[Female Dairies - 30] Pertanyaan "Kapan Nikah?" itu Asing di Telinga Saya

Hi, Assalamualaikum!





Saya tidak menemukan pertanyaan "kapan nikah?" dalam keluarga saya baik di pihak Papa atau Bundo. Keduanya punya kesamaan --walau dalam jalur masing-masing. Kesamaan tersebut ialah, all women in my families are working mom. 

Perempuan yang belum menikah pun bukan ditanya kapan nikah. Ketika bertemu terutama saat Hari Raya Idulfitri seperti ini, yang kerap dibahas adalah pekerjaan, juga sedikit soal jenis lipstick apa yang lagi hits. Saling sharing, saling bertukar cerita, dan memberi motivasi untuk kerja di bidang yang sesuai dengan passion. Semua perempuan dalam keluarga besar saya adalah panutan. Saya selalu kagum dengan cara mereka membagi waktu untuk keluarga, pekerjaan, dan juga kehidupan pribadinya. 

Mereka sama sekali tidak pernah bertanya "kapan nikah?"

Sebab, pernikahan tidak memandang usia. Sementara pekerjaan memiliki batas angka. Lewat sedikit, kita akan kesulitan kerja di A, B, dst. 

Nah. Ketika kalian sedang riweuh dengan pertanyaan berulang "kapan nikah", saya tidak mengalaminya. Justru pertanyaan "Kapan lulus?" lah yang jadi momok menakutkan buat saya. Bukan takut seperti saat bertemu hantu, atau takut ketemu pacarnya mantan, bukan. Tapi lebih takut seperti, saya takut membuat keluarga saya sedih karena belum mampu menyelesaikan tanggung jawab yang satu ini.

Tapi, sekali lagi, keluarga saya memang panutan. Idola saya. Mereka tidak pernah membuat saya takut. Bahkan pertanyaan "kapan lulus?" pun tidak terlontar. Yang ada hanyalah diskusi santai mengenai dunia kerja, yang kami bahas selama beberapa menit saat berkumpul di meja makan sambil menyantap dendeng balado dan ayam opor. 

Kalau keluargamu, bagaimana? 


Selamat Idulfitri, ya. Kalau bingung mau tampil seperti apa di Hari Raya, coba cek tips & trik berdandan di Hari Lebaran.

5 comments:

  1. Aku udah beberapa kali ditanya gitu dari entah kapan mulai ditanyain gitu. KAdang woles, kadang sebel :)

    ReplyDelete
  2. Aah sama.. keluarga tidak pernah bertanya kapan nikah.. kapan punya anak.. kapan nambah anak dll justru orang luar yg asyik banget kepoin itu hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa orang luar yang ribet banget nanya entah kepo atau emang iseng

      Delete
  3. Aman ya berarti dari pertanyaan itu uniiii. Kalo gitu kapan meet up lagi uni,hihihi.

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)