Momen Tak Terlupakan di Hari Blogger Nasional

Selamat Hari Blogger Nasional! Dengan cara apa kamu merayakannya?

Saya, dengan mengikuti acara Blogger Camp yang diadakan serentak di empat kota besar di Indonesia. Ada di Purwokerto, Makassar, Surabaya, dan Jakarta. Pilihan saya jatuh pada kota Jakarta, tetapi acara ini diselenggarakan di Hulu Cai Bogor (dibaca HULU CAYI) . Euh, mun didieu mah, bumi abdi.

Nah, karena perayaan kita terhadap Hari Komunitas Blogger tentu saja berbeda, let me share to you bout my activities during on Hulu Cai in 26-27th October 2015.

Hulu Cai ini letaknya di sekitar Ciawi, satu jurusan dengan Tapos. Semasa SMP saya kerap ke sini. Akses menuju Hulu Cai ini harus melalui jalan desa yang kecil. Kalau kamu baru datang kali pertama ke sini, kamu akan berimpresi bahwa ini tuh wilayahnya kecil setelah melihat tempat parkirannya. Padahal, daerah ini luas banget dan dibagi menjadi beberapa bagian untuk camping, outbound, bungalow, tempat meeting, bahkan ada danau buatan juga. Tempat salat juga disediakan musala. 



Location ;
Hulu Cai Desa Tapos, Ciawi, Jl. Veteran III, Bogor, Jawa Barat 16164
0899-2522-250

Cerita mengenai keseruan acara ini akan saya penggal menjadi dua bagian, yaitu pada hari pertama (26/10/15) dan hari kedua (27/10/15) . 

Day 1.

Panitia meminta kami untuk kumpul di Hotel Haris Tebet, dan batin saya sebetulnya berontak. Ke Tebet jauh banget, pengin rasanya janji temu aja di lokasi karena dari kampus ke Hulu Cai cuma dua jam saja. Ya tapi atas nama loyalitas, saya sambangi juga Hotel Harris. Di sana, beberapa panitia dan peserta mulai asik ngegosip entah. Kami juga menyaksikan sambutan dari pihak panitia, para sponsor, dan setelahnya ngobrol ikrib sambil coffe break. FYI, I always adore the Tauzia's service. 

Sponsor :

@indosat @IndosatMania @Bluebirdgroup @tauziahotels
@SunprideID @uteesme @Qwordsdotcom
@netmediatama @yellohotel



Setelah puas ngobrol dan kenalan sana-sini, sharing what we bring to go to Hulu Cai, what we gonna supposed to do, etc, akhirnya panitia membacakan nama tiap peserta yang harus di bus satu atau dua. Saya kebagian di bus dua, dan kami berangkat ke Hulu Cai menggunakan bus Blue Bird. Kegiatan ini mengingatkan saya ketika dulu kerja di Cawang jadi tour guide pun LO, yang mengharuskan bolak balik Bogor-Jakarta-Bogor-Jakarta-Bogor . Bedanya, kali ini saya datang sebagai peserta Blogger Camp. 

Di dalam bus Blue Bird itu tuh enak banget. Selain sopirnya yang nggak merokok, ramah, dan di dalam bus DISEDIAKAN COLOKAN!!!! WHAT AN AMAZING BUS! Betah banget di dalam bus, sayangnya perjalanan kami cuma dua jam, ehehehehehe. 



Setibanya di sana, kami bisa langsung makan. Saya dan beberapa orang memutuskan salat magrib terlebih dahulu, baru deh kami makan malam yang menunya khas Sunda ; Sayur Asem, Ikan, sambal, dan kerupuk. Unfortunately, based on my tasted, Sayur Asem tersebut terlalu manis, pun rasa sambelnya. Saya curiga itu yang masak bukan orang Sunda :))

Setelah makan, ada jeda sedikit untuk istirahat, yang kemudian disambung lagi dengan acara api unggun sambil nonton pelbagai kegiatan dari panitia pun sponsor di layar LCD.

Nah, pas di acara api unggun itu, kak Tommy selaku MC ngajak kita semua buat sharing soal kredibilitas blog. Jadi how, ehat, why, when, where, how dibahas semua. Sampai ada satu peserta, Mbak Nuniek, yang diminta sharing soal pendapatnya mengenai kredibilitas blog.



Menurut mbak Nuniek nih, ya, supaya kredibilitas blog kita tetap terjaga, harus konsisten nulis, baik konten atau mempercantik tampilan. Terus harus fokus nulis apa yang menjadi passion kita. Misalnya, saya suka buku. Mestinya saya konsis nulis referensi dan review tentang buku-buku bacaan, dsb. Hal kayak gitu akhirnya bisa bikin pembaca percaya dengan apa yang kita tulis. Dalam hal posting, kita juga harus konsis nulis dan jangan terlalu rentan hiatus. Nampar Uni banget :(

Saya ingat, dulu suka beberapa kali hiatus soalnya kan kayak jenuh gitu dan mesti keluar dari aktivitas. Ternyata, mbak Nuniek pun punya jawabannya, lho. Katanya, untuk ngatasin kejenuhan, coba sesekali sharing dengan pembaca di medsos. Sharing kayak apa atau gimana yang akan kita tulis kedepannya. Setuju? 

Sesi diskusi belum selesai. Pak Nur juga bertanya, gimana cara menaikkan trafik blog tetapi tetap menulis secara kredibel?

Nah, masih dengan Mbak Nuniek, beliau menjelaskan bahwa di awal kita menulis di blog, seharusnya nggak usah mikirin trafik pembaca, we should just focus on the contents. Blog post nggak usah banyak, cukup 500 kata per post, yang penting sering di posting secara berkala. *catat*

Yang menariknya di acara Blogger Camp ini, steering committee menghadirkan Blogger Sepuh, Mbilung (@Mbilung) yang sharing ke kami soal perbedaan Blogger sekarang dan dulu, pun bercerita supaya kita-kita ini mesti tetap menulis dengan memiliki kredibilitas tinggi.

"Menurut saya, Blogger sekarang lebih berani mengungkapkan opini, lebih terbuka, banyak referensi juga... Itu bagus karena kalian bisa menulis dengan cakupan data yang lebih luas," tutur Mbilung dengan mantap.

"Untuk Blogger sekarang, kalau senang menulis, lakukan saja. Tapi sebelum nulis coba lebih banyak cari sumber biar opininya didukung oleh berbagai data. Sehingga apa yang kita tulis kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan," lanjutnya.

Therefore, MC asked Ndorokakung to join us and cerita tentang pendapat beliau terhadap kredibilitas blog. Sebelum menjawabnya tuh doi sempat bilang kalau bahasan ini serius banget, dan, ya, saya setuju. Hahaha. Berat banget ini bahasannya, jendral!

"Sebuah kredibilitas merupakan mahkota dalam sebuah tulisan. Karena sebuah blog menjadi penting jika memiliki kredibilitas sehingga pembaca memercayai kita. Dan itu berlaku nggak cuma untuk blog, tapi media sosial lain juga penting punya kredibilitas," imbuhnya sambil tertetawa sesekali. Saya kesulitan mengabadikan Mbilung dan Ndorokakung karena gelap. Tapi saya bisa menyaksikan mimik wajah mereka yang serkus banget pas diskusi ini.

Diskusi pun terus berlanjut dengan berbagai opini dan sanggahan, dan kalimat Ndorokakung yang paling terakhir, sangat terngiang-ngiang dan membuat saya akan selalu mengingatnya.

"Kredibilitas itu nggak dilihat dari titel penulisnya. Yang penting, informasi yang ditulis masuk akal, sesuai logika, datanya jelas, sehingga pembaca dapat memercayai tulisan kita.

Malam itu, selain membahas soal kredibilitas blog, kami diberitahu bagaimana jadi Citizen Journalism di Net Tv, dikasih sosisalisasi mengenai sejarah dan perkembangan Blue Bird yang bisa bertahan sampai sekarang, dipaparkan soal Indosat, serta dijelaskan tentang kualitas kaos Uteesme yang nggak perlu diragukan lagi.

Kemudian, acara berakhir. Dan semua masuk tenda untuk tidur.

Tapi, belum berakhir buat saya. 

Di lobi utama, ada Adi, Ucup, dan saya yang ngobrolin soal blog baik dari konten, sEO, PR, DA, Alexa, terus backlink, dan semua kegiatan Blogger lainnya kami bahas sampai pukul empat pagi. :)) Kami bertiga punya pemikiran yang sama ; bahwa acara seperti ini sebaiknya dihabiskan bersama-sama. Kalau tidur, di rumah saja. Tapi kami sepakat untuk masuk ke tenda masing-masing karena lapar banget dan memutuskan membungkam lapar dengan tidur. 

Beberapa menit istirahat, saya bergegas mandi dan subuh kemudian tidur.

Dan ketika baru saja mata saya memejam, sudah dibangunkan lagi untuk beraktivitas.

~


Day 2. 

Setelah puas semalaman ngobrol dan sharing, sesi curhat, juga foto-foto, di hari kedua ini lebih serius. Kami sarapan dulu dan bincang santai sampai pukul sembilan, lalu dilanjut dengan takshow.



Talkshow ini dimoderatori oleh @ndoroakung dan ada empat pembicara yang ngasih kami ilmu ; Pak Nirwan Dewanto orang Budayawan, Om Iman brotoseno, Kak Maulana Nurhadi, dan Mas Muhammad Imran. 

Menurut ka Maulana, Twitter bisa menjadi 'besar'' karena adanya teman-teman Blogger. Karena kita (para Blogger) menjadikan Twitter sebagai media penyambung antara pembaca dan Blogger. Oh iya, ada empat keywords di twitter ;

1. Life . the fastest news in the world
Public.

2. Open access for everyone.

3. Conversational platform. Hashtag merupakan keyword twitter, merupakan ciri dan ide dalam Twitter yang akhirnya diadaptasi media sosial lainnya.

4. Well distribute platform. 

Atas empat keywords tersebut, Twitter menjadikan dirinya sebagai platform micro-blogging yang paling membawa banyak manfaat. Dan itu salah satunya karena peran para Blogger, lho. :)

Well, kalau pak Nirwan dan Om Iman lenih membahas bahwa Blogger harus bisa punya ciri khas dan nggak perlu terima semua job review. Kita mesti bisa membuat tulisan kita memiliki kredibilitas.

Sesi diskusi pun berakhir dengan coffee break dan makan siang. 

Setelah ini, saya dan peserta lain bakalan main team building dan makan siang, salat, foto, dan kami nggak akan pernah melupakan acara Blogger Camp Indonesia tahun 2015 ini. So Worth it join this event!

Sekarang, apa ceritamu? 

11 comments:

  1. waaah seru pisan ya kak :). jadi ngiri ~.~
    sharing dengan sesama pengelut blogger, dan sama sama merintis di dunia perbloggeran, pasti banyak banget ilmu yang didapatkan.kak uni share dong ilmunya apa aja, maksudnya lebih ke konten essay isi dari acaranya, maybe next post :).

    trus masalah trafik, bener banget tuh. harusnya kita nggak usah terlalu memikirkan. cukup do the passion kemudian kembangkan. minat pembaca insyaAllah datang sendiri. apalagi dibantu oleh temen temen satu komunitas macam blogger energy heheheu.

    trus ini aku sedikit ideologis aja ya, terkadang sebagai seorang blogger kita terpaksa membuat konten postingan kita sesuai dengan permintaan pasar, atau apa yang lagi ngetrend saat itu. nah menurutku sih lebih baik cuek aja, tetep do the passionmu apaan hehe (yang kayak gini dibahas juga nggak sih kak?)

    ReplyDelete
  2. Selamat Hari Blogger Nasional.

    Aku nggak ikut. :(
    Tapi, terima kasih, Un, sudah berbagi keseruan di sana.
    Mulai dari makanannya, materi sharing dan diskusinya, sampai foto pisang yang guede benget. ulalaa.
    hmm. btw bukannya orang sunda sukanya yang manis-manis, ya? Jadi ya sambal orang sunda itu pasti manis.

    Hmm. Pernah buka blog Uni dari hp, nggak? di bagian bawah rada berantakan loh.

    ReplyDelete
  3. Selamat hari blogger nasional uniku, yang uwuwuuwable :D

    Pematerinya ada ndorokakung yaak, ikk iriii :((

    ReplyDelete
  4. Uniii...
    Selamat Hari Blogger Nasional dan Selamat Hari Sumpah Pemuda.
    Semoga tahun depan bisa ikut acara ini. aminnn...

    ReplyDelete
  5. hari pertama berarti di bus sambil ngeblog itu, :D dengan colokan di dalam bus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari pertama sibuk ngetwit, hari kedua sibuk ngeblog. Baek banget Blue Bird sama Net Tv yang ngasih charger station :))

      Delete
  6. Uniii,, aku ngiri sama kalian semuaaa,, aslinya suami uda ngasih ijin buat ikut yang di jakarta tapi apa daya bandara tutup jadi gabisa kemana mana....
    btw, selama hari blogger ya meski uda lewat,,, salam sayang selalu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaak, tutup sampai kapan, ya? Semoga semua keluarga di sana baik-baik aja, ya :(( Turut sedih karena kk nggak bisa ikutan :(

      Selamat Hari Blogger juga, semoga tulisan kita semakin berkah ^^

      Delete
  7. Seru eventnya ya, Uni. Kalau kata temen, dibanyakin postingan yang lebih panjang, bukan yang 500 kata. Tapi 1000 kata. Ini bikin content kita jadi evergreen. Jadi bakal banyak ditemuin sama visitor yang search.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener juga ya. *catat* mungkin kedepannya aku bakal ngikutin saran temannya mbak!

      Delete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)