tangis dan tawa bercampur


A.M.I.L H.U.Z.N.I
            Kalimat diatas akrab di telinga sebagai tahun kesedihan Rasulullah saw. Pada jaman dahulu saat beliau berdakwah. Akan tetapi saat ini kalimat tersebut digunakan kembali di tahun 2010 untuk diriku yang tak pandai bersyukur.
            Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tahun ini menjadi tahun yang terlalu banyak mengeluarkan air mata dan emosi..

P.e.n.o.l.a.k.a.n
Tahun ini resmi tahun pelepasan jabatan SMA dan mulai masuk ke jenjang baru sebagai calon mahasiswa. Hmm, aku udah belajar semampuku, banting setir dari anak IPA ke jurusan IPS. Bimbel privat dan menghapal udah, ikhtiar udah, semangat 45 udah, target kampus udah, angan angan fakultasnya udah, tinggal berperangnya.
Kea jaman Rosul yang banyak nama perang, sekarang di medan pertempuran ini juga banyak jenisnya. Perjuangan pertama ini namanya SIMAK UI.
Dapet tempat di SMK 2 cibinong dan langsung jadi artis mendadak gara-gara telat 10 menit datengnya. Disitu kenagan yang bisa diinget adalah nambah satu temen baru. Dia ambil komunikasi UI (dan ternyata keterima) dan dia orangnya baiiikkkkkkk banget, ngerasa udah kea sodara sendiri jadinya. Oia, namanya Intan permata. Umur kita ngga sama karana ternyata kak intan ini ronin, setelah beberapa tahun istirahat dari kuliah gara gara kecelakaan kereta api (hebatnya bissa slemet dari kecelakaan itu).
Selesai bertempur, hasilnya yang ngga memuaskan bisa bikin hati kecewa dan sakit. Rasanya ini lebih sakit dari penolakan kalo kita nembak cwo (biarpun belom pernah nembak cwo) dan teryata yang ngerasain ini ngga cuma aku sendiri. Ada sekian banyak siswa yang mengalami dan let’s take it easy just let it flow..
            Oke, yang kedua namanya UMB. Lagi lagi dapet penolakan dari universitas yang di inginkan. Huft..
Ngga nambah temen karna terlalu panic. Bayangin aja lagi lagi telat, trus 15 menit sebelum dimulai baru print kartu ujian. (ada momen menyakitkan disini, aku sendiri blm tw tempat ujiannya dimana, sehari sebelumnya ngga sempet survei gara gara nemenin sepupu yang juga ikut UMB dan dia mau survey tempat tapi ngga tw jalan. Jadilah ditemein survey dan keesokan harinya dia berangkat dianter sama kakakku sedangkan aku melalang buana entah di ruangan mana. (sepupuku keterima loh di UNJ) dan aku ngerasa ngga adil waktu itu. Tapi itu kan gunanya sodara J). Ngga papa ngga keterima juga, biarlah. This life is really beautiful..
            Ini jalur termurah dan yakin banget ngerjainnya. Soal soal udah di kuasain dengan baik, ngga telat lagi (soalnya dari rumah pergi pake ojek sampe tempat di PGRI 4 bogor dan harus bayar 30.000 untuk itu). Ketemu sama hikmah temen bimbel en kenalan sama anak leuwiliang yang namany izza. Tapi kita bertiga ngga keterima lewat jalur ini. Yang bikin nagis terharu dan iri itu, aku waktu daftar snmptn ini bayar 2x lipat. Bayarin sahabatku atikah yang lagi dirawat di rumah sakit gara gara dia sakit peradangan usus. Jadi uang daftar snmptn 150.000 rupiah untuk IPS ditambah daftarin dia 175.000 karna IPA (untung lg pegang duit). Dan dia Alhamdulillah keterima di  PAUD UNJ. Tadi barusan dia kontak aku supaya bantuin buatin perlengkapan ospek. Iri? Jelas, tapi takdir ALLAH kan selalu baik.
            Well, semua temen kenalan, sepupu, sahabat udah dapet kebahagiaan tersendiri. Tapi aku ngga mau menyerah..!
            Terakhir ini aku langsung daftar di 2 tempat. Satu ikut jalur PENMABA UNJ yang biayanya 250.000 rupiah n harus tes di sana langsung. Aku kenalan sama4 orang cwe yang sejurusan sama aku. Yang satu namanya Weni erawati. Dia asalnya dari Pacitan, jawa timur. Cantik, polos dan lembut. Untuk jurusanku, ada tes semacem toefel gt, aku kebagian di gel.2, weni di gelombang 1. Dia malah ngasi tau aku apa aja tes yang barusan. Tentang advantages and disvantages national examination. (disini aku berterima kasih banget sama Mr.waspada junior yang udah mau ngebantuin aku di sela sela waktu yang sempit karna mau jum’atan tp masi rela bantuin aku, love u so much as my best friend, makasi jg wt kknya sarah yang udah mau ngoreksi soal bhasa inggrisku). Dua temen lagi namanya Ayu sama Arum. Dua2nya cantik en berambut panjang, manis en ngga malu-malu wat ngomong banyak. Mungkin kita langsung akrab saat itu. Cerita banyak hal tentang pengalaman dan rencana kedepan. Terakhir ketemu sama anak yang namanya Nimas, pake jilbab tapi sedikit cuek.
Kita semua ngga ada yang lolos di UNJ kecuali Arum. Dia masuk di Pend.bahasa inggris. Oia, sama temenku yang dulu satu sekolah, adilah juga masuk di jurusan kimia.
            Disini udah ngga bisa bilang biasa aja ato cuek bebek. Bayangin aja coba, dari satu kelas di jaman SMA dulu, Cuma tinggal dzalika chairani seorang yang belom dapet universits wat ngelanjutin masa depan..! (ada si, shady (tp dia emang meunya kerja dulu setahun) sama mafaza (yang keanya mau focus kerja juga ato kursus ato mungkin maunya study ke luar negri) n mrk udah ada jalannya sedang aku masih mengatung). Help, it is located panic area..!
            Dengan segala kerendahan hati bersabar dan terus berusaha.
Akhirya tiba juga harapan terakhir, tes di PAKUAN jalur gelombang 3. (tanpa k intan, atikah dan anna aku ga bakal bias dtng ke pakuan nih). Tesnya TPA sama bahasa inggris, lumayan gampang menurut aku yang udah ngga kaget liat soalnya karna di bimbelku pernah ada. Tapi lagi lagi telat 15 menit dan itu menjadi kesalahan yang fatal banget. Hanya ini harapan satu satunya.. I believe I can entered in pakuan..
DAN AKU BERHASIL DITERIMA DI PAKUAN J J J
            Ini menjadi pengalaman tersendiri bahwa usaha aja ngga cukup..! tapi doa dan doa dan doa dan doa dan doa dan terus doa sama ALLAH juga penting. Disini aku sadar, sepertinya aku tuh terlalu banyak meminta sama ALLAH, terlalu banyak menuntut, terlalu banyak keinginan, terlalu banyak menghakimi ALLAH ngga adil, sementara aku sendiri tak memberi imbalan lebih pada sang pemilik takdir..! faghfirlii yaa rabb.. (aku disadarkan oleh seorang teman yang sangat berjasa, mafaza). ALLAh, ampuni hambaMu ini yang lemah dan hina. Yang malas berdzikir dan tak berdaya melapangkan hati..
Salah seorang teman mengirim pesan singkat ke layar hapeku. Begini isinya,
Karena ALLAH cinta, maka di titik terlamehlahlah ujian menyapa kita
Karena ALLAH saying, maka di saat terakhirlah pertolonganNya dating pada kita
Karena ALLAH tahu, maka ditangguhkanlah segala yang kita mau
Terkadang kita merasa diabaikan, tanpa menyadari bahwa tiada satu peluh juang yang ALLAH siakan..
            p.s
betewe samudra juga ngga lulus di univ yang dia mau. Ngambilnya kedokteran siiihh..
tapi dia berharap bisa jadi dokter, jadi dia ambil keputusan wat ronin, smangggaatt iiaa pak dokter…!! Semoga samudra bisa menjadi lautan yang dapat mengobati semua penyakit yang melanda pengunjung lautan..

            (un) l.o.n.e.s.o.m.e g.i.r.l
            Ulang tahun menuju kedewasaan yang ke 18 tahun aku sendiri di rumah (tp makasi watt someone friend yang udah mau nemenin bergadang sampe jam 12 teng supaya aku ngga ngerasa sendiri, moga impiannya taun depan tercapai iaa), puasa pertama yang jatuh di tanggal 11 aku juga sendiri di rumah (makasiii wat irlie yang udah mau ngajakin teraweh), ujian unpak yang terabaikan juga mengurus sendirian (tp dengan bantuan k intan, atikah dan anna thanks iaa), pergi ke bazaar buku juga sendirian (special thanks wat puput n ade” yang rela diomelin ortu demi ketemu aku di akhir waktu), semua serba SENDIRIAN..!
            Tapi aku harus pandai bersyukur, pandai mengatur hidupku, pandai berbahagia (karna untuk bahagia itu cuma sang diri sendiri yang bisa menciptakannya dalam dunianya sendiri juga). Aku punya buuuuuuuuuaaaaaannnnnnyyyyyyaaakkkkkk sahabat sahabat paling baik, paling perhatian, paling tiada bandingannya di dunia ini.. banyakkk bgt mpe ngga bisa di sebutin namanya atu persatu.. ada puput+atikah yang emang slalu di hati dan ngga bisa diungkapin lagi kedahsyatannya bersama mereka, ada sopa yang emang udah jadi bagian dalam darah kehidupan dan diary tanpa batas halamannya, ada hasna yang slalu hadir di setiap detik sampai seribu tahun, ada juga irlie yang sejak kecil ngga pernah dilupakan dalam doa malamku dan juga slalu ada di setiap harinya, afifa yang sibuk tapi slalu nympetin waktu wat nyemangatin, ada juga Mr.waspada junior yang slalu on time ngasih obat motivasi en peneyemangat hidup, tante fina+pici+paja yang slalu meberi dorongan semangat, ada nadiya yang memutaba’ah spiritualku, ada auliya.n yang terhebat karna sanggup berteman dengan seorang pesimistis, yang siap 24 jam menjadi telingaku, benar benar sahabat setia setiap saat..!, eros (nama samaran) yang udah punya pacar tapi masih mau bersahabat denganku, masih mau mendengar keluh kesahku, msih mau menghiburku, masih sanggup bertahan ngga tidur demi mendengar tangis yang memilukan dan memalukan.. (moga pacarnya ngga marah). Dhila+hikmah yang pernah mengukir senyuman saat hati terluka, ada insany yang jauh di mata jauh di jangkauan jauh di sana namun tetap hadir dalam mimpi mimpiku, juga Zahra sama nunu yang slalu menjadi my little best friend, Dan berjuta sahabat lain yang istimewa dalam hidup..
Aku harus pandai bersyukur karna mereka semua hadir..
            Kalo udah kea gini keanya aku ngga pantes bilang amil huzni..
Mudah mudahan bisa jadi pengalaman dan hikmahnya bisa diambil. Penderitaan yang Rasulullah saw. rasain lebih parah dari pengalamanku, beliau aja bisa menghadapi semuanya, kenapa aku ngga?? Jadi untuk yang membacanya, mulai sekarang kita harus
S.E.M.A.N.G.A.T….!!!!!
16 AGUSTUS 2010
Kedap kedip computer,
dalam keremangan kramat jati di sela bedug ramadhan

Comments

Popular posts from this blog

[BEAUTY CORNER - 02] Dewa Kelembapan, si Vaseline Petroleum Jelly

[Beauty Corner - 14] Nih, Lima Macam BB Cream yang Perlu Kamu Coba!

Lima Tempat yang Perlu Kamu Datangi Kalau ke Cibinong