Skip to main content

Sepatu Boots Perlu Cara Khusus untuk Merawatnya

Assalamualaikum...




Boots memang sedikit berbeda daripada jenis Sepatu kebanyakan lainnya yang mana lebih simpel dan mudah perawatannya dibandingkan dengan boots. Untuk jenis bahan sendiri, boots ada yang terbuat dari kulit asli (genuine leather), kulit sintetis (synthetic leather), suede dan kanvas. Untuk boots yang berbahan kulit, baik kulit asli maupun sintetis perlu penanganan khusus untuk merawatnya. Kedua bahan tersebut memang nampak lebih eksklusif dibandingkan bahan lainnya seperti kanvas atau suede. Beda bahan tentu beda pula perawatannya. Berikut ini adalah cara merawat boots berbahan kulit, baik genuine maupun synthetic:

pinterest.


  1. Selalu gunakan boots dalam keadaan kering.
Sebisa mungkin hindari pengunaan boots pada saat kaki Anda masih basah, hal ini akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada boots dan kaki Anda. Boots yang terbuat dari synthetic juga sebaiknya tidak diajak untuk “berbasah-basahan” dalam artian sebisa mungkin, boots jangan dipakai di kala hujan atau dicuci dengan air dan sabun. Namun, jika sudah terlanjur basah, segera lap boots Anda dengan kain yang kering dan bersih, lalu keringkan dengan menggunakan hair dryer. Pemakaian boots saat kaki masih dalam kondisi basah juga akan membuat kaki Anda berbau tak sedap.


  1. Gunakan pengharum boots atau bahan alami lainnya.
Boots yang terbuat dari bahan kulit memang cenderung terasa gerah dan panas, ini akan menyebabkan keringat berlebih pada kaki dan aroma yang tidak sedap, terutama jika setelah dipakai seharian. Agar Anda lebih percaya diri saat memakai boots, gunakan pengharum khusus boots, kapur barus atau gunakan bahan-bahan alami lainnya seperti teh celup, kopi bubuk atau baking soda. Caranya mudah saja, ambil salah satu dari bahan tersebut secukupnya lalu masukkan ke dalam Sepatu dan biarkan semalaman.


  1. Jangan dijemur terlalu lama.
Sah-sah saja jika ingin menjemur boots yang terbuat dari bahan kulit, terutama jika sedang dalam kondisi basah atau beraroma tak sedap, namun sebaiknya tidak dijemur terlalu lama dan tidak di bawah sinar matahari terik. Waktu penjemuran yang baik adalah di bawah pukul 12.00 dan waktu penjemuran tidak lebih dari 3 jam, jika boots dibiarkan terlalu lama di bawah terik matahari maka ia akan membuat lapisan kulitnya mudah pecah-pecah.


pexels.com




  1. Simpan di tempat yang bersih dan kering.
Jika masih ada box-nya, simpanlah boots Anda di dalamnya dalam keadaan kering. Jangan pernah menyimpan boots dalam keadaan basah di dalam kotak yang tertutup karena juga dapat menjadi tempat berkembangnya jamur. Namun jika sudah tidak ada kotaknya, sebaiknya simpan boots Anda di tempat yang kering, bersih atau di dalam rak yang tertutup.


  1. Semir secara berkala atau gunakan leather shield.
Menyemir boots atau menggunakan cairan leather shield (pelindung kulit) juga dapat mencegah boots mudah pecah-pecah atau terkelupas. Semir boots Anda dengan warna semir yang sama dan sikat yang halus dengan teknik penggosokan satu arah, bukan bolak-balik atau gunakan cairan leather shield dengan kain lap yang lembut.




  1. Gunakan lem atau segera bawa ke tukang sol.
Jika boots Anda sudah mulai renggang pada bagian solnya, atau ada bagian yang sobek, jangan dibiarkan begitu saja karena sobekan-sobekan tersebut bisa saja menjadi lebih lebar. Jika Anda memang benar-benar menyayangi boots Anda, maka sebaiknya segera bawa ke tukang sol sepatu atau bisa juga dengan menggunakan lem khusus boots yang banyak dijual di toko-toko.


Comments

  1. punya sepatu boots buat naik gunung. eh itu sepatu gunung deng ya. sama separu boots buat berkendara. sama apboots buat banjer :)))

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?





Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang le…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…