Skip to main content

Review Subwow Hostel Bandung : Nyaman dan Murah


di mana subwow hostel bandung

Pergi ke Bandung bukan lagi hal yang sulit sejak saya tinggal di Cibinong. Saya hanya perlu ke Terminal Cibinong yang jaraknya sepuluh menit dari rumah. Kali pertama berani ke Bandung seorang diri, itu di tahun 2014 saat masih ada Alm. Om Em sebagai penggagas #30HariMenulisSuratCinta yang mana, bersama teman-temannya, beliau selalu mengadakan gathering di akhir bulan Februari dan Bandung menjadi kota titik tengah para peserta. Di situ pula saya bertemu banyak orang yang selama itu hanya bercakap lewat twitter.

Setelah kepergian beliau, gathering ditiadakan dan saya tidak lagi memiliki alasan untuk pergi ke Bandung. Baru-baru ini saya sadar, kadang kala, kita tidak membutuhkan alasan yang tepat untuk pergi. Kita tidak perlu menunggu ada alasan untuk melakukan suatu hal. Dan akhirnya saya ke Bandung tanggal 14 Desember 2018 lalu.

Masalahnya, semua teman sekolah atau teman virtual yang dulunya saya kenal, tidak lagi menetap di Bandung dan itu artinya saya harus menemukan tempat untuk tidur.

Rani pun mengenalkan saya pada SUBWOW HOSTEL BANDUNG yang terletak di Jalan Riau, Bandung. Tidak begitu jauh dari Terminal Leuwipanjang, dan lokasinya cukup strategis dengan pusat wisata. “Tapi tempatnya kecil. Dan ini ala backpacker gitu bukan kamar yang luas,” kata Rani mengingatkan, sebelum saya berekspetasi lebih jauh. Sebetulnya, tidak masalah bagi saya berada di tempat kecil (atau sempit) asalkan; 1) tempatnya bersih, 2) kamar mandi bersih, 3) banyak air mengalir atau tersedia di kamar mandi, 4) tidak berisik. Dan begitu syaa tiba di Subwow, saya terkejut mendapati hostel ini memenuhi semua kriteria saya.

cara memesan kamar di subwow hostel bandung

di mana letak subwow hostel bandung

Subwow Hostel Bandung Tidak Menyediakan Toiletries
Berbeda dengan beberapa tempat penginapan yang pernah saya singgahi, di Subwow Hostel tidak menyediakan alat mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, serta tidak ada handuk. Menurut pihak di sana, dulunya mereka menyediakan tetapi sering kali terbuang dan jadi mubazir. Jadi, untuk alasan mengurangi hal yang sia-sia, semua ditiadakan di semua kamar, tapi disediakan di area lobi jika ingin membelinya. Untuk handuk, dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,- dan menjadi hak milik.

“Karena di sini yang datang biasanya backpacker, rata-rata selalu bawa alat mandi sendiri sehingga tidak membutuhkan yang ada di hostel,” kata seorang resepsionis ketika saya menayakan perihal ini. Untungnya, karena memang saya selalu sedia alat mandi sendiri kemana pun saya pergi (mengingat kulit kering sensitif terhadap produk lain), saya tidak terlalu panik saat datang ke Subwow. Oh ya, kamar mandinya sangaaat bersih dan ini adalah poin utama saya saat memeriksa kamar. WC bersih, dan shower-nya juga sedia air panas jika membutuhkan.



Subwow Hostel Menyediakan Ruang Privasi
Pilihan yang tersedia di hostel ini cukup beragam. Ada yang satu kamar untuk berdua, bertiga, dan maksimal berempat, ada juga yang kamarnya sendiri tapi sharing bathroom, dan tersedia kamar sendiri dengan private bathroom. Saya memilih kamar yang sendiri dan kamar mandi di dalam tapi uniknya kalau kamar mandi di dalam pintunya kaca transparan 😁

Nah, ini poin plus juga untuk teman-teman muslimah yang sangat membutuhkan privasi, kita tuh nginap di hostel ini bisa pilih kamar yang sendiri, jadi tidak perlu takut harus sharing room and bathroom with stanger person.
Selain pemilihan soal kamar, saya menyukai ruangannya yang cukup kedap suara. Untuk kita yang ingin bergadang kerja menyelesaikan deadline tidak akan merasa terganggu dengan hal-hal bising.


Lagipula, tempat ini ada di bawah tanah sehingga sangat minim mendengar suara bising kendaraan atau keriuhan di jalan. Kemarin saya menyelesaikan tugas sampai jam dua pagi dan sama sekali tidak merasa terganggu atau merasa takut masih bangun di jam segitu. Karena di lobi ramai orang-orang yang sedang menyelesaikan urusannya masing-masing.

Apakah Subwow Hostel Nyaman?

Saya tidak tahu ya jenis kasur yang dipakai di Subwow ini yang tipe apa tapi badan saya menerima dan sangat nyaman merebahkan diri. Kasurnya tidak terlalu empuk atau yang ada per di dalamnya, tidak keras juga, tapi cukup settle dan mampu membuat saya yang biasanya tidak bisa tidur sendiri di tempat baru, berhasil tidur. Barangkali, selain kasurnya, pemilihan lampu dan suasana yang ada di sana membuat saya merasa nyaman tanpa merasa takut atau risih.

Katakanlah, auranya bagus.


Di Subwow ini lampunya tidak remang atau redup, tapi tidak terang benderang. Saya sulit menjelaskannya karnea bukan orang elektro ya, tapi bagi orang awam seperti Uni, intinya tidak remang tapi nyaman di mata. Kemudian, sama sekali di area ini tidak ada patung atau arca atau lukisan atau foto atau pajangan apa pun yang dapat menajdi ‘isi’ sesuatu makanya saya merasa langsung klik dan betah berlama-lama.

Minimnya dekorasi atau pajangan inilah yang menjadi poin paling utama kenapa saya mau merekomendasikan Subwow Hostel untuk kamu pilih ketika ke Bandung. Kamu akan merasa sangat nyaman dan rileks setelah beristirahat di sini :)

Kelebihan Subwow Hostel Bandung

Harga Subwow Hostel Bandung untuk Private Room kisaran Rp 128.000,- pada hari kerja, dan Rp 150.000,- untuk akhir pekan. Harga per malam sangat murah. Murah ya, bukan lagi terjangkau tapi betulan murah. Seharga satu kali makan di Mujigae atau dua kali minum di Sbux :D

- Disediakan sarapan
- Kasurnya nyaman
- Di dalam kamar terdia colokan
- Kamar mandi bersih
- Tersedia kaca seperempat badan di kamar
- Booking mudah bisa via online
- Bisa dipesan untuk siaap saja bahkan untuk muslimah sekalipun, it’s safe!
- Ada tempat penyimpanan barang setelah checkout
- Lokasi strategis dengan tempat wisata atau belanja
- Ada kolam berenang di lantai paling atas yang boleh digunakan penghuni Subwow. Wow!

Kekurangan
Karena kamarnya kecil, bagi muslim yang ingin salat tidak bisa di kamar jadi harus pergi dulu ke musala yang disediakan di lantai atas. Musala untuk laki-laki ada di lantai 5 dan musala perempuan di lantai 1. Terus saran saya sebaiknya tidak berkespetasi dengan sarapannya karena tiap lidah punya selera yang berbeda.

Ini juga tidak disediakan alat mandi eh ini bukan kekurangan sih, sekadar mengingatkan agar kamu membawanya sendiri.


Setelah ini, barangkali setiap ke Bandung saya akan memesan kamar di Subwow hHostel dengan alasan kenyamanan dan harganya yang dapat diterima. Jadi, sudah siap menginap di Subwow Hostel Bandung, tahun depan?


Comments

  1. Taun depan aku berencana ke bandung, Un. Makasih loh rekomnya. Ini murah beneran hahaha

    ReplyDelete
  2. Benar juga, sih, alat mandi biasanya jarang terpakai kalau di hostel. Karena akupun sering membawanya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Aku sih nggak masalah ngga ada toiletries, yang penting itu ada handuk. Soalnya suka males bawa handuk buat short getaway.

    ReplyDelete
  4. wah aku baru tau tempat ini tapi jauh ya un di leuwipanjang hehehe. Ngaruh ke ongkos gojek hehehhehehe. Cuma dari review uni sepertinya menyenangkan sih. Murah banget pulak!

    ReplyDelete
  5. Kalau berencana ke Kota Bandung lagi, akan mencoba menginap di sana. Lokasinya cukup strategis, bepergian pun jadi mudah juga. Yang tak tidak kalah pentingnya adalah harga terjangkau untuk sekedar tempat beristirahat, cukup nyaman tampaknya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

Manfaat Ester C untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan Tubuh

Hallo, Assalamualaikum :) Saya masih pengangguran nih, not literally, but after graduated I haven’t work in any places dan memutuskan untuk melakukan aktivitas di mana saya dapat mengontrol sendiri waktunya. Bukan berarti hidup saya sempurna, bukan, bahkan cenderung berantakan dan jam tidur sama makan tidak pernah teratur. Belakangan saya tahu, kebiasaan bangun-malam-tidur-siang ini mirip sekali dengan almarhum Papa. Kata Bundo, Papa juga jam tidurnya berantakan, kerja malam siang tidur. Enak betul ya, jadi wiraushawan.



Memiliki aktivitas padat sementara pola hidup tidak teratur, membuat saya harus ekstra menjaga diri agar tetap sehat baik secara fisik dan mental. Untuk mental, wah, Alhamdulillah banyak sekali bahagianya dan ini sulit dibagikan tips-nya karena tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk bahagia, kan? Dalam hal fisik, let me tell you one of the reason why I keep healthy;minum Vitamin C bikin tubuh segar dan sehat.
Saya menjaga kesehatan mulai dari pilih-pilih makanan, dan…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…