Ketahui Kiat Memilih dan Harga Speaker Mobil di Pasaran

Assalamualaikum, Young Lady and Gentlemen,





Pernah keliling kota dengan kendaraan pribadi?


Melakukan perjalanan cukup panjang dengan kendaraan pribadi kerap kali melelahkan dan cukup membosankan. Itulah mengapa, fungsi audio video yang terdapat pada mobil mampu menjadi hiburan yang akan menemani perjalanan agar lebih menyenangkan. Namun, bagi Anda yang kini sedang berencana untuk membeli speaker mobil guna mengganti speaker lama, maka perlu diketahui bahwa harga speaker mobil terbaik di pasaran sangat beragam. Jadi Anda perlu menyiapkan budget khusus demi mendapatkan speaker yang diinginkan. Berikut ini beberapa tips untuk membeli speaker yang sesuai bagi mobil Anda;



pexels.com





  1. Speaker mana?
Pertama, konsumen perlu memutuskan speaker mana yang perlu diganti. Mengingat kebanyakan mobil memiliki empat speaker dimana semua speaker berada di pintu dashboard depan dan dua speaker lain berada di bagian pintu dashboard belakang. Untuk itu putuskan speaker mana yang harus Anda ganti, bagian depan atau belakang atau mungkin keseluruhan.


  1. Ukuran
Speaker untuk mobil tersedia dalam 4 ukuran yaitu 4”, 5”, 6” dan 6,5”. Untuk itu pastikan ketahui ukuran speaker mana yang ada di mobil Anda. selain itu tentukan juga jenis speaker yang akan Anda pilih, apakah speaker split komponen atau koaksial lantaran keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Speaker koaksial memiliki beberapa driver dalam satu paketnya sehingga memungkinkan memancarkan frekuensi secara lebih luas. Sedangkan speaker split komponen hanya memiliki satu driver saja dan driver lainnya dijual secara terpisah, tapi memiliki kualitas suara yang lebih baik dan harga jual speaker mobil  split cenderung lebih mahal.


  1. Jenis speaker
Bagi pembeli dengan anggaran terbatas, maka disarankan untuk memilih speaker full range karena harganya cukup terjangkau dengan kualitas yang juga cukup baik. Namun, untuk yang bermodal lebih besar, speaker split bisa jadi pilihan Anda.


pexels.com




  1. Output daya
Speaker yang akan Anda pilih haruslah yang mampu menahan output kuat. Output serta kekuatan penanganan pada speaker disebut efisiensi. Istilah tersebut untuk menggambarkan jumlah suara yang mampu dihasilkan oleh speaker dengan ukuran watt. Sebagian speaker yang beredar di pasaran mampu menahan output sekitar 50 watt tiap channel. Nah, jika Anda kurang puas dengan output tersebut, Anda bisa menambahkan penguat atau bisa juga dengan memilih speaker dengan kekuatan output maksimal 60 watt atau 70 watt.



  1. Respon frekuensi
Respon terhadap frekuensi [ada speaker bisa Anda pilih sesuai dengan genre atau selera musik Anda. Apabila Anda merupakan penggemar musik rock, pilihlah speaker dengan kekuatan bass maksimal. Cobalah untuk menanyakannya kepada penjual sehingga Anda diberikan pilihan speaker untuk dipilih.


  1. Bahan speaker
Bahan dari speaker juga perlu Anda pertimbangkan agar speaker nantinya bisa tahan lama dan juga mampu menghasilkan suara yang maksimal. Speaker berbahan karet di area lingkaran speaker mampu menghasilkan suara lebih baik serta lebih tahan lama dibandingkan yang berbahan kain. Dengan bahan yang berkualitas, maka suara yang dihasilkan juga akan lebih keras dan tegas. 



Itulah beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli speaker. Harga speaker mobil sangat bervariasi tergantung dengan fitur, spesifikasi serta merknya. Semakin lengkap fiturnya, tentu speaker juga akan dibanderol dengan harga semakin tinggi. Rata-rata speaker dijual di pasaran berada di kisaran mulai dari satu jutaan hingga puluhan juta. Sesuaikan pilihan speaker dengan anggaran yang Anda miliki.


Sampai bertemu di post selanjutnya J (*)

0 comments:

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)