[Bioskop Update - 05] Remember When - Ketika Kau dan Aku Jatuh Cinta

Genre : Drama, Romance, Friendship 
Directed by : Fajar Bustomi

Producer : Gope T. Samtani
Production : Rapi Films
Script Writer : Haqi Ahmad
Runtime : 90 minutes
Date : 16 October 2014


___________________________________





Saya suka beberapa tulisan Winna Effendi. Dan buku beliau yang berjudul Remember When difilmkan dengan judul sama di tahun ini, yang telah rilis di seluruh bioskop tanggal 16 Oktober. Kali pertama tahu, saya lihat Miqdad Addausy promo di salah satu stasiun televisi. Sempat penasaran juga akan seperti apa film-nya, karena sudah lama Indonesia tidak mengeluarkan drama remaja. Alhamdulillah, tanggal 17 kemarin saya berkesempatan datang M&G plus nonton bareng di Pejaten Village, Jakarta Selatan, sebagai perwakilan dari Komunitas Warung Blogger (@warung_blogger), atas undangan dari Penerbit Bukune. Nah, langsung aja kita lihat review film Remember When - Ketika Kau dan Aku Jatuh Cinta.




1. FIRST IMPRESSION
Honestly, saya udah skeptis duluan sebelum nonton. "Duh, ini film remaja dan romance banget," batin saya saat itu. Keduanya bukan genre favorit, tapi saya semakin penasaran. Tentunya ini menjadi tantangan bagi sutradara bagaimana bisa mengemas sebuah cerita yang dapat menarik perhatian penonton. Dan ternyata, filmnya seru. Pengambilan gambar dilakukan dengan baik, pengungkapan ekspresi para aktris lumayan mendalam, dan beberapa adegan bisa membuat saya tersenyum atau simpati. Cuma belum bisa sampai nangis, sih.




2. MAIN IDEA
Remember When ini bercerita tentang masa SMA di mana ada empat sahabat yang begitu akrab. Freya yang cupu dan aneh, Gia yang modis talkative dan gaul, Adrian yang tampan dan pemain basket terbaik, dan Moses si ketua OSIS yang paling pintar di satu sekolah. Keempatnya sering melakukan aktivitas bersama dan beberapa kebersamaan justru menciptakan sebuah perasaan yang nggak seharusnya ada. Ceritanya simpel, familiar, nuansa remajanya begitu kental, dan film ini memberikan suguhan dari sudut pandang yang berbeda.




3. CHARACTERS 
Film ini benar-benar menyorotkan tokoh penting dan beberapa figuran memang ditampilkan seadanya. Karakter tiap tokoh begitu kuat, sayang buat saya dua tokoh cowok di sini kerasanya 'cewek banget' . Mungkin karena penulis novelnya adalah seorang perempuan kali, ya. Tapi penulis sekearionya kan, laki-laki. Masa ka Haqi Ahmad nggak mencoba menambah atau mengubah sedikit karakternya? Oh, ini nama pemainnya ;

- Michelle Ziudith (Freya) . Ini main tokoh dalam filmnya. Seorang gadis introvert yang pemalu, penakut, mudah cemas, tapi tegar dan bijaksana.
- Maxime Bouttier (Adrian) . Cowok yang terlahir sebagai idola di sekolah, periang, jujur, pandai menyenangkan orang lain, tapi sebetulnya rapuh karena permasalahan keluarga.
- Stella Cornelia (Gia) . Modis, peduli penampilan, mudah panik, possessive, polos, suka menuntut, tapi memiliki hati yang lapang.
- Miqdad Addausy (Moses) . Si kutu buku, tukang belajar, tegas, sarkas, kaku, tapi sebetulnya penyayang dan setia.
Dan ada beberapa tokoh lain yang terasa hanya tempelan saja. Oh, ada tokoh senior Adjie Pangestu tapi cuma beberapa scene. Tokoh favorit saya... Gia :)






4. POV
Menggunakan sudut pandang ketiga dari sisi Freya dan Adrian. Eh, ini yang saya lihat sih. CMIIW ya.




5. SETTING(S)
di sekolah, rumah, rumah sakit, mall, puncak, paralayang, Hongkong, London. Saya menyayangkan sekali, sudah jauh ke Hongkong tapi cuma kafe, tempat bermain, dan hotel yang disorot. Terlalu sedikit adegannya dan pengambilan terlalu terburu-buru di akhir. Padahal di awal-awal lumayan detail.




6. ALUR
Alurnya maju-maju. Ada beberapa flash back tapi nggak bikin adegan mundur ke belakang banget.




7. MISTAKE(S)
Sejauh yang saya perhatikan, tidak ada plot atau kesalahan apa pun. Palingan saya terganggu oleh satu hal : Soal jaket. Ada adegan di rumah sakit saat Freya mencoba menenangkan Adrian dan memberikan jaketnya buat dipakai. Di adegan selanjutnya bahkan sampai babak akhir, jaketnya terus dipakai. Nah, itu si Stella atau Moses kagak curiga apa?! Terus kan si Adrian kaya raya, kenapa nggak dibalikin aja sih jaketnya. Atau kalau alasannya karena both of them are falling in love, ada dong sedikit kalimat diselipin ttg Adrian gamau balikin tuh jaket. Sepele tapi ganggu :D Oya, film ini juga ada iklannya, meskipun nggak ganggu dan disorot dengan porsi yang pas, saya cukup tertawa melihatnya. Ada makeup Silky Girl berupa bb cream dan eyeliner di meja rias Freya. Terus selai Nuttella di roti yang dibuat Freya. Ada beberapa merek juga macam Aqua dan Toyota, tapi gatau deh itu iklan atau nggak sengaja kesorot.




8. ENDING
Happy ending dengan twist yang nggak ketebak. Meskipun bukan penyuka happy ending dan ini film remaja banget, plus masa SMA saya nggak begitu, tapi overall film ini menarik dan menjadi tontonan hiburan buat yang lagi penat sama aktivitas. Recommended buat ditonton, kok.




9. QUOTES
"Aku bisa merasakan apa yang kamu alami sekarang tanpa perlu menjadi kamu," -Freya, pas ngomong ke Adrian di rumah sakit.

"Aku suka kamu selalu ada buat aku, dan aku senang. Tapi aku nggak suka lihat kamu nggak bahagia kayak gini. Aku mau kamu bahagia," -Gia, pas di kafe London, setelah mereka lulus SMA.



10. QUESTIONS
Well, meskipun beberapa pertanyaan saya telah ditemukan jawabannya pas meet and greet kemarin, tetap ada beberapa pertanyaan nih.


A. Tokoh Moses ini SMA, sementara Miqdad berusia 22. Bagaimana cara mendalami perannya?
B. Ini film debut buat Michelle, tapi mainnya udah bagus, terus gimana caranya kamu bisa melakukan adegan kissing dalam satu kali take aja?
C. Buat Stella, gimana rasanya jadi Gia yang karakternya berubah dari yang ektrovert dan periang, jadi lebih dewasa dan baik gitu. Susah nggak pindah karakternya?
D. Kenapa tokoh Moses dikit banget adegannya :'( Kasian dia nggak ada di poster, nggak ikut ke luar negeri, dan penonton cuma bisa lihat dia sebentar banget di film ini :'(



RATING

4/5


Tonton ya!

4 comments:

  1. Jadi penasaran bukunya, dan tips sampai di film kan.
    Kalo filmnya nunggu tayang di TV saja, hihi.....
    Ga ada pemain yg kukenal (ketahuan tuanya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaak aku baru baca maaaap. Ini memang film kekinian yang udah bukan zaman kita :D

      Delete
  2. salam kenal..
    visit back yaa --> katamiqhnur.com

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka film ini :)
    Film yang manis.

    ReplyDelete

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)