Skip to main content

Project Menulis 30DaysSaveEarth

Halo!

Selamat menyambut tanggal satu, selamat merangkai momen baru di bulan Oktober! Di bulan ini, bikin momen bareng dengan menulis yuk! :)

Kami terinspirasi dari event #PeopleAroundUs buatan kokoh Alex ( @aMrazing ) dan juga terinspirasi dari event #Julingeblog buatan teteh Nita ( @Nitasellya ) . Ini terinspirasi ya, bukan plagiarism. Semoga semuanya bisa menyikapi kegiatan ini dengan positif.

Nah, sekarang kami juga mau mengadakan event menulis. Iya, project menulis selama 30 hari di bulan Oktober ini. Nah, project menulis tersebut kita beri nama #30DaysSaveEarth yang artinya menulis tentang lingkungan. Kenapa lingkungan? Kenapa nggak tentang cinta? Alasannya simpel sih, karena bahasan cinta sudah terlalu mainstream dan kami berusaha membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Lingkungan kita, bumi lebih tepatnya, sudah berbaik hati memberi tempat tinggal, memberi sumber daya alam, dsb. Akan tetapi kita sebagai manusia, sudah melakukan apa untuk menjaga dan merawat mereka? Kalau kata Wikipedia sih, Inovasi teknologi, kemajuan peradaban, populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Kasihan ya bumi kita :'(

Nah, untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap lingkungan, makanya yuk sama-sama menulis tentang tindakan kita dalam merawat lingkungan. Jadi, dalam tiga puluh hari ini kita melakukan suatu tindakan lalu tuliskan, supaya teman-teman yang lain membacanya dan mencontoh apa yang kalian lakukan. Misalnya, buang sampah di tempatnya, tidak pakai plastik saat belanja, tidak pakai tisue kalau menghapus air mata *eh, tidak merokok, tidak menebang hutan sembarangan, tidak boros pakai air, dll. Gimana, Setuju? Kalau gitu, ini persyaratannya :

- Kegiatan #30DaysSaveEarth ini berlangsung selama bulan Oktober.
- Peserta memiliki platform untuk menulis, apapun itu, bisa blogspot, blog.com, wordpress, blogdetik, tumblr, path, note fb, dsb.
- Peserta bebas warga negara mana saja, tinggal di mana saja, asalkan menggunakan bahasa Indonesia/Inggris yang baik. Gaul tidak masalah asal tidak typo dan tidak 4l4y y4n9 bis4 bixin m4t4 saxit.
- Setiap peserta bebas mau menulis dalam bentuk apapun; puisi, cerpen, artikel, ff, essay, dsb selama bulan Oktober.
- Nanti setiap di akhir postingan tulis : tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika , Berikan backlink ke blog ini biar memudahkan kalau ada yg mau ikutan.
- Posting tulisan kamu, beri judul, dan mention twitter @jungjawa & @unidzalika sertkan hestek #30DaysSaveEarth . ( Nanti setiap harinya link yang masuk akan kami RT. Jam meretweet sejak pukul 09:00 s.d 22:00 . Lewat dari jam tersebut akan di RT keesokan hari. Kenapa? Kalau kami me RT malam hari, yang baca postinganmu hanya sedikit).
- Untuk menghindari perang saudara di larang menulis sara saru sari sare dan sejenisnya ya :)

Kami akan memilih postingan paling inspiratif di setiap akhir pekan dan ada hadiah khusus untuk pemenangnya, (Terima kasih kepada para sponshorship yang telah membantu kami) .

Hadiahnya berupa :

- Satu pemenang berhak mendapatkan doodle art gratis, bisa memesan desain sendiri, ( contoh bisa lihat cover twitter @unidzalika ) .
- satu pemenang berhak mendapatkan desain gratis avatar art vector, ( contoh bisa lihat ava twitter @jungjawa ) .
- Ada dua buku kumpulan cerpen berjudul "Kata Berdansa" untuk dua pemenang.
- Satu pemenang berhak mendapat buku kumpulan cerpen berjudul "Semesta Rasa" .
- Satu pemenang berhak mendapatkan buku The Chronicles Of Coffe Shop .
- Ada hadiah merchandise unik untuk lima postingan favorit dan inspiratif.
- Setiap peserta yang berhasil posting lebih dari lima belas kali akan mendapatkan sertifikat khusus ( Tanda tangan masih dalam konfirmasi ) .

- Kok cuman sebulan?
+ Kenapa cuma sebulan, ini nggak menutup kemungkinan akan di adain tiap bulan tapi, untuk awal hanya sebulan dulu. Nanti dari sini kami akan pantau perkembangan sejauh mana kita bisa menjaga lingkungan dan sejauh mana bisa mengajak orang untuk melindungi bumi, dan ini bukan ajang pamer.

- Kenapa harus ditulis?
+ Untuk memberi insipari ke semua yang baca supaya bisa mencontoh apa yang kita lakukan, dan untuk pengingat kita di masa tua nanti :')

Nah, jelas kan? Pertanyaan lain bisa mention kami. Dan kami sangat membuka pintu selebar-lebarnya barangkali ada pihak yang berminat menjadi sponsor. Ayo bantu ramaikan event ini. Ditunggu ya partisipasinya. And hey, it's free! ;)

Salam Oktober ! Salam kepedulian ! Salam #30DaysSaveEarth !

Best regards,

@Jungjawa dan @Unidzalika

Comments

  1. Bookmark! :D tertarik buat ikutan. Kendala di foto nih, kamera rusak semua, kamera hp juga hahaha

    ReplyDelete
  2. Pengen ikutannn... Mudah-mudahn bisa nulis 30 hari.. Hmmm

    ReplyDelete
  3. Akkk.. aku baru aja ikutan 30 hari ngeblog di platform tetangga. sekarang belum sanggup buat rutin nulis tiap hari lagi. semoga lancar ya Uni cantik. kalo ada rejeki insyaallah ntr nyumbang hadiah aja boleh kan ya? Doakan bukuku cepet terbit biar bisa nyumbang hadiah..

    kecup Uni sayang :*

    ReplyDelete
  4. hebatttt :) semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk menjaga bumi kita yang sudah tua ini :D

    ReplyDelete
  5. jadi tiap hari harus nulis ya ni?
    semoga menginspirasi ya

    ReplyDelete
  6. nulisnya minimal berapa kata kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)

Popular posts from this blog

Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly Arab dan Vaseline Repairing Jelly

Assalamualaikum, pembaca saya yang kritis dan setia :)


Setelah masuknya Vaseline Repairing Jelly secara resmi ke Indonesia, jadi banyak sekali pertanyaan yang masuk di line saya seperti, apa sih Perbedaan Vaseline Petroleum Jelly dan Vaseline Repairing Jelly. Pertanyaannya hampir serupa, tentang apa bedanya, tentang kenapa harga mereka berdua terpaut sangat jauh, tentang kenapa yang satu tidak ada iklan serta susah dicari tapi yang satunya ada iklan di tv dan mudah ditemukan barangnya, dan kenapa sih, kok beda sekali hasilnya walau dua produk itu bertekstur jelly yang kurang lebih memiliki manfaat sama?


Vaseline sendiri sudah klaim bahwa prduknya aman, dibuat melalui tiga tahap proses pemurnian yang dimulai dari menyingkirkan benda-benda kotor, sampai akhirnya terbentuk jelly yang tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.





Which one you like the most, guys?




Barangkali kamu sedang mencari tahu, mana di antara dua produk tersebut yang lebih ampuh untuk mengatasi keluhanmu? Mana yang l…

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

Hallo, Assalamualaikum teman-teman :)

Bagi saya, mengeluh adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jenuh tapi sebetulnya bukan hal yang baik. Tapi enak. Tapi nyebelin. Dan di postingan kali ini saya akan berkeluh-kesah mengenai permasalahan kulit saya. Jadi, waktu itu saya mengecek kondisi kulit dan tipe kulit wajah saya ternyata kombinasi - minyak di T-zone. Namun, kulit tubuh kering kayak sisik ular, sampai rasanya kulit saya saingan sama kulit ular kobra yang belum ganti kulit. Plus misalnya kena sinar matahari, dia langsung bereaksi bintik merah, terbakar, agak kehitaman, kadang malah berdarah di bintik tersebut. (update : sejak 2016 kondisi kulit saya berubah jadi kering - sensitif). Lalu saya bingung, bagaimana cara mengatasi kulit kering berjerawat?





Permasalahan saya belum berhenti di sana. Kondisi bibir saya tuh ekstrim banget sih, suka pecah-pecah sendiri dan tiba-tiba berdarah ketika tersenyum, yang artinya sangat kekeringan. Banyak yang bilang karena saya kurang minum, pa…

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Assalamualaikum!
Beberapa pembaca saya di Line dan e-mail mengirimkan pesan, meminta saya menuliskan tentang BB Cream yang ramah di kantong untuk mereka pakai. sebetulnya tidak bisa sembarang kasih rekomendasi karena aktivitas kita berbeda, jenis kulit juga berbeda, dan yang seperti ini tuh biasanya harus trial and errror untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak.




BB Cream ini memang jadi booming sekali sejak ada K-Pop Wave di negara kita. Banyak juga kolega saya yang dulunya pakai Foundie, beralih ke BBC. Manfaatnya memang All in One, sih, ya... Konon, berdasarkan iklan-iklan pembuat BBC, itu tuh isinya sudah komplit ada Base + Foundation + Concealer + Sunblock + Moisturiser + Oil Control .


Well, segitu komplitnya hanya dengan cream yang cuma dipakai sebiji jagung tiap diaplikasikan. Karenanya, BBC lebih ringan di wajah, lebih ramah di kantong juga, jadi lebih praktis, ketimbang harus pakai kosmetik secara berlapis. :) Malah untuk beberapa BBC ada yang klaim bisa mencerahkan atau memutihk…