Skip to main content

Review Foundation Purbasari Kuning Langsat


Pekan lalu saya mampir ke Giant Yasmin Bogor untuk membeli keperluan kado lebaran. Di keluarga saya ada tradisi tidak resmi di mana anak-anak wajib membawa kado untuk ditukar sebelum bagi-bagi THR dan itu sudah rutin dijalankan sekian tahun. Karena di hari sebelumnya saya dan Bundo tersasar di galaksi Bekasi dan tiba di rumah pukul sebelas malam, tidak sempatlah saya membeli hadiah dan saat tiba di Giant bukannya membeli kado malah melipir ke konter makeup :D



Saya pun iseng membeli Foundation Purbasari Kuning Langsat sebagai varian dari foundation Purbasari untuk kulit sawo matang. Dari hasil baca-baca review foundation Purbasari natural bagus dan murah. Penasaran? Tentu saja. Kenapa orang bilang bagus? Padahal harganya sangat murah bahkan lebih murah dari Chatime atau Thai Tea yang biasa saya beli sebagai jajanan akhir pekan :’)

Harga : Rp 8.000,-
Ukuran : 35 ml
Beli di : Giant, Watson, Guardian, Century, dan Transmart

 Foundation Purbasari Memiliki Kemasan Unik

Macam-macam foundation Purbasari konon ada banyak, tapi yang saya temukan hanya dua yaitu Purbasari Alas Bedak Kuning Langsat Ekstrak Markisa & UV Filter dan satu lagi varian Purbasari Alas bedak Kuning Gading. Saya suka sekali karena tidak seperti kebanyakan produk lokal yang menggunakan bahasa Inggris di deskripsinya, produk ini menggunakan bahasa Indonesia seperti menulis Markisa dan alas bedak. Sangat nasionalis :D





Dengan harga yang lebih murah dari harga Lip Cream, alas bedak Purbasari memiliki kemasan cukup unik dan menarik; didominasi dengan warna putih-oranye, bentuk tube-nya pipih dan semi hard-case. Bagian depan diberi stiker series Purbasari yang bunga pink kesukaan saya disertai label halal sebagai jaminan produknya.





Tekstur Purbasari Tidak Patchy

Sedari awal saya tidak berharap banyak pada Foundation Purbasari Kuning Langsat mengingat harganya yang murah dan saat di konter tester-nya habis jadi sama sekali tidak bisa mencoba. Saat itu pun saya mau membeli yang Kuning Gading tapi mbak BA mengatakan kulit saya cocoknya pakai yang Kuning Langsat. Setelah dicoba, teksturnya cukup liquid dan agak kental tapi mudah untuk dibaurkan dan tidak patchy.

Lalu kaget
Eh, kok haslinya bagus?!





Ketika saya coba di punggung tangan ini pakainya kebanyakan jadi berasa berat dan tebal walaupun blend-able, bahkan cukup menutupi kekurangan yang ada. Itu kalau dilihat baik-baik, urat tangan saya sampai ketutupan warna birunya.

Nah, saat diaplikasikan ke wajah saya hanya memakainya tipis-tipis sehingga menghasilkan tampilan yang sheer yet dewy. Setelah beberapa menit, saya merasa ini cukup moist, lembuuut sekali. Hasilnya yang dewy tapi tidak membuat berminyak inilah yang membuat saya jatuh cinta! Coverage-nya bahkan lumayan bisa menutupi noda bekas jerawat dan tahi lalat, nih.



Tutorial makeup-nya sudah tayang di IGTV unidzalika



Overall, Alas Bedak Purbasari cocok untuk kamu yang kulitnya kering dan lebih cocok lagi bagi kamu yang memiliki wajah dengan sedikit ketidaksempurnaan, jadi tidak perlu berlapis-lapis menutupi kekurangan. Finishing-nya di saya jadi dewy dan tahan lama sampai enam atau tujuh jam dengan kondisi sudah terbasuh air wudu berkali-kali.


Kandungan Foundation Purbasari 


Komposisi:
Aqua, Talc, Cyclomethicone, Alcohol, Octyl Palmitate, Isopropyl Myristate, Cl 77891, Propylene Glycol, Cetyl Alcohol, Sorbitan Olivate, Silica Dimethyl silylate, Zinc Oxide, PEG-30 Dipolyhydroxystearate, Sodium Chloride, Cl 77499, Cl 77491, Propylparaben, BHT, Butylparaben, Tetrasodiom EDTA, Lactic Acid, Passiflora Edulis Seed OIL.

Komposisinya ini yang akhirnya membuat saya mengambil keputusan untuk tidak membelinya lagi. Produk ini bagus, hasilnya luar biasa, menutupi kekurangan dengan baik dan tidak oxy atau lumer di wajah saya, tapi kandungannya berisi alkohol, paraben, alkohol lagi, paraben lagi, dan juga ada parfum. Sama sekali tidak ramah untuk bumil, busui, promil, dan kamu yang berkulit sensitif… Tapi kalau penasaran coba saja ya, toh ini brand trusted yang sudah ada dari sejak saya belum lahir :D

Intinya, jika kamu mengabaikan dan tidak terlalu peduli dengan kandungan yang ada, produk ini boleh kamu coba untuk penggunaan sesekali misal saat mau ke indomaret depan rumah atau mampir ke rumah tetangga biar lebih segar, pakai foundation ini. Terlebih lagi dia memiliki Zinc Oxide yang menjadi UV Filter untuk membantu melindungi kulit dari sinar matahari (tapi tetap wajib pakai sunscreen ya!).

Repurchase?
Maybe.




UPDATE 13/07/18


Setelah beberapa kali pemakaian memang saya suka sekali dengan hasil akhirnya yang membuat wajah tampak cerah dan mulus. Tetapi produk ini tidak cocok di kulit saya karena setiap pakai ini langsung keluar semua jerawat kecil seperti biang keringat di area dahi dan dagu. Bahkan setelah berhenti pakai, wajah saya masih bruntusan :(

Well, di luar coverage tekstur dan packaging-nya yang lucu, sebagai anak yang berjuang mengatasi kekeringan kulit, saya memilih tidak lagi memakainya.



Repurchase?
Nope.

Comments

  1. Owh yah ampyunnn.. harganya bikin terkaget2.. Murce abizzzz.. Thanks reviewnya ya

    ReplyDelete
  2. Loh sama banget, aku pakai ini juga. Warnanya sama juga kuning langsat.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, harganya... bikin shocked :)))

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…