Skip to main content

Kampung Hukum 2018 Diramaikan oleh 12 Lembaga Hukum




Assalamualaikum!

Hai, apakah kamu sering menonton drama Korea?
Sejak aktif menonton drama korea bergenre pembunuhan atau kriminalitas, ketertarikan saya pada dunia hukum semakin meningkat. Saya jadi penasaran akan banyak hal; bagaimana jaksa hukuman untuk jaksa yang menutupi kejahatan, bagaimana kode etik untuk para pengacara yang melindungi kliennya, dan bagaimana sebetulnya hukum di tiap negara bekerja. Dan, apakah hokum di Indonesia memiliki kesamaan dengan Hukum di Korea Selatan? Tontonan seperti drama Untouchable, misalnya. Kental sekali dengan nuansa politik dan perebutan kekuasaan, mirip-mirip kasusnya dengan yang biasa kita dengar.





Pada awal Maret lalu (01/03) Mahkamah Agung menggelar acara pameran “Kampung Hukum 2018” dengan tema “Membangun Kesadaran Bermedia Sosial Secara Cerdas dan Bertanggung Jawab” di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Senang sekali saya dapat kesempatan untuk menghadiri acara tersebut karena dapat menambah ilmu baru yang tidak berkaitan dengan topik kecantikan.

Dibuka dengan sambutan dari Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, acara ini pun diharapkan dapat meningkatkan intergritas dan kualitas pelayanan publik dalam melaksanakan kemandirian badan peradilan. 12 lembaga yang turut meramaikan acara ini yaitu Komisi Yudisial (YK), Mahkamah Konstitusi (MK), Kementrian Hukum dan HAM, Badan Narkotika Nasional (BNN), Ditjen Peradilan Agama MA, Badan Pengawasan MA, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Ditjen Peradilan Umum MA, Ditjen Peradilan Militer dan TUN MA, Kepolisian RI, Balitbangdiklat MA, Majelis Permusyawaratan, dan juga dua bank yang hadir; BTN dan BNI syariah.













Di acara ini juga ada talk show yang cukup menarik, bertajuk "Pencemaran Nama Baik Melalui Hoax Pada Media Sosial” yang memaparkan bagaimana kita seharusnya bijak menggunakan media sosial, juga bagaimana menyikapi berita yang menyebar. Apalagi di masa sekarang, banya sekali berita yang beredar dan dengan mudahnya disebar tanpa mencari tahu dulu kebenarannya. Hebatnya, kepolisian kita saat ini cukup cekatan dalam merespon pengaduan loh, jadi misalnya ada public figure yang merasa sakit hati atau kesal dan mengadukan perihal ini, akan cepat ditanggapi dan ditelusuri siapa pelakunya. Wah, hebat!

Beberapa permainan yang dihadirkan di tiap booth juga membantu tamu untuk lebih mengenal seputar hukum. Saya menyukai bagaimana acara ini dapat memberikan edukasi yang cukup bermanfaat bagi anak-anak muda dengan cara yang kreatif dan tidak mendikte. Bahkan buku seperti pasal dan aturan-aturan hukum yang berlaku dibagikan secara cuma-cuma!




Oh ya, selain diselingi dengan beberapa acara hiburan seperti Stand Up Comedy oleh Jamal Syukron, diumumkan juga lomba vlog dan meme yang sudah diikuti oleh banyak orang dan pemenangnya adalah anak-anak mahasiswa yang memenangkan hadiah jutaan rupiah. Bagi saya, acara ini perlu diadakan tiap tahun sebagai ajang edukasi bagi kita-kita yang mengggilai ilmu hukum tapi tidak mengambil jurusan tersebut. Bagaimana menurut kamu?

Comments

  1. Acara yang menarik terkait sosialisasi mengenai masalah hukum, semoga akan lebih banyak even semacam ini buat masyarakat umum supaya lebih melek hukum ya

    ReplyDelete
  2. Wuiih. Sayangnya kamu datangnya agak siang, Un. Semoga berikutnya masih diadakan lagi, ya. Dan pastikan dirimu datang pagi biar bisa coba semua gamesnya. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih datang siang sebab mengincar talk show-nya, hehe

      Delete
  3. acara hukum yang cukup asik menurutku nih, belajar hukum lewat quiz yang diadakan disetiap stand.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?



Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…