#DzaOfTheDay : Pepatah pun Petuah yang Saya Bantah







Baru saja saya menemukan foto tersebut yang diambil tahun 2011 saat kegiatan "Culture Exchange" . Itu tuh program acara di mana masyarakat Indonesia memamerlan budaya kita dan orang dari negara lain gantian melakukan hal yang sama. Nah, kali itu, kami kedatangan orang Korea. Saya selalu MC juga kedapatan nyoba pakai baju yang kayak di film-film drakor. Pipinya Uni gembil amat di situ, ya :)) 

Dulunya, saya pernah bekerja di salah satu tempat yang mengharuskan saya dan orang-orang di sana bersinggungan dengan banyak orang dari luar Indonesia. Dari foto ini saya jadi ingat, tentang pepatah pun petuah yang familiar. Ketika bekerja di sana, saya mengiyakan dan membantah beberapa hal, yaitu ;

1. Perbedaan itu indah.
Ya, saya setuju. Telah bertemu dengan banyaknya perbedaan watak, agama, suku, kebiasaan, sikap, sifat, budaya, dan pola pikir, membuat saya jadi open minded. Betul, perbedaan itu indah, dan untuk bersama-sama, kita tidak perlu menjadi sama.

2. Cintai apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu cintai.
Hm. Saya kurang setuju. Bagaimana saya bisa mencintai pekerjaan yang kadang merenggut jam ibadah saya? Bagaimana saya bisa mencintai pekerjaan yang diharuskan datang pagi pulang larut? Dan, bagaimana saya bisa mengerjakan apa yang saya cintai kalau seluruh waktu sudah terpakai untuk pekerjaan wajib? Dan keluhan di atas ditambah dengan, semuanya tidak mendapat bayaran.

Tapi tentu saja, selalu ada harga atas semua usaha, bukan? Lelahnya sebanding dengan mendapatnya pengalaman baru, ilmu dan kosakata bahasa yang baru, teman-teman dari segala penjuru... 

Jadi, dalam hal ini saya punya pandangan sendiri. Menurut saya, menurut saya nih ya, cintailah semua hal yang sedang kamu kerjakan hari ini, cintai kejadian apa pun yang telah terjadi sebelum hari ini, dan cintai hari esok pun kegiatan yang akan dijalani. 

Bagaimana caranya? Cintai saja, seperti saat kamu jatuh cinta setengah mati dengan seseorang.

Mudah, kan? :)


~

Thanks for reading my blog post. Find me on :


2 comments:

  1. Uni imut di foto :D
    Hmm jalani semuanya dengan ikhlas gitu ya uni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaaa hihi. Kamu juga yang ikhlas ya, yang bahagia. semoga aktivitasnya berkah :)

      Delete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog post here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)