Skip to main content

Cegah Jerawat dengan Micellar Water Corine de Farme


Akhir-akhir ini banyak yang cerita kenapa sering muncul jerawat padahal sebelumnya, sebelum hari ini, sebelum mereka mulai padat aktivitasnya, jerawat tidak pernah muncul. "Saya harus bagaimana, Uni?"

Dan pertanyaan itu sebetulnya harus ditanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu. Selain hormon, kadang munculnya jerawat itu dari berbagai faktor. Orang sering bilang muka Uni badak karena mulus terus walau pakai produk macam-macam, mulus terus tanpa jerawat, jadi dibilang badak. Oh, salah. Ini muka sensitif sekali sodara-sodara. Karena dirawat dan dijaga, makanya mulus.

Nah, berikut ini tips untuk menjaga agar wajah tidak  sering jerawatan dan bagaimana cara mengatasinya.

Kang In Na (Ryu Hwa Young) dalam drama Age of Youth
sumber : dispatch

1. Pastikan alas tidur yang dipakai sudah bersih.

Sempatkan waktu untuk menjemurnya dan tepuk-tepuk agar debu yang ada bisa bubar, dan cuci sarung bantalmu dengan rutin. Kadang, orang suka tidak sadar bahwa bantal kotor ini jadi faktor utama yang mendatangkan jerawat.

Saya jarang pakai bantal, tapi tetap jerawatan. Kenapa tuh?

Kasurnya bagaimana? Apakah alasnya bersih? Apakah selimutnya bersih? Pokoknya semua alas tidur mulai dari seprei, sarung bantal guling, dan bahkan penutup mata, bersihkan dengan rutin ya.

2. Jangan sering pegang wajah dengan tanganmu

Kebayang ya, ada banyak sekali bakteri di tangan kita karena paling sering bersentuhan dengan benda pribadi dan bena umum. Saya, selain untuk keperluan pakai skincare dan makeup, jarang dan hampir menjaga agar tangan tidak menyentuh muka. Kalau sangat penting, jangan dengan tangan telanjang. Bisa diakali dengan menggunakan tisu, atau kapas, dkk. Pokoknya jangan deh.

3. Bersihkan makeup dengan Micellar Water yang tepat


Setelah seharian beraktivitas, entah kamu menggunakan makeup atau sekadar sunscreen dan pelemban saja, wajah harus -wajib hukumnya- untuk dibersihkan dengan micellar water dulu sebelum cuci muka. Supaya debu, kotoran, polusi, asap sate, dan entah apalah itu yang menempel di wajah kita bisa bersih dan diangkat dulu sama si micellar ini.

Dalam pemilihan micellar water, pastikan kamu mencari yang bahannya aman seperti tanpa paraben, alkohol, dan pilih yang hypoallergenic. Misalnya seperti Micellar Water dari Corine De Farme yang menggunakan bahan-bahan berkualitas dari Prancis.

Saya sudah pernah coba produk ini dan cukup senang karena teksturnya yang cair seperti air mineral mampu mengangkat debu dan makeup dengan baik. Setelah dipakai juga tidak ada sisa seperti berminyak atau jadi kering. Pokoknya muka berasa seperti apa adanya, seperti biasanya.

4. Cuci muka dengan air dingin atau air dengan suhu biasa


Ini juga penting. Misalnya kamu sering mencuci wajah dengan air hangat, mulai sekarang dikurang-kurangin, ya. Sebab air hangat membuka pori-pori dan berpotensi memudahkan masuknya debu serta bakteri lain. Jardi pakai air biasa saja. Atau, pakai air hangat saat membasuh, tapi dibilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajahmu.


5. Selalu Bersyukur


Satu dari sekian faktor munculnya jerawat karena kita banyak pikiran. Mikir tagihan yang belum dibayar, mikir harus cari uang ke mana untuk biaya rawat kucing, mikirin kenapa gebetan pergi tiba-tiba dan kamu dapat kabar ternyata dia nikah. Eh, itu pengalaman saya.

Intinya kalau banyak masalah, bersyukur aja, jangan dibawa stres. Bersyukur Tuhan kasih banyak masalah untuk dipikir, bersyukur masih punya otak untuk berpikir, bersyukur karena masalah-masalah itu kelak akan membuat kita menjadi dewasa dan siap menghadapi segala kemungkinan.

Jadi, alih-alih bilang jangan lupa bahagia, saya lebih sarankan untuk selalu bersyukur, apa pun masalah dan cobaan yang kita hadapi. Termasuk jika jerawat datang, disyukuri saja. Dikasih jerawat itu tandanya kita harus lebih perhatian dengan diri sendiri :)

Selamat mencoba, teman-teman.

Comments

  1. Bener banget nih yang Uni sampaikan. Sprei juga mesti rutin diganti. Kalau kotor dan berdebu meskipun sudah merawat wajah, ya jerawat juga bakal mampir.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…