Sumpah Pemuda dan Kegiatan Anak Muda di Zaman Sekarang

Assalamualaikum...




Selamat Hari Sumpah Pemuda!


Dulu, saat sedang aktif sekali di organisasi kampus, saya memang merasakan betul energi positif para mahasiswa -- pemuda, setiap bertindak melakukan aksi atau kegiatan apa pun. Sekarang saya aktif 24 jam saja sudah berasa remuk, padahal hitungannya masih muda juga.





Hal itu terjadi dikarenakan, mungkin, karena saya berada di lingkungan yang tidak semuanya orang muda. Ada saja keluhan-keluhan yang saya dengar dan akhirnya, tertular ke saya. Sementara jika berkumpul dengan para mahasiswa, yang kadang dalam hitungan usia pun ada mahasiswa yang enggak muda lagi, tetap berasa energi positifnya. Saya bahkan sanggup enggak tidur berhari-hari demi mengerjakan program bersama mereka.

Energi positif tersebut, barangkali sama seperti yang dirasakan oleh para pemuda di masa lalu ; Soekarni, Wikana, dan Chairul Saleh, saat menculik Soekarno - Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan mendesak mereka agar mempercepat proklamasi Indonesia. Semangat juang tersebut akhirnya berbuah hasil kan, ya : Indonesia diproklamasikan merdeka lebih cepat dari jadwal.

Hari Sumpah Pemuda. Menurut saya sih, ini bukan sekadar memperingati sejarah yang pernah terjadi di masa lalu. Pemuda memang selalu menjadi penggerak dan semangatnya itu harus selalu ada dalam diri kita, meskipun usia kita nantinya bukan lagi dihitung muda. Sekarang saya sudah tidak aktif lagi di organisasi. Tapi di dunia maya, saya menemukan banyak sekali komunitas yang juga dikerjakan oleh banyak anak muda. Misalnya, komunitas @siapbantukamu .

@siapbantukamu ini sebetulnya merupakan wajah baru dari @bookaholicfund . Yang saya tahu, mereka ini penggerak yang aktif menggalang dana untuk kegiatan sosial. Mereka memiliki tujuan untuk meringankan kesulitan orang lain, sambil mengajak kalangan yang mampu, untuk ikut peduli. Kegiatan galang dana terbarunya, saat mereka mengumpulkan dana untuk Sangihe beberapa bulan lalu.

SiapBantuKamu lebih tepatnya mirip seperti Crowdfunding, atau komunitas yang fokus pada tindakan sosial. Mereka bisa dihubungi lewat akun twitter @siapbantukami dan track keuangan serta program bisa dilihat di blog mereka. Kegiatan positif anak-anak Indonesia memang harus kita dukung seratus persen, bukan?

Omong-omong soal kegiatan komunitas para pemuda, pernahkah kamu dengar opini.id ? Kalau kamu berkunjung ke sana, isi artikel yang tersedia hampir seluruhnya ditulis oleh mahasiswa, juga pemuda-pemudi dari berbagai kota. Opini jadi media kreatif yang selalu memberikan berita dari sudut pandang anak muda. Dan kalau kamu rajin baca profil para kontributornya, hampir semua artikel ditulis oleh mahasiswa berprestasi. :')

Saya sering mampir dan selalu merasa ada energi positif saat saya membaca artikel yang tersedia di sana. 

Di Hari peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober ini pun, Opini turut aktif mendukung gerakan anak muda yang bersatu seperti Jong United, loh. Opini.id ini memang situsnya anak muda yang punya kepedulian  terhadap kegiatan apa pun yang bersifat positif. Mereka juga sering mengadakan acara seminar untuk para pemuda, dengan tujuan agar menularkan semangat dan para pemuda saling menularkan energi baik untuk lingkungannya. 

Kalau kegiatan kreatif dan positif kita didukung oleh Opini, enggak mungkin malas gerak, kan? Yuk, sebarkan energi positifmu! (*)

7 comments:

  1. Nah, setuju bgt! Mmg harus banyak 'penggerak' dimasa sekarang, Dan jangan lupa Wadahnya juga �� ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang wadahnya ini yang kurang ada yah..

      Delete
  2. Banyak cara untuk peringati Sumpah Pemuda di era sekarang ini ya.
    Senang lihat anak-anak muda sekarang (memang gw udah tua ya? :D ) bertindak secara sendiri2 maupun lewat komunitas.

    ReplyDelete
  3. Asyeq ada juga tulisan yang bukan tentang kecantikan. Tiap ke sini aku disuguhi barang-barang cewek. Bingung. :')

    Diam bukan pilihan, mari beropini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheheeh. Ya bisa jadi referensi kalau mau jajanin pacarnya ~~~

      Delete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)