Skip to main content

[Female Dairies - 34] Hal Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Berlibur ke Manado?

Hi, Assalamualaikum!



  
Kira-kira, di akhir tahun ini, ke mana saja rencana liburanmu? Saya berencana akan pergi ke Cirebon, atau Padang, atau mungkin, kembali lagi ke Lampung. Tapi sempat juga sih, saya terpikir untuk pergi ke Manado. Sepertinya di sana menarik setiap mendengar cerita tentang Manado melalui Cicik Ai. Lagipula, dia juga bisa menemani saya kalau pergi keliling Manado, kan? Ya anggaplah saya jadi punya alasan untuk nggak takut pergi ke sana.


pexels.com



Omong-omong, saya sempat ditanya sama banyak pembaca bagaimana caranya membawa banyak bawaan dengan tentengan yang simple dan nggak rempong. Saya akan tuliskan barang apa saja yang saya bawa ketika melakukan perjalanan jauh dari tempat tinggal.

Di bawah ini bisa jadi Tips Berlibur di Manado. Namun, apa yang saya tuliskan ini belum berarti bisa diaplikasikan juga ke kamu, ya. Selamat baca semoga bermanfaat!


1/ Siapkan Beberapa Pouch
Biasanya, saya hanya membawa satu tas ransel atau satu tas tenteng ketika pergi selama satu minggu. Semakin sedikit tas, akan semakin mudah juga untuk berkeliling ke tempat wisata. Sayangnya, barang bawaan itu banyak sekali. Untuk mengakalinya, saya selalu memasukkan barang di dalam pocuh sebelum masuk ke dalam tas utama.

Setiap pouch diklasifikasikan dari golongannya, haha. Saya selalu mwnyediakan tas kecil untuk makeup, peralatan mandi, pakaian dalam, alat teknis seperti tripod dkk, kerudung, dan pakaian. Jadi, mereka semua enggak pernah ada langaung di tas utama.

Ini buat saya pribadi sangat membantu memperluas ruang tas.


pexels.com



2/ Peralatan Skincare
Ada banyak hal penting yang mesti kita persiapkan saat memutuskan pergi jalan-jalan. Nah, sebagai orang yang concern dengan perawatan tubuh, buat saya membawa skincare ini wajib. Mulai dari wajah. Saya selalu membuat daftar peralatan apa saja yang harus dibawa, dan jika sudah dimasukan dalam tas, daftar tersebut tinggal dicoret.

Kita perlu membawa toner, moisturizer, sunscreen, dan juga lip care atau lip balm yang memiliki SPF. Oh ya, sunblock untuk tubuh, ini pun wajib dibawa. Hal penting lainnya, saya suka membawa remover dan sabun muka non deterjen.


3/ Tinggalkan yang Tidak Perlu!
Saya biasanya membawa buku ke mana saja. Tapi ini bikin sempit tas. Jadinya setiap saya pergi traveling, buku bacaan saya tinggal. Lagipula zaman sudah semakin berkembang, di mana kita bisa baca buku secara online. Jadi, yah... Kalau mau baca tinggal buka hape.

Nah, sebelum pergi berlibur, hal-hal seperti itu wajib diperhatikan dan disortir sebelum packing. Apa saja sih, yang kira-kira enggak akan kita gunakan selama liburan?

Saya pun biasanya menghindari membawa banyak gadget. Cukup kamera dan ponsel, lainnya ditinggal. Ini juga berguna untuk menjaga barang bawaan tetap aman. Dan mengindari terjadinya pencopetan.

pexels.com



4/ Perhatikan Cara Melipat Pakaian
Ini juga penting. Saya selalu mencari bahan yang ringan dan membawa pakaian yang bisa dipakai dua kali. Dipakai dua kali maksudnya, pakaian yang bisa di mix & match.

Pakaian berbahan ringan akan cepat kering kalau misalnya nanti main hujan-hujanan di Manado. Selain itu, bahan ringan memudahkan saya dalam packing. Dan membuat bawaan jadi enggak berat.

Untuk melipatnya, saya terbiasa menggulung pakaian. Bukan melipat seperti di lemari, atau seperti dari laundry. Teknik menggulung pakaian ini membantu kita untuk mempertahankan bentuk pakaian (maksudnya jadi enggak lecek), dan memperluas ruang tas.

Agak bingung untuk menjelaskan bagian ini, sih. Cek aja deh pakaian saya di Instagram @unidzalika untuk paham bahan ringan, dan mix & match itu maksudnya gimana :D


5/ Bawa Air Mineral!
Ketika yang lain saya sortir supaya enggak menuhin tas, khusus yang ini wajib dibawa. Kita boleh meninggalkan barang krusial seperti penjepit bulu mata atau foundation. Boleh juga enggak bawa buku dan tablet atau laptop. Namun, untuk yang satu ini wajib sekali dibawa. Berat, memang. Tapi kita enggak pernah tahu seberapa butuhnya tubuh dengan air. Lagian nih ya, untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berlibur, kita wajib konsumsi air mineral

Bawa! Jangan ngandelin pikiran bahwa kita bisa beli di warung terdekat.



Itusih, lima poin penting yang selalu saya terapkan sebelum pergi liburan. Omong-omong, ada rekomendasi nggak, kalau ke Manado enaknya ke mana saja? Selain Pasar Tomohon, ya. Saya nggak mau ke sana :(


(*)

Comments

  1. Jangan lupa membuat daftar barang yang akan dibawa agar tak ada barang yang ketinggalan.
    Saya sudah 2 kali ke Manado
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  2. skincare memang perlu, apalagi manado panas kak, kalau ke pantai kudu butuh perlindungan khusus :)

    ReplyDelete
  3. skincare memang perlu, apalagi manado panas kak, kalau ke pantai kudu butuh perlindungan khusus :)

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Manado. Pengin ke sana! :(
    Iya, aer putih itu emang penting banget. Jangan diremehkan. Dehidrasi itu berbahaya. Btw, kangen baca cerpen di sini. :(

    ReplyDelete
  5. Sepertinya Tips ini perlu dicoba, dan semoga saya bisa menginjakan kaki di Manado terutama di Bunaken..Amien :)

    ReplyDelete
  6. Iya, kalau digulung gak lecek bajunya. aku juga selalu bawa baju yg light & cepat kering. Apalagi kalau jumlah harinya lumayan. Kalau membagi ke pouch... belum. Hiks... nyicil beli dulu... Sudah punya 2. Memang harus nyicil beli. Makasih tipsnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?



Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…