Skip to main content

Indonesia 2020 bersama Sembutopia



Sementara saya sibuk pada apa-apa yang saya minati saja, di luar sana seorang Ibu membawa anak-anaknya untuk melakukan aksi bom bunuh diri dan itu terjadi di dekat kita, di Indonesia. saya jarang sekali peka atau senang memerhatikan berbagai isu, entah karena saya apatis atau saya sedang kehilangan minat pada banyak hal kecuali satu; sejarah.

Sumber : riyardiarisman


Belakangan ini saya senang mempelajari Sejarah dan Budaya Korea Selatan karena menyukai tata karma dan kesopanan yang mereka jalani di kehidupan sehari-hari. Saking asyiknya, sampai tidak ‘ngeh’ dengan terror teroris yang bberapa kali membuat risau banyak orang. Lantas saya disadarkan bahwa negara yang sedang saya tinggali ini tidak selalu aman sekalipun kita telah merayakan Hari Kemerdakaan Indonesia, berkali-kali. Kenapa saya mendadak jadi bahas sejarah dan bukan tentang makeup atau fashion? Mungkin akibat acara #TakdirKejayaan bersama Sembutopia di Restoran Javanegra Kebayoran Lama, 20 Mei 2018 kemarin. Selain memperingati Hari Kebangkitan Nasional, kami juga berdiskusi mengenai #Indonesia2020

baca juga : Apa itu SEMBUTOPIA?

Bagaimanapun, membahas sejarah dan mendadak jadi nasionali ini merupakan waktu yang tepat mengingat pada 20 Mei 1908 lalu adalah permulaan sebagai Hari Kebangkitan Nasional saat Organisasi Boedi Oetomo mulai didirikan oleh Dr. Sutomo dan dibantu para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen), Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji. Organisasi yang digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo menjadi pelopor dan setelahnya mulai bermunculan beberapa organisasi besar seperti Indische Partij , Partai Politik pertama di Indonesia pada tahun 1912,  Sarekat Dagang Islam, Muhammadiyyah, dan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra.

Saya menyukai organisasi, bergabung di dalamnya membuat kita jadi berpikir kritis. Saya ikut banyak organisasi saat sekolah dan kuliah, tap memutuskan ‘pensiun’ setelahnya dan sekarang lebih menikmati diam di rumah sambil menonton semua tayangan drama legal dan kriminal.





Nah, di acara Sembutopia kemarin, ada speaker yang menarik perhatian saya. Kak Kanti Janis, merupakan seorang advokat yang aktif di beberapa forum dan beliau mengatakan, sangat disayangkan sekali menyaksikan masyarakat kita lebih senang dengan budaya luar ketimbang budaya sendiri yang mana lebih kaya dalam hal apa pun.

Misalnyq, budidaya ikan asin. Hampir di semua daerah Indonesia memiliki baragm ikan asin yang menjadi ciri khas kota masing-masing. Dan bagi orang yang mengenalnya, ikan asin dianggap sebagai makanan mahal, tapi sering kali dianggap sepele oleh anak-anak mudah kekinian. 

Saya setuju, dan tidak akan menyangkal, memang benar Indonesia ini kaya akan SDA, tradisi, budayanya, bahkan bahasa daerah kita saja lebih dari jumlah provinsi yang tercatat. Belum lagi kekayaan di dunia literasi, duh, banyak sekali.



Ini juga yang akhirnya disampaikan oleh Pak Kafi Kurnia, bahwa kita, generasi muda, harus mulai peka dan kembali mencintai segala hal yang ada di Indonesia, bisa dimulai dari bagaimana kita bangga memamerkan kuliner tradisional, lebih aktif membaca dan mendengarkan lagu karya anak bangsa. Dan tambahan dari saya pribadi, tidak malu dan mau menyebarkan kebanggan kita terhadap kosmetik lokal :D

Dan tentu saja harus dimulai dari diri sendiri dulu, sebab, masa depan generasi selanjutnya berada di tangan kita.

Comments

  1. setujuu apa yang di katakan oleh Pak Kafi, sudah saat nya kita generasi sekarang mencintai semua produk Indonesia ya kak. semoga aja gagasan beliau yg Indonesia 2020 bisa terwujud mengembalikan kejayaan Indonesia, aamiin

    ReplyDelete
  2. Kalau saya akan memulainya dengan konsumsi d rumah ikan asin, kerupuk,kecap, tempe dan viralkan di medsos,agar dunia tahu semua itu Jejak Kejayaan Indonesia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?




Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…