atau alamat toko yang disediakan ternyata jauh dari rumah. Proses refund ini memakan waktu kurang dari satu bulan dan uang akan dikembalikan dalam bentuk uang yang dikirimkan ke tempat awal kamu bayar.

Misal awalnya pakai debit, akan dikirim ke rekeningmu. Misal bayar pakai gopay, ya dikirim balik uangnya pakai gopay. Eh ini juga kelebihan satu lagi, bayar bisa pakai gopay! Sangat membantu buat orang yang belum punya cc atau debit afau cashless tapi punya banyak stock duit di gopay, nah bisa pakai itu. Saya pun kemarin belanja dan bayar menggunakan gopay.

Hal lain yang paling saya suka adalah toko alfacart ini sangaaaaat responsif dalam menanggapi keluhan customer. Seperti contoh awal sebelum saya COD, saya mencoba pakai metode kirim ke rumah yang ternyata tokonya malah di Cibinong Gunung Sindur - Ciomas.

Abang Alfamart sana sempat bilang agar saya ambil langsung tapi saya tidak bersedia. Selain mahal di ongkos, perjalanan ke sana bisa memakan waktu tiga jam. Lagipula, saat itu saya paka metode kirim bukan COD.

Karena masalah itu, pihak Alfacart denngan sigap langsung merespon. Bahkan dia duluan yang menelepon, dia yang kirim email, dia yang update kabar terbarunya ketika saya belum sempat memberi keluhan. Singkat cerita, uang saya di refund dan dikembalikan ke dana gopay.

Berbeda dengan yang metode COD, sama sekali tidak ribet, tidak ada kendala atau keluhan. Dan tidak akan kecewa datang ke toko tahu-tahu habis barang, itu tidak akan terjadi. Karena sebelum kita checkout itu alamat toko yang menyediakan barannya akan diinfokan.

Kalau pakai metode COD, terus ngambilnya tidak sesuai jam, apa harus di refund atau bagaimana?


Itu pertanyaan berikutnya yang menjadi kekhawatiran saya. Sebagai anak yang sering kali telat, bagaimana jika harus order ulang? 'kan malas betul ya.

Ternyata, tidak apa-apa. It's okay as long as you paid already. Pertama belanja COD saya pesan jam 12.00 siang tapi ambil jam 10.50 dan datang lebih awal untuk ambil barang, dibolehkan.

Pesanan ketiga saya pesan jam 15.00 sore tapi datang jam 16.10 dan barang sudah siap untuk diambil, gapapa kalau telat, boleh. Gak bakal diambil orang, sudah hak kita :)

Overall, adanya situs alfacart.com ini bukan hanya membuat belanja jadi mudah, tapi karena ada banyak promonya ini menjadikan saya belanja tanpa banyak berpikir :D Alhamdulillah, dapat banyak barang tanpa keluar banyak uang. Saya pun bisa jalan-jalan dengan tenang.

Kalau kamu, apakah sudah pernah belanja di alfacart.com?

Comments

  1. padahal tinggal mampir ke alfa pinggir rumah. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kalau rumahnya dekat Alfa, kalau yang jauh kayak Uni, Alfacart cukup membantu 😂

      Delete
  2. wooow uni borong.. snacknya buat bekal nonton drama korea gak tuuh? hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

Manfaat Ester C untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan Tubuh

Hallo, Assalamualaikum :) Saya masih pengangguran nih, not literally, but after graduated I haven’t work in any places dan memutuskan untuk melakukan aktivitas di mana saya dapat mengontrol sendiri waktunya. Bukan berarti hidup saya sempurna, bukan, bahkan cenderung berantakan dan jam tidur sama makan tidak pernah teratur. Belakangan saya tahu, kebiasaan bangun-malam-tidur-siang ini mirip sekali dengan almarhum Papa. Kata Bundo, Papa juga jam tidurnya berantakan, kerja malam siang tidur. Enak betul ya, jadi wiraushawan.



Memiliki aktivitas padat sementara pola hidup tidak teratur, membuat saya harus ekstra menjaga diri agar tetap sehat baik secara fisik dan mental. Untuk mental, wah, Alhamdulillah banyak sekali bahagianya dan ini sulit dibagikan tips-nya karena tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk bahagia, kan? Dalam hal fisik, let me tell you one of the reason why I keep healthy;minum Vitamin C bikin tubuh segar dan sehat.
Saya menjaga kesehatan mulai dari pilih-pilih makanan, dan…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…