jangan sampai pintu surga tertutup (karena asap rokok yang anda hasilkan)

pas banget jam 12 tadi malem, gue chatting-an sm temen di kampus. Dan dari obrolan tersebut tiba-tiba gue tergugah untuk sharing disini, dan semoga yang ngebaca juga bisa ikutan manggut-manggut alias setuju sama apa yang bakal gue omongin hehe. Tapi bentar, ini bukan tentang kisah dongeng macem sinderela yg meninggalkan pangeran jam 12 malem ya, ini cerita tentang obrolan gue sm temen gue itu...
Pertamanya dia nanya jadwal kuliah, setelah basa-basi cap cip cup ngobrol banyak, suddenly gue penasaran dia lagi apa, ya gue tanya lah. Dan dia  jawab "lg nonton sambil ngebul (baca:merokok)" . Bisa ditebak dia (sepertinya) perokok berat. Hari itu, kebetulan juga lagi ngobrol sama beberapa orang dan bahasannya sama : tentang rokok.
Gue bukan, dan nggak akan posting tentang bahaya merokok atau nyuruh pembaca buat berenti merokok, gue cuma mau sharing :)
••
mungkin sebagian dari kita (baca:para perokok aktif) paling males denger nasihat atau omelan, atau ceramah tentang rokok. Dipikir-pikir, kita (yg nggak merokok) Ngapain juga sih nasehatin orang supaya berenti merokok? Toh itu hak mereka kalau mau merokok. toh kalau udah memang takdirnya meninggal karena rokok, ya meninggal aja. toh duit yang mereka beli buat rokok duit mereka ini, bukan duit kita. Toh mereka juga tau merokok itu dapat menyebabkan apa, kan di bungkus rokoknya jg udh ditulis. Dan banyak lagi pikiran logis yang secara rasional menyadarkan kita untuk ga menasehati mereka. Tapi PLEASE, buat para perokok aktif, sadarlah satu hal. Asap yang kamu hembuskan (dari rokok yang kamu hirup) itu dapat merugikan banyak pihak! Hampir 600.000 jiwa wafat tiap tahunnya karena asap rokok :'( .
Pernah, Di tahun 2011, 30 Desember ada loh gadis bernama atikah noor hasanah yg meninggal karena asap rokok. Bahkan sebelum wafat dia sempat berpesan : 'Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauuuh mungkin dari anaknya walau sampai anak dewasa supaya jauh dari kemungkinan terkena flek paru'.
Begitulah tulisan Noor Atika Hasanah dalam statusnya di Facebook dan Twitter, tiga hari sebelum wafat. Ia adalah salah satu korban yang meninggal akibat perokok pasif dan terkena flek paru dan divonis dokter
menderita Bronchopneumonia Duplex.
See?
Bodo amat sama perokok, mereka mau dilarang pun percuma aja, yang bisa bikin mereka berhenti merokok itu ya cuma diri mereka sendiri. Tapi tolong ya, kepada semua perokok aktif, tolong banget nih, bisa nggak merugikan diri sendiri aja, jangan merugikan orang lain juga. Jangan 'membunuh' kami dengan asap-asap itu. Bahkan 20 tahun silam, orang terkasih saya juga wafat karena asap rokok! Anda tidak mau kan, ketika meninggal nanti, pintu surga tertutup untuk anda karena alasan sepele : "tidak boleh masuk surga karena anda 'membunuh' banyak orang lewat asap rokokmu"
Sana kalau mau merokok, ditempat yang nggak ada makhluk hidupnya. Jangan di dalam angkutan, jangan di kebun binatang, jangan di dalam ruangan, jangan di rest area, pokoknya jangan pernah merokok di tempat yang asapnya bisa dihirup orang lain. Mungkin ada yg bakalan bilang "Tapi masalahnya kita kan makhluk sosial, ga hidup sendiri" gue rasa kita semua tahu jawabannya : tahan untuk tidak merokok saat bersama manusia lain, atau anda akan menjadi pembunuh!
*saya tidak melarang untuk merokok, saya hanya meminta anda (para perokok) untuk tidak membunuh kami dengan asap-asap itu. semoga bermanfaat*

Published with Blogger-droid v2.0.9

0 comments:

Post a Comment

Hi! Thank you for visiting my website. I hope you can enjoy read all about blog posts here and lemme know your opinion! Please leave on the comments bellow :)