Suzuki Ignis Aman dan Gaya untuk Masyarakat Urban


Assalamualaikum, Young Ladies…
Ada masa di mana saya selalu membayangkan sedang duduk di belakang kemudi mobil, berhenti di depan lobi utama alih-alih ke parkiran, kemudian melangkah turun dari dengan heels cantik yang terlihat kali pertama oleh valet dan satpam. teman-teman di bangku penumpang ikut keluar dari mobil dan kami cekikikan masuk ke dalam mall. Orang-orang nantinya akan bergumam betapa cantik dan stylish yang bawa mobil barusan. Bayangan tersebut seringkali mampir dalam kepala dan membuat saya jadi semangat untuk kerja lebih keras dari sebelumnya.


Kira-kira, inilah ilistrasi ketawa bahagia turun dari mobil.
(ki-ka : Dza - Ratri - Riri, di belakang kabin Suzuki Ignis.
Dokumentasi milik Riri, dibantu foto oleh Aryan)


Kenyataannya, sampai detik ini saya masih lebih sering berada di balik jendela bus yang bahkan tidak dapat melindungi penumpangnya dari guyuran hujan atau debu yang berterbangan. Turun dengan sandal jepit dan sampai di lokasi dengan muka sudah lusuh akibat dihantam polusi selama perjalanan. Begitulah. Mobil memang tidak mudah didapatkannya. Sama seperti cinta dia yang meskipun saya sudah berusaha sekuat tenaga, masih saja mustahil dimilki.

Omong-omong soal mobil, bayangan saya selalu mengenai city car. Saya menyukai mobil yang berukuran kecil dan unik. Meskipun saya tahu mobil berjenis LCGC kadang-kadang tidak mudah untuk struggle di jalanan yang penuh rintangan. Nah, salah satu jenis city car yang baru saja rilis tahun ini adalah Suzuki Ignis. Mobil tersebut diluncurkan saat IIMS (Indonesia International Motor Show) di bulan April dan kembali dikenalkan di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) bulan Agustus dengan tipe GL AGS.

Suzuki Ignis diklaim sangat cocok sebagai sahabat berkendara generasi millenial karena memiliki desain yang sporty, ringan, gesit, juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang banyak sehingga pengguna dapat merasa nyaman saat berkendara. Mobil buatan pabrik asal Jepang ini merupakan tipe SUV dan kabarnya, didatangkan ke Indonesia dalam bentuk utuh (CBU) dari India.


Ketertarikan saya pada mobil tersebut berjodoh dengan acara #SuzukiBloggerGathering yang berlangsung pada pada 16 Septeber lalu, di mana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan edukasi mengenai keselamatan berkendara sekaligus memperkenalkan fitur apa saja yang dimiliki oleh mobil keluaran baru tersebut. Bertempat di the Hook Restaurant, hadir juga beberapa teman bloger yang sama antusiasnya menyimak acara.


Saat mencoba mobil, kabin cukup luas dan kemudi sangat nyaman. Bangku belakang juga cukup nyaman.


Long story short, anak muda zaman sekarang biasanya identic dengan mengemudi yang agak tergesa-gesa dan kurang memerhatikan keselamatan. Tapi bukan hanya anak muda, orang tua juga biasanya teledor dengan membiarkan anak di kemudi sehingga rentan menimbulkan kecelakaan. Pentingnya berkendara dengan selamat bukan hanya bagaiaman kita pelan-pelan saat menyetir saja, tapi harus didukung juga dengan kecanggihan mobil yang digunakan. Nah berangkat dari pemikiran tersebut mobil ini akhirnya menghadirkan banyak fitur keselamatan. Apa saja, ya? Berikut saya rangkum menggunakan bahasa manusia sendiri sebab saya pribadi tidak terlalu paham dunia otomotif dan saya pun akan kesulitan memahami juga menjelaskan kalau menggunakan bahasa otomotif, so here we go!

            Fitur Keselamatan yang menjanjikan



1. Fitur Pretensior dan Force Limiter pada sabuk pengaman.
Fitur tersebut secara otomatis akan menarik atau mengencangkan tali sabuk jika terdeteksi ada kemungkinan terhantam ke depan. Ini membuat penumpang menjadi lebih aman dan siaga sehingga meminimalisir adanya benturan.

2. Fitur Dual SRS Airbag di area kepala.
Fitur ini berfungsi untuk melindungi penumpang dan pengemudi dari benturan dan mengurangi cidera dari tabrakan (amit-amit). Jadi tuh ada 89% responden yang pernah menalami kecelakaan mengaku mengalami cidera bagian kepala dan Suzuki ingin meminimalisir hal tersebut jika kita memakai Suzuki Ignis.

3. Fitur Anti-Lock Bracking System (ABS) sebagai system pengereman.
Biasanya kan kita atau jika melihat teman kita atau saat menonton adegan naik mobil, saat ada pengereman mobil berhenti mendadak ‘kan ya, dan itu bikin ban jadi licin atau silep, pengemdi dan penumpang juga jadi kaget dan tidak nyaman. Beberapa adegan film malah membuat momen seperti ini sebagai salah satu cara alasan untuk kecelakaan di mana si tokoh akan panik atau mendadak gugulingan gitu mobilnya.

Nah mobil ini memiliki fitur yang membuat rem  roda tidak terkunci saat ada hard bracking, sehingga mobil dapat dikontrol untuk maneuver menghindar. Oh ya, bahkan disediakan juga BA atau Brake Assist yang membuat pengemudi merasa aman saat pengereman darurat. Daebak sekali.

4. Fitur Electronic Powr Steering di kemudi.
Fitur ini membuat kemudi lebih nyaman karena ringan dan presisi sehingga saat kita menggunakannya tidak akan merasa berat. Kalau masih terasa berat mungkin ada setan yang ngikut.

5. Fitur Total Effective Control Technology di struktur body.
Fitur ini hadir untuk meningkatkan kenyamanan saat kita melewati jalan yang jugijagijug (tidak rata) sehingga dengan adanya fitur ini jadi meminimalisir dari benturan kalau ada guncangan atau tabrakan.

6. Fitur ISOFIX utuk kenyamanan bayi.
Fitur ini terintregasi di jok penumpang belakang dan akan membuat penumpang khususnya bayi atau anak-anak akan lebih nyaman. Wah, mobilnya visioner sekali yes? Sebab katanya mobil #AmanPangkalGaya ini kan cocok untuk generasi millennial which is mean young adults atau masih muda dan belum menikah tuh ya, tapi sudah disediakan fitur ISOFIX yang artinya kalau kamu beli ini mobil, bakal awet sampai nanti kamu punya anak. Nah, angan lupa gunakan fitur tersebut. OK? :D

7. Fitur Immobilizer.
Ini sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya pencurian dengan cara akan menangkap sinyal dari kuci asli. Jadi mobil ini tidak akan hidup tanpa kunci asli. Keren sekali ya dapat mendeteksi mana yang asli dan palsu. Cinta aja tidak begitu, kadang-kadang seringkali hati kita terbuka pada cinta yang palsu.

Selain fitur di atas, mobil ini masih memilki beberapa keunggulan yang perlu kamu tahu baik dari dalam maupun body luarnya. Apa sajakah itu?



  • Memiliki headlamp tipe LED Projector headlamps with DRL pada varian tertinggi sehingga mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang. Disediakan juga fog lamp yang terpasang di bagian bawah bumper depan untuk membantu pencahayaan ketika berkendara di cuaca hujan deras bahkan berkabut sekalipun.

Saya ingat, beberapa kali menjadi navigator saat berpergian, saya melihat mobil yang kami gunakan kesulitan melihat jalan saat hujan berkabut. Nah mobil berjenis SUV ini membantu pengguna agar penglihatan jalan semakin maksimal.

  • Di bagian belakang, hadir dengan mengusung High Mount Stop Lamp berteknologi LED dan Rear Combination Lamps yang didesain mampu memberikan pencahayaan sama terang dengan lampu depan, tetapi stop lamp yang dibawanya dikatakan tidak akan membuat silau pengendara di belakangnya.


  • Ruang kabin cukup luas. Dashboard depan dibuat secara terpisah dengan Head Unit yang dibawanya. Pada head unit maupun dashboard dilengkapi dengan panel instrumen yang cukup futuristik dengan adanya beberapa fitur hiburan seperti radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA, Bluetooth (tipe GX), pengaturan suhu ruang kabin/climate control dan heater. Di mana desainnya dibuat unik dan semua tombol tekan ditampilkan secara digital.

  • Bagian setir kemudi bisa dilihat Multi Instrument Display (MID) yang cukup informatif dengan tampilan yang begitu sporty dan elegan.

  • Setir kemudi sudah dilengkapi dengan fitur tombol navigasi yang sudah terintegrasi dengan panel pada Head Unit. Dengan demikian maka akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam mengatur atau mengontrol musik maupun MP3 tanpa mengganggu pandangan mengingat hanya cukup memencet tombol navigasi pada setir kemudinya.

  • Jok empuk terbuat dari bahan material berkualitas tinggi guna memberikan kenyamanan kepada setiap penumpangnya. Bahkan, pada bagian belakang terdapat bagasi yang dinilai cukup luas dan fungsional untuk membawa barang bawaan. Bahkan saya bisa masuk di dalamnya :D

  • Memiliki jarak terendah dengan tanah (ground clearance) setinggi 180 mm yang dinilai sudah sangat cocok untuk sebuah mobil SUV. Sehingga akan membuat mobil ini lebih mudah ketika dikendarai di medan off road sekalipun.

  • Mengusung struktur bodi Total Effective Control Technology yang dibangun dari platform generasi terbaru Heartect yang begitu kokoh dan kuat. Di mana struktur tersebut terdiri dari high-rigid underbody dengan material High-Tensil Steel yang diyakini tetap andal di segala medan jalan.


Setelah mengetahui banyaknya fitur yang disediakan, saya mendadak pengin banget punya ini mobil karena menurut saya dia sangat cocok untuk orang-orang yang ceroboh dan selebor macam saya :D Well, doakan semoga rezeki saya lancar dan berkah biar bisa sesegera mungkin memiliki mobil, amiin. Nah untuk kamu yang juga berminat, berikut harga terbaru Suzuki Ignis tahun 2017 :



 Suzuki Ignis GL MT     Rp 139.500.000,-
 Suzuki Ignis GLX MT   Rp 159.500.000,-

 Suzuki Ignis GLX AGS  Rp 169.500.000,-

7 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih Ysuf, semoga mengerti isi review-nya ya :)

      Delete
  2. Maulah mobilny4 Un... Kapan yaaaaaaaa?? 😶😶😶

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya haha mau ya, kapan-kapan semoga lekas dimudahkan rezekinya ya, Ucup :)

      Delete
  3. Nice and detail review kak!


    xoxo
    ayu

    ReplyDelete
  4. kak beliin aku satu dong, mobil aku kurang tangguh nih hehehe

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)