Sepatu Boots Perlu Cara Khusus untuk Merawatnya

Assalamualaikum...




Boots memang sedikit berbeda daripada jenis Sepatu kebanyakan lainnya yang mana lebih simpel dan mudah perawatannya dibandingkan dengan boots. Untuk jenis bahan sendiri, boots ada yang terbuat dari kulit asli (genuine leather), kulit sintetis (synthetic leather), suede dan kanvas. Untuk boots yang berbahan kulit, baik kulit asli maupun sintetis perlu penanganan khusus untuk merawatnya. Kedua bahan tersebut memang nampak lebih eksklusif dibandingkan bahan lainnya seperti kanvas atau suede. Beda bahan tentu beda pula perawatannya. Berikut ini adalah cara merawat boots berbahan kulit, baik genuine maupun synthetic:

pinterest.


  1. Selalu gunakan boots dalam keadaan kering.
Sebisa mungkin hindari pengunaan boots pada saat kaki Anda masih basah, hal ini akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada boots dan kaki Anda. Boots yang terbuat dari synthetic juga sebaiknya tidak diajak untuk “berbasah-basahan” dalam artian sebisa mungkin, boots jangan dipakai di kala hujan atau dicuci dengan air dan sabun. Namun, jika sudah terlanjur basah, segera lap boots Anda dengan kain yang kering dan bersih, lalu keringkan dengan menggunakan hair dryer. Pemakaian boots saat kaki masih dalam kondisi basah juga akan membuat kaki Anda berbau tak sedap.


  1. Gunakan pengharum boots atau bahan alami lainnya.
Boots yang terbuat dari bahan kulit memang cenderung terasa gerah dan panas, ini akan menyebabkan keringat berlebih pada kaki dan aroma yang tidak sedap, terutama jika setelah dipakai seharian. Agar Anda lebih percaya diri saat memakai boots, gunakan pengharum khusus boots, kapur barus atau gunakan bahan-bahan alami lainnya seperti teh celup, kopi bubuk atau baking soda. Caranya mudah saja, ambil salah satu dari bahan tersebut secukupnya lalu masukkan ke dalam Sepatu dan biarkan semalaman.


  1. Jangan dijemur terlalu lama.
Sah-sah saja jika ingin menjemur boots yang terbuat dari bahan kulit, terutama jika sedang dalam kondisi basah atau beraroma tak sedap, namun sebaiknya tidak dijemur terlalu lama dan tidak di bawah sinar matahari terik. Waktu penjemuran yang baik adalah di bawah pukul 12.00 dan waktu penjemuran tidak lebih dari 3 jam, jika boots dibiarkan terlalu lama di bawah terik matahari maka ia akan membuat lapisan kulitnya mudah pecah-pecah.


pexels.com




  1. Simpan di tempat yang bersih dan kering.
Jika masih ada box-nya, simpanlah boots Anda di dalamnya dalam keadaan kering. Jangan pernah menyimpan boots dalam keadaan basah di dalam kotak yang tertutup karena juga dapat menjadi tempat berkembangnya jamur. Namun jika sudah tidak ada kotaknya, sebaiknya simpan boots Anda di tempat yang kering, bersih atau di dalam rak yang tertutup.


  1. Semir secara berkala atau gunakan leather shield.
Menyemir boots atau menggunakan cairan leather shield (pelindung kulit) juga dapat mencegah boots mudah pecah-pecah atau terkelupas. Semir boots Anda dengan warna semir yang sama dan sikat yang halus dengan teknik penggosokan satu arah, bukan bolak-balik atau gunakan cairan leather shield dengan kain lap yang lembut.




  1. Gunakan lem atau segera bawa ke tukang sol.
Jika boots Anda sudah mulai renggang pada bagian solnya, atau ada bagian yang sobek, jangan dibiarkan begitu saja karena sobekan-sobekan tersebut bisa saja menjadi lebih lebar. Jika Anda memang benar-benar menyayangi boots Anda, maka sebaiknya segera bawa ke tukang sol sepatu atau bisa juga dengan menggunakan lem khusus boots yang banyak dijual di toko-toko.


1 comments:

  1. punya sepatu boots buat naik gunung. eh itu sepatu gunung deng ya. sama separu boots buat berkendara. sama apboots buat banjer :)))

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)